Analisis Teori Antrian Multi Channel Single Phase pada Pelayanan Teller PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Utama Bulukumba

  • Ulfatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Dian Firmayasari S Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Muhammad Rifki Nisardi Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Harianto Universitas Muhammadiyah Bulukumba
Keywords: Multi Channel Single Phase

Abstract

Antrian adalah kondisi ketika pelanggan mengalami waktu tunggu dalam pelayanan di tempat umum misalnya pada bank. Keadaan tersebut terjadi karena ketidakseimbangan antara fasilitas pelayanan dengan nasabah yang dilayani jumlahnya lebih banyak sehingga tingkat kesibukan Teller tinggi dan akhirnya terjadi antrian panjang pada bulan November tahun 2022. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meminimumkan antrian panjang dengan model Multi Channel Single Phase di PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk Cabang Utama Bulukumba. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa antrian pada PT BNI Bulukumba tingkat kesibukan  untuk 3 Teller sebesar 62% yang membuktikan kesibukan Teller tinggi dalam melayani nasabah. Oleh karena itu, perlu penambahan Teller untuk memininumkan antrian panjang namun tetap memperhatikan waktu mengganggur dari Teller tersebut. Jadi, jumlah Teller yang optimal dalam meminimukan antrian panjang yaitu 4 Teller dengan tingkat kesibukan  sebesar 46%. Sementara saat penambahan menjadi 5 orang Teller diperoleh tingkat kesibukan  sebesar 37% yang menunjukkan bahwa antrian tersebut kurang optimal karena waktu menganggur lebih banyak dibandingkan dengan jam kerja dari Teller

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aminatunnisa, S., Sembiring, D. M. S., Gultom, Y., Matondang, E., Pasaribu, M. S., dan Indra, E. (2019). Penerapan Metode Monte Carlo Untuk Simulasi Sistem Antrian Service Sepeda Motor Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima, Vol 2, No 2.

Bataona, B. L. V., Nyoko, A. E. L., dan Nursiani, N. P. (2020). Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Layanan di Supermarket Hyperstore . Journal 0f Management, vol 12, no 12.

Heizer, Jay dan Barry Render. (2009). Operation Management. Terjemahan oleh Dwianograwati Setyoningsi dan Indra Almahdy. Edisi 7. Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, D. R., Cipta, H., & Harleni, S. (2022). Analisis Sistem Antrian Multi Channel Single Phase Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Pandemi Covid-19 Di Merdeka Walk Medan. Jurnal Teknologi Terapan, Vol 6, No 1.

Suarjana, & Mulyawan, H. (2016). Penggunaan Aplikasi Pom (Production And Operations Management) For Windows 3 Dalam Manajemen Pelayanan Kesehatan. Denpasar: Universitas Udayana.

Sugiyarto, H. (2021). Pengantar Proses Stokastik. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Published
24-08-2023
How to Cite
Ulfatun Hasanah, Dian Firmayasari S, Muhammad Rifki Nisardi, & Harianto. (2023). Analisis Teori Antrian Multi Channel Single Phase pada Pelayanan Teller PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Utama Bulukumba. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 329-335. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2932