Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa Kelas IX5 SMP Negeri 24 Makassar

  • Muhammad Takdir Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pengembangan Perangkat, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan ujicoba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada pokok bahasan Statistika dan Peluang yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX5 SMP Negeri 24 Makassar. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran dalam pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang-ulang kali sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share bersifat efektif dan praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 80,09 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,10. Dimana 33 dari 35 siswa atau 94,29% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai.; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respons yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja dan belajar: dan (5) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share termasuk dalam kategori sangat tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Darwis, Muhammad. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecerdasan Emisonal. Disertasi Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya. Tidak diterbitkan.

Hadis, A. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Haling. 2004. Belajar Pembelajaran (Suatu ringkasan). Makassar : FIP UNM.

Rusyan, Tabrani dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya Offest

Sampurno, Agus (2008). Think, Pair and Share (Berfikir, Berpasangan, dan Berbagi Pengetahuan).www.google.com, diakses 24 Oktober 2008

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Syamsuddin, Abu. 2002. Psikologi Pendidikan (Perangkat Sistem Pangajaran Modul). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Upu, Hamzah. 2004. Karakteristik Research and Development. Makalah. Disajikan pada Seminar Nasional Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Tidak Diterbitkan.

Yuliana. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam Pembelajaran Kooperarif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa SMP Negeri. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM. Tidak diterbitkan.

Published
01-03-2018
How to Cite
Takdir, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa Kelas IX5 SMP Negeri 24 Makassar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 126-138. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/189
Section
Articles