Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan MasalahHOTS Berdasarkan kemampuan Awal

Mathematical Connections in Solving HOTS Problems Based on Initial Ability

  • Hardianto Hardianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ummul Fatimang Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Koneksi Matematis, Masalah HOTS, HOTS

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya masalah HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah HOTS berdasarkan kemampuan awal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang siswa yang dikategorikan menjadi siswa berkemampuan matematis tinggi, berkemampuan matematis sedang, dan kemampuan matematis rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan kategori kemampuan matematis tinggi memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yang telah ditentukan dan memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik. Siswa dengan kategori kemampuan matematis sedang memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yang telah ditentukan dan memiliki kemampuan koneksi matematis yang cukup baik. Siswa dengan kategori kemampuan matematika rendah tidak memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yang telah ditentukan serta memiliki kemampuan koneksi matematis yang kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiwandura, N. R & Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas Xi dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasian Kalkulus pada Turunan. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5, No 3. Hal 2560-2569. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Hardianto, H. (2018). Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding, 3(1).

Hardianto, H., & Pilu, R. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 90-99.

Hardianto, H., Ulfa, M., & Fauziah, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 87-98.

Mustaffidah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Lingkaran ditinjau dari Level Kognitif Peserta Didik Kelas VIII MTs Nu 01 Cepiring Kabupaten Kendal. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Putri, M. A. R. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill Siswa Kelas VIIA SMP Tarakanita Magelang dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Segi Empat Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Etnomatematika. Magelang: Universitas Sanata Dharma.

Rohma, H. F & Warmi, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol.4, No.2, Hal.469-478. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Shahidyanti, T. (2012). Pengembangan Modul pada Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII SMP berdasarkan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Published
26-02-2023
How to Cite
Hardianto, H., & Fatimang, U. (2023). Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan MasalahHOTS Berdasarkan kemampuan Awal: Mathematical Connections in Solving HOTS Problems Based on Initial Ability. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 297-304. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2318