Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa

  • Mohammad Ardani Samad Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Kesdam XIV/Hasanuddin
  • Basuki Rahmat Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Nurmulia Wunaini Ngkolu Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Hesti Dwi Puteri Hasanah Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia
  • Karmila Karmila Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Hasil belajar mahasiswa, Manajemen Waktu, Matematika

Abstract

Kesulitan mahasiswa dalam mengatur dan mengelola waktu antara waktu belajar, berorganisasi ataupun bersantai, dapat mengakibatkan siswa mengalami keterlambatan menyelesaikan tugas. Sehingga manajemen waktu diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Selain dari itu juga berlaku apabila orang tua mahasiswa melalaikan perannya atau mendidik anaknya dengan cara yang tidak benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 138 Mahasiswa Tingkat I Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket manajemen waktu dan hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis regresi linear sederhana pada taraf kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 34,1% dari 138 mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 33,3% dari 138 mahasiswa. Pada hasil analisis uji t didapatkan taraf signifikansi α = 0,05 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, dimana 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Mahasiswa Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akram, M. (2010). Time Hobi: Kebiasaan Mengelola Waktu. Pustaka Marwa.
Rahmat, B., & Irmayanti, I. (2020). Hubungan Tingkat Kepuasan Belajar Dengan Menggunakan Metode Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akbid Pelamonia Kota Makassar Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Delima Pelamonia, 4(1), 54-61.
Rahmawati, M., & Irwana. (2020). Pengaruh Setrs Kerja, kepuasan Kerja Dan Dukungan Sosial Terhadap Kinerja Perawat Di Puskesmas Sebatik. Jurnal Ekonomika, 11(2).
Rusyadi, S. H. (2012). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa.
Samad, M. A., & Mangindara, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran, Akreditasi Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Gowa. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 74-84.
Setiawan, E. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Pusat Bahasa.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.
Widiastuti, P. (2003). Manajemen Stres. ECG
Published
25-07-2023
How to Cite
Samad, M. A., Rahmat, B., Ngkolu, N. W., Hasanah, H. D. P., & Karmila, K. (2023). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 187-195. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2782

Most read articles by the same author(s)