Profil Penalaran Kovariasional Mahasiswa Calon Guru Matematika dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Menyelesaikan Masalah Kovariasi

  • Fatchiyah Rahman Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Surabaya State University
  • Tatag Yuli Eko Siswono Surabaya State University
Keywords: Penalaran Kovariasional, Masalah Kovariasi, Gaya Kognitif

Abstract

Penalaran kovariasional erat kaitannya dengan masalah hubungan antara dua variabel yang melibatkan kemampuan visual dalam mengkonstruksi grafik. Visualisasi adalah alat penting dalam memecahkan masalah matematika. Pengukuran kemampuan visual spasial dapat dilihat dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kovariasional mahasiswa calon guru matematika dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah kovariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa calon guru matematika STKIP PGRI Jombang dengan gaya kognitif field independent. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen utama (peneliti sendiri), dan instrumen pendukung berupa GEFT, TKM, TK dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru matematika dengan gaya kognitif field independent mengidentifikasi masalah kovariasi melalui menentukan variabel yang terdapat pada masalah kovariasi serta menyusun hubungan antar kedua variabel yang telah ditentukan; mengoordinasi besar perubahan variabel dan menentukan pola perubahannya dengan membagi botol menjadi beberapa bagian untuk menyusun pola perubahannya; mengkonstruksi melalui representasi hubungan dua variabel ke dalam grafik dengan menentukan sumbu koordinat dengan variabel yang diketahui dan menggambar grafik pola perubahan hubungan dua variabel. Dari grafik yang digambarkan, arah grafik dapat ditentukan. Grafik yang dihasilkan sesuai dengan bentuk botol yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

An, D., & Carr, M. (2017). Learning Styles Theory Fails To Explain Learning And Achievement: Recommendations for alternative approaches. Personality and Individual Differences, 116, 410-416.

Carlson, M., Jacobs, S., Coe, E., Larsen, S., & Hsu, E. (2002). Applying Covariational Reasoning While Modeling Dynamic Events: A framework and a study. Journal for research in mathematics education, 33(5), 352-378.

Confrey, J., & Smith, E. (1994). Exponential functions, rates of change, and the multiplicative unit. In Learning mathematics (pp. 31-60). Springer, Dordrecht.

Hudojo, H. (1990). Strategi mengajar belajar matematika.

Kurzer, M. (2018). The Contrast of Covariational Reasoning and Other Problem Solving Methods of a Calculus Student.

Koklu, O. (2007). An investigation of college students' covariational reasonings. The Florida State University.

NCTM. (2002). Principles and Standards for School Mathematics. Reston:VA.

Thompson, L. A. S. P. W. (1998). Re-thinking covariation from a quantitative perspective: Simultaneous continuous variation. In Proceedings of the Annual Meeting of the Psychology of Mathematics Education-North America. Raleigh, NC.

Slavit, D. (1997). An alternate route to the reification of function. Educational Studies in Mathematics, 33(3), 259-281.

Subanji, S. (2016). Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional. Malang: Penerbit
There are no sources in the current document.Universitas Negeri Malang.

Thompson, P. W., & Carlson, M. P. (2017). Variation, covariation, and functions: Foundational ways of thinking mathematically. Compendium for research in mathematics education, 421-456.

Umah, U. (2020). Comparison of Students' Covariational Reasoning Based on Differences in Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Style. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 41-54.

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications. Review of educational research, 47(1), 1-64.
Published
27-02-2023
How to Cite
Rahman, F., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2023). Profil Penalaran Kovariasional Mahasiswa Calon Guru Matematika dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Menyelesaikan Masalah Kovariasi. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 305-312. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2300