Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Studi pada Siswa Kelas VIII pada Materi Relasi dan Fungsi

  • Anna Fidhatun Nisa Anna Fidhatun Nisa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Dewi Asmarani UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Relasi dan Fungsi

Abstract

Kemampuan dalam hal memecahkan permasalahan adalah tahapan pertama bagi siswa untuk melakukan pengembangan berbagai macam gagasan terkait pembangunan sebuah wawasan yang belum pernah ia jumpai sebeumnya serta pengembangan terkait beberapa penguasaan konsep matematika lainnya. Namun temuan saat dilapangan bahwa ternyata kompetensi siswa dalam hal memecahkan permasalahan masih tergolong di bawah standar. Kajian yang diteliti oleh peneliti kali ini memiliki tujuan dalam hal memberikan pemaparan berupa deskripsi terkait kompetensi siswa untuk memecahkan permasalahan matematika dalam materi relasi serta fungsi. Peneliti memakai pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Subjeknya yakni siswa kelas VIII-I MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah tiga orang, yang mana satu siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, satu siswa yang mempunyai kemampuan standar, serta satu siswa yang mempunyai kemampuan rendah. Terkumpulnya data diperoleh dari tes tertulis serta wawancara. Metode dalam menganalisis data termasuk tahap mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengisyaratkan bahwasannya siswa yang memiliki keterampilan dalam hal memecahkan permasalahan yang tinggi telah memenuhi keempat indikator pemecahan permasalahan yakni memahami permasalahan, menyusun perencanaan, menjalankan perencanaan, serta mengecek ulang. Bagi siswa berkemampuan standar telah memenuhi ketiga indikator pemecahan permasalahan yakni memahami permasalahan dengan menyerap seluruh informasi, menyusun perencanaan dengan membuat model matematika, dan menjalankan perencanaan. Sedangkan siswa berkemampuan rendah cukup memenuhi satu indikator pemecahan permasalahan yakni memahami permasalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1).

Agustina, D., Musdi, E., & Fauzan, A. (2017). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 77 Padang.

Arta, I., Japa, I., & Sudarma, I. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264-273.

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Maslaah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1).

Hudoyo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. . Malang: Universitas Negeri Malang.

Layali, N. K., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 137-144.

Manurung, M. M., & Tandililing, P. (2017). Profil Kemampuan siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Langkah-langkah Polya di SMK YPPK Santu Paulus Abepura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajaran, 1(1).

NCTM. (2003). Standards for Secondary Mathematics Teacher. America: The National Council of Teacher of Mathematics.

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd end). New Jersey: Prence Universuty Press.

Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01.

Ruseffendi, E. (1988). Pengantar Kepada membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk Meniingkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Tamami, R. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Powerpont untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1), 1-12.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pemebelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pemebelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.

Published
17-08-2023
How to Cite
Anna Fidhatun Nisa, A. F. N., & Asmarani, D. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Studi pada Siswa Kelas VIII pada Materi Relasi dan Fungsi. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 288-296. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2883