Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa
Abstract
Kesulitan mahasiswa dalam mengatur dan mengelola waktu antara waktu belajar, berorganisasi ataupun bersantai, dapat mengakibatkan siswa mengalami keterlambatan menyelesaikan tugas. Sehingga manajemen waktu diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Selain dari itu juga berlaku apabila orang tua mahasiswa melalaikan perannya atau mendidik anaknya dengan cara yang tidak benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 138 Mahasiswa Tingkat I Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket manajemen waktu dan hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis regresi linear sederhana pada taraf kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 34,1% dari 138 mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 33,3% dari 138 mahasiswa. Pada hasil analisis uji t didapatkan taraf signifikansi α = 0,05 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, dimana 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia.
Downloads
Metrics
References
Rahmat, B., & Irmayanti, I. (2020). Hubungan Tingkat Kepuasan Belajar Dengan Menggunakan Metode Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akbid Pelamonia Kota Makassar Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Delima Pelamonia, 4(1), 54-61.
Rahmawati, M., & Irwana. (2020). Pengaruh Setrs Kerja, kepuasan Kerja Dan Dukungan Sosial Terhadap Kinerja Perawat Di Puskesmas Sebatik. Jurnal Ekonomika, 11(2).
Rusyadi, S. H. (2012). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa.
Samad, M. A., & Mangindara, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran, Akreditasi Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 74-84.
Setiawan, E. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Pusat Bahasa.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.
Widiastuti, P. (2003). Manajemen Stres. ECG
Copyright (c) 2023 Mohammad Ardani Samad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.