UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

  • Tri Bondan Kriswinarso Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Lis Sugianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Saiful Bachri Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: hasil belajar, kooperatif, make a match

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research yang bertujuan untuk meningkatkan  hasil  belajar matematika  melalui  model pembelajaran  kooperatif tipe make a match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dalam keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, untuk hasil belajar menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan hasil belajar  pada siklus I  dari 27  siswa  yang  tuntas belajar sebanyak 10 siswa dengan persentase 37% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase 63%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 27 siswa hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dengan persentase 93% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase 7% dan telah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperativelearning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247-264.
Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik. 2013. Kurikulum dan Pembelajara. Jakarta: Bumi Aksara.
Hennizal. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Paikem Siswa Kelas 1 SD Negeri 024 Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR: Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 111-121
Indahwati, D. S., & Abdullah, M. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6), 3542-3556.
Kriswinarso, T. B., Suaedi, S., & Ma’rufi. (2021). Penalaran Mahasiswa Calon Guru Matematika Yang Memiliki Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak Dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 33-44.
Kriswinarso, T. B., Sugianto, L., & Bachri, S. (2023). Pemahaman Konsep Siswa: Eksperimen pada Siswa SMP dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif Tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPS). VENN: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 2(1), 10-18.
Kurniasih dan Sani. 2016. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Surani, S., Sukmawati, S., & Suryani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(12), 1-12
Published
12-08-2023
How to Cite
Kriswinarso, T. B., Sugianto, L., & Bachri, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH . Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 257-267. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2870