UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII.1 MTs

Authors

  • Anggistia Nuraeni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Esti Ambar Nugraheni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1851

Keywords:

Model STAD, Classroom Action Research, Understanding Mathematical Concepts

Abstract

Abstrak. Penelitian tindakan kelas  ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi garis dan sudut  pada siswa kelas VII.1 MTs Muhammadiyah Ciasmara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rata-rata nilai ujian penilaian tengah semester (PTS). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 MTs Muhammadiyah Ciasmara tahun ajaran 2021-2022, yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : tes ujian sebelum diadakan tindakan nilai rata-rata 66.30% dengan persentase pencapaian KKM adalah 40.00% dan yang belum mencapai KKM 60.00%, setelah diadakan tindakan pada siklus I hasil tes mencapai nilai rata-rata mencapai 74.64% dengan persentase pencapaian KKM adalah 73.33% dan yang belum mencapai KKM 26.67% serta rata-rata persentase pemahaman konsep adalah 75.85% (kategori tinggi), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 87.02% dengan persentase pencapaian KKM adalah 86.67% dan yang belum mencapai KKM 13.33% serta rata-rata persentase pemahaman konsep adalah 86.92% (kategori sangat tinggi). Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII.1 MTs Muhammadiyah Ciasmara.

Kata Kunci:     Model pembelajaran STAD, PTK, Pemahaman Konsep Matematika.

Abstract. This classroom action research aims to improve students' understanding of mathematical concepts on line and angle material in class VII.1 MTs Muhammadiyah Ciasmara. This research is motivated by the low average score of the mid-semester assessment test (PTS). This research uses Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were students of class VII.1 MTs Muhammadiyah Ciasmara for the academic year 2021-2022, totaling 30 students consisting of 11 male students and 19 female students. Based on the research that has been done, it can be concluded as follows: the test test before the action was held the average score was 66.30% with the percentage of KKM achievement being 40.00% and those who had not reached the KKM 60.00%, after the action was held in the first cycle the test results reached an average score of 74.64% with the percentage of achieving KKM is 73.33% and those who have not reached KKM 26.67% and the average percentage of understanding of concepts is 75.85% (high category), while in the second cycle the average value reaches 87.02% with the percentage of KKM achievement is 86.67% and who have not reached the KKM 13.33% and the average percentage of concept understanding is 86.92% (very high category). So it can be concluded that the STAD type cooperative learning model can improve the understanding of mathematical concepts of class VII.1 MTs Muhammadiyah Ciasmara students.

Keywords:      Model STAD, Classroom Action Research, Understanding Mathematical     Concepts.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897 DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Arikunto, s. (2013). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033 DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Dini, M., Muraeni, & Anita, I. W. (2018). Improving the Mathematical Understanding Ability of Vocational Students Using Contextual Approaches in SPLTV Material. Indomath Journal, 1, 1(1), 49–54. DOI: https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2218

Dr. Prima Gusti Yanti, M. H. (2019). Pedoman Skripsi Maret 2019.pdf (p. 11).

FKIP UHAMKA. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Skripsi, Makalah. Pers UHAMKA.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Laila, F., & Rahmat, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament (Tgt): Meta Analisis. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.9518

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653 DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Napitupulu, D. S. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam. Tazkiya, 8(1), 125–138.

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126

Susanto. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada media Group.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114 DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302 DOI: https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Yulianti, M. (2018). PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMP NEGERI 3 TELUK KUANTAN. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(5), 789. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i5.6129 DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i5.6129

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Anggistia Nuraeni, & Esti Ambar Nugraheni. (2022). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS VII.1 MTs. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 139–148. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1851