Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan MasalahHOTS Berdasarkan kemampuan Awal
Mathematical Connections in Solving HOTS Problems Based on Initial Ability
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya masalah HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah HOTS berdasarkan kemampuan awal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 orang siswa yang dikategorikan menjadi siswa berkemampuan matematis tinggi, berkemampuan matematis sedang, dan kemampuan matematis rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan kategori kemampuan matematis tinggi memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yang telah ditentukan dan memiliki kemampuan koneksi matematis yang baik. Siswa dengan kategori kemampuan matematis sedang memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yang telah ditentukan dan memiliki kemampuan koneksi matematis yang cukup baik. Siswa dengan kategori kemampuan matematika rendah tidak memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yang telah ditentukan serta memiliki kemampuan koneksi matematis yang kurang.
Downloads
Metrics
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiwandura, N. R & Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas Xi dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasian Kalkulus pada Turunan. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5, No 3. Hal 2560-2569. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Hardianto, H. (2018). Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding, 3(1).
Hardianto, H., & Pilu, R. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 90-99.
Hardianto, H., Ulfa, M., & Fauziah, K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kantong Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 87-98.
Mustaffidah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Lingkaran ditinjau dari Level Kognitif Peserta Didik Kelas VIII MTs Nu 01 Cepiring Kabupaten Kendal. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Putri, M. A. R. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill Siswa Kelas VIIA SMP Tarakanita Magelang dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Segi Empat Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Etnomatematika. Magelang: Universitas Sanata Dharma.
Rohma, H. F & Warmi, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol.4, No.2, Hal.469-478. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.
Shahidyanti, T. (2012). Pengembangan Modul pada Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII SMP berdasarkan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2023 Hardianto, Ummul Fatimag
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.