Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kebiasaan Berpikir
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh tingkat kebiasaan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir matematis siswa; (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (pair check dan langsung) dan tingkat kebiasaan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan populasi subjek adalah semua siswa kelas VII SMP Al-Islah Sudimampir tahun ajaran 2017/2018. Dua kelas sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran pair check dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis data uji ANAVA dua jalan, diperolah kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check yang signifikan terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa; (2) terdapat pengaruh tingkat kebiasaan berpikir matematis yang signifikan terhadap kemampuan berpikir matematis siswa; (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (pair check dan langsung) dan tingkat kebiasaan berpikir matematis terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Hasil tes lebih lanjut menggunakan tes Scheffe menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran pair check pada kemampuan berpikir reflektif siswa dengan tingkat tinggi pada Kebiasaan Berpikir Matematika lebih baik daripada model pembelajaran pembelajaran langsung dengan tingkat tinggi pada Kebiasaan Berpikir Matematika. Jadi, model pembelajaran pair check dan kebiasaan berpikir matematika dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir reflektif siswa.
Downloads
Metrics
References
Aan Juhana Senjaya. 2017. Statistika Terapan Untuk Penelitian Bidang Pendidikan Dan Pengajaran. FKIPUNWIR Press.
Bety Miliyawati. 2017. Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.2.
Edy Setiyo Utomo, Fatchiyah Rahman. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY ISBN. 978-60273403-1-2.
Hepsi Nindiasari. 2011. Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ISBN : 978 – 979 – 16353 – 6 – 3.
Heris Hendriana, dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.
Hery Suharna, 2014. Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal KNPM V Himpunan Matematika Indonesia.
Huy P. Phan. 2008. Achievement goals, the classroom environment, and reflective thinking: A conceptual framework. Electronic Journal of Research in Educational Psychology ISSN. 1696-2095. No.16 Vol.6 pp: 571 – 602
John Dewey. 1910. “How We Think”. Boston: D.C. Heath & Co.
Maya Kusumaningrum dan Abdul Aziz Saefudin. 2012. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal FMIPA UNY ISBN : 978-97916353-8-7 Vol.20.
Metya Dwi Kurniasih. 2017. Pengaruh Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Habit Of Mind Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vo.2 No.1.
Muhammad AIrham dan Nova Ardy Wijayani, 2016. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikais dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Aruzz Media.
Rahmy Zulmaulida. 2012. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Proses Berfikir Reflektif Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Berfikir Kritis Matematis Siswa, Jurnal FMIPA UPI Bandung.
Rose Ash Sidiqi Marita, Taufik Rahman dan Wahyu Surakusumah. 2014. Potensi Habits of Mind Siswa Pada Konsep Sistem Organ Menggunakan Metode Praktikum dan Diskusi. Jurnal Penelitian – Pendidikan FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Tukiran Tariredja. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Zainal Aqib. 2016. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrana Widya.
Copyright (c) 2019 Shely Selina Ramadhani, Sri Hartin, Wiwit Damayanti Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.