Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Guided Discovery LearningAbstract
Studi ini ialah studi eksperimen semu yang memiliki tujuan guna melihat adanya dampak model GDL pada kapasitas pemecahan masalah matematika siswa SMA. Studi ini memiliki populasi sebanyak 532 siswa pada tingkat XI di SMA N 20 Jakarta tahun ajaran 2021/2022 yang mencakup lima kelas. Sampel studi ditentukan dengan menerapkan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI IPA 1 yang menjadi kelas eksperimen serta kelas XI IPA 2 yang menjadi kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa pada setiap kelas. Studi ini mengaplikasikan nonequivalent control group design. Data didapat dari temuan pretest serta posttest kemampuan pemecahan masalah matematika sehingga menghasilkan data kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t test serta uji independent sample t test SPSS statistic mengikuti uji analisis prasyarat yang terdiri atas uji normalitas, homogenitas, serta hipotesis. Berlandaskan temuan studi, diketahui bahwa model GDL dapat diterapkan dengan benar dan berhasil pada waktu yang tepat, kapasitas pemecahan masalah di kelas dengan penerapan model GDL (kelas eksperimen) lebih unggul daripada kelas kontrol, juga penerapan model GDL memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMA untuk memecahkan permasalahan matematika.
Downloads
References
Adelia, W. S., & Primandari, A. H. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii-a Smp N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. Semnastika Unimed, 240–254.
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7.
Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 891–896.
Ernita, Andriani, N., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwang, 187–194.
Hendriani, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (Guided Discovery Learning Dan Group Science Learning) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Repository UIN Raden Intan Lampung (Vol. 4, Issue 1).
Laila, E. N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Pada Materi Garis Dan Ability of Mathematical Problem Solving of the 7Th Grade Junior High School in the Li. Jurnal Pendidikan Matematika, 0(0), 1–7.
Mutmainnah, I. W. (2020). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–15. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836
Nurrohmat, Fathurrohman, M., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(2), 213–228.
Rahmat, A., Caswita, & Bharata, H. (2015). Efektivitas Penggunaan Model Guided Discovery Learning Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2032
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 9–16. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.