Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa Kelas IX5 SMP Negeri 24 Makassar
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan ujicoba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada pokok bahasan Statistika dan Peluang yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX5 SMP Negeri 24 Makassar. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran dalam pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang-ulang kali sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share bersifat efektif dan praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 80,09 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,10. Dimana 33 dari 35 siswa atau 94,29% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai.; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respons yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja dan belajar: dan (5) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share termasuk dalam kategori sangat tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan.
Downloads
Metrics
References
Darwis, Muhammad. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Emisonal. Disertasi Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan.
Hadis, A. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Haling. 2004. Belajar Pembelajaran (Suatu ringkasan). Makassar : FIP UNM.
Rusyan, Tabrani dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya Offest
Sampurno, Agus (2008). Think, Pair and Share (Berfikir, Berpasangan, dan Berbagi Pengetahuan).www.google.com, diakses 24 Oktober 2008
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Syamsuddin, Abu. 2002. Psikologi Pendidikan (Perangkat Sistem Pangajaran Modul). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Upu, Hamzah. 2004. Karakteristik Research and Development. Makalah. Disajikan pada Seminar Nasional Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Tidak Diterbitkan.
Yuliana. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Pembelajaran Kooperarif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa SMP Negeri. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM. Tidak diterbitkan.
Copyright (c) 2018 Muhammad Takdir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.