Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa Kelas VII.9 SMP Negeri 8 Palopo
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Motivasi, Komunikasi matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan motivasi siswa dan peningkatannya selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS). Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, angket komunikasi dan angket motivasi belajar, tes hasil belajar, serta lembar observasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Class room action resert) yang dilaksanakan di SMP Neg 8 Palopo. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII.9 yang berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilaksanakan dalam 3 siklus maka di peroleh hasil penelitian:(1) Hasil analisis kuantitatif untuk tes awal, rata- rata kemampuan siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS) adalah 54,492, dengan persentase ketuntasan 2,26%, berada pada kategori kurang. Hasil analisis kuantitatif untuk tes akhir siklus 1, rata- rata kemampuan siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS) adalah 56,64 dengan persentase ketuntasan 15,625% (2) Hasil analisis kuantitatif untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa di siklus 2 rata-rata kemampuan siswa 64,843 dengan persentase ketuntasan 28,125% menunjukkan bahwa kemampuan siswa berada dalam kategori sedang (3) Hasil analisis kuantitatif untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa di siklus 3 rata-rata kemampuan siswa 73,632 dengan persentase ketuntasan 81,25% hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori tinggi. Adapun hasil angket motivasi belajar 62,5% siswa setuju dan hasil angket komunikasi matematis 68,75%.
Downloads
References
Armiati. (2009). Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Semnas Matematika UNPAR. Bandung: UNPAR.
Ashari, N. W. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok Dengan Tugas Individu (PKTI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Non-Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Journal of Mathematics Education, 1(2).
Kangan, S. (1992). Cooperative Learning . San Juan Capistrani: Kangan.
Ilyas, M. (2015). Spektrum Pendidikan Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi dan Masa Depan. Jurnal Pendidikan dan Humaniora, 11(2), 49-62.
Lie, A. (2010). Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana. NCTM. (2005). Curriculum and Content Area Standards. Mathematical Standards. NCTM.
Ma’rufi. (2018). Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif Di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Mathematics Education, 3(1).
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning Theory, Reseacrh and Practice Massachusett. USA: Allymand & Bacon.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.