Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA

Authors

  • Diana Rosa Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Esti Ambar Nugraheni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Guided Discovery Learning

Abstract

Studi ini ialah studi eksperimen semu yang memiliki tujuan guna melihat adanya dampak model GDL pada kapasitas pemecahan masalah matematika siswa SMA. Studi ini memiliki populasi sebanyak 532 siswa pada tingkat XI di SMA N  20 Jakarta tahun ajaran 2021/2022 yang mencakup lima kelas. Sampel studi ditentukan dengan menerapkan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI IPA 1 yang menjadi kelas eksperimen serta kelas XI IPA 2 yang menjadi kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa pada setiap kelas. Studi ini mengaplikasikan nonequivalent control group design. Data didapat dari temuan pretest serta posttest kemampuan pemecahan masalah matematika sehingga menghasilkan data kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t test serta uji independent sample t test SPSS statistic mengikuti uji analisis prasyarat yang terdiri atas uji normalitas, homogenitas, serta hipotesis. Berlandaskan temuan studi, diketahui bahwa model GDL dapat diterapkan dengan benar dan berhasil pada waktu yang tepat, kapasitas pemecahan masalah di kelas dengan penerapan model GDL (kelas eksperimen) lebih unggul daripada kelas kontrol, juga penerapan model GDL memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan siswa SMA untuk memecahkan permasalahan matematika. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, W. S., & Primandari, A. H. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii-a Smp N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. Semnastika Unimed, 240–254.

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7.

Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 891–896.

Ernita, Andriani, N., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwang, 187–194.

Hendriani, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (Guided Discovery Learning Dan Group Science Learning) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Repository UIN Raden Intan Lampung (Vol. 4, Issue 1).

Laila, E. N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Pada Materi Garis Dan Ability of Mathematical Problem Solving of the 7Th Grade Junior High School in the Li. Jurnal Pendidikan Matematika, 0(0), 1–7.

Mutmainnah, I. W. (2020). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–15. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836

Nurrohmat, Fathurrohman, M., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(2), 213–228.

Rahmat, A., Caswita, & Bharata, H. (2015). Efektivitas Penggunaan Model Guided Discovery Learning Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematis Siswa.

Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2032

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 9–16. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Diana Rosa Putri, & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898