Efikasi diri dan Kecemasan Matematika Hubungannya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1850Keywords:
Self Efficacy, Mathematics Anxiety, Critical Thinking Ability.Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan efikasi diri dan kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif menggunakan populasi terdiri dari siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tambun Utara sebanyak 144 siswa, sedangkan dengan teknik Cluster Random Sampling menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 106 siswa SMA kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tambun Utara pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 8 butir soal dan non tes berupa angket efikasi diri sebanyak 21 pernyataan dan angket kecemasan matematika sebanyak 30 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dengan menghitung koefisien determinasi dan uji signifikansi hipotesis dengan uji F dan uji T pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,053 atau 5,3% sedangkan sisanya 94,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji F menyimpulkan bahwa efikasi diri dan kecemasan matematika memiliki keterkaitan yang kuat terhadap kemampuan berpikir kritisnya. Sedangkan hasil uji hipotesis dengan uji T secara parsial menunjukkan tidak terdapat hubungan antara efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa. Dan dengan uji T juga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Kata Kunci: Efikasi Diri, Kecemasan Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis.
Abstract. The purpose of this research was to determine how the relationship between self-efficacy and math anxiety on students’ critical thinking skills. The method used in this research is a correlational method with a quantitative approach using a population consisting of 144 students of class XI MIPA SMA Negeri 2 Tambun Utara, while with the cluster random sampling technique using the slovin formula a sample of 106 student of class XI SMA Negeri 2 Tambun Utara in the academic year 2021/2022. The instrument used consisted of a student’s critical thinking ability test with 8 questions and non-test in the form a selff-efficacy questionnaire with 21 statements and a mathematics anxiety questionnaire with 30 statements. The data analysis technique used multiple linear regression by calculating the coeffient of determination and testing the significance of the hypothesis with the F test and T test at a significant level of 5%. The results showed that the coefficient of determination was 0,053 or 5,3% while the remaining 94,7% was influenced by othe factors. In addition, based on the results of hypothesis testing using the F test, it can be concluded that self-efficacy and math anxiety have a strong relationship with their critical thinking skills. While the results of hypothesis testing with T test show there is no corellation between self-efficacy and critical thinking skills in students. And with the T test also obtained, it can be concluded that there is no corellation between mathematics anxiety and students’ critical thinking skills. Keywords: Self Efficacy, Mathematics Anxiety, Critical Thinking Ability.Downloads
Download data is not yet available.
References
Agus, I. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1061
Al Mutawah, M. A. (2015). The Influence of Mathematics Anxiety in Middle and High School Students Math Achievement. International Education Studies, 8(11), 239. https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p239
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43
Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22.
Arfamaini, R. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Bear, G. G. (2020). Improving School Climate. Improving School Climate, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.4324/9781351170482
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings, 1–14. http://aare.edu.au/11pap/papers_pdf/aarefinal00501.pdf
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16
Elvita Novia Dinawati, T. Y. E. S. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Berpikir Kreatif Siswa SMP. 4(2).
Faturohman, N., & Gunawan, A. (2021). Tantangan Lembaga Pendidikan Dasar dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pasca Pandemi COVID-19 di Kabupaten Serang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 433–442.
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Gazali, M. (2017). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan, 2(1), 140–157. https://doi.org/10.22236/JPPP
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312
Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip-H Dan Pgmi Iaih. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2666
Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 435. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p435-444
Imro’ah, S., Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender Terhadap Kecemasan Matematika Dan Self Efficacy Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp23-36
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kliza et al. (2017). Persamaan Regresi Linier Berganda. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Maesya Firdaus, D., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488
May, D. K. (2009). Mathematics self-efficacy and anxiety questionnaire. 1–93.
Miswari, M., Silitonga, M., & Fajriyah, F. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Dan Gender. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 110–117. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11361
Ningtyas, M. (20014). Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196
Nugroho, T. F. A. (2010). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Memasuki Dunia Kerja pada mahasiswa semester akhir di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. http://www.library.usd.ac.id/Data PDF/F. Psikologi/Psikologi/059114104_full.pdf
Nurani, G. A., & Alsa, A. (2021). Peningkatan Efikasi Diri Matematika melalui Metode Belajar Mind Map. 8, 57–68. https://doi.org/10.15575/psy.v8i1.11062
Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p361-370
Putri, P. T. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa sma negeri tangerang. Jurnal Psikologi, 1–9.
Rachmahana, R. S. (2008). Peran Efikasi Diri Terhadap Prestasi Dan Performansi : Meta Analisis. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 13(25), 15–24. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol13.iss25.art2
Reyes, J. D. (2019). Mathematics Anxiety and Self-Efficacy: A Phenomenological Dimension. Journal of Humanities and Education Development, 1(1), 2581–8651. https://theshillonga.com/index.php/jhed
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. 05(03), 3222–3238.
Siswanti, D. N., & Djalal, N. M. (2018). The Effect of Self-Efficacy to Mathematical Anxiety on Junior High School Students of YDM Learning Guidance Course Makassar. 133, 185–190. https://doi.org/10.2991/acpch-17.2018.3
Sujarwo, S. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Belajar Matematika pada Siswa IPS Kelas XI SMA Karya Ibu Palembang. Psyche, 8(1), 61–71.
Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2016). Hubungan antara Efikasi-diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 405–415).
Syafitri, E., Armanto, D., Rahmadani, E., & Medan, U. N. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis. 4307(3), 320–325.
Umaroh, S., Yuyu Yuhana, & Aan Hendrayana. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15.
Yuliana, N. (2016). Kecemasan Matematika. https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/forum/showthread.php?tid=18170
Al Mutawah, M. A. (2015). The Influence of Mathematics Anxiety in Middle and High School Students Math Achievement. International Education Studies, 8(11), 239. https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p239
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43
Ardiyanto, B., Chasanah, A. N., Hendrastuti, Z. R., & Rais, S. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas X pada Materi Persamaan Logaritma Ditinjau dari Kemandirian Belajar. MATH LOCUS : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22.
Arfamaini, R. (2016). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 21 TAHUN 2016. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Bear, G. G. (2020). Improving School Climate. Improving School Climate, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.4324/9781351170482
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings, 1–14. http://aare.edu.au/11pap/papers_pdf/aarefinal00501.pdf
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16
Elvita Novia Dinawati, T. Y. E. S. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Berpikir Kreatif Siswa SMP. 4(2).
Faturohman, N., & Gunawan, A. (2021). Tantangan Lembaga Pendidikan Dasar dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pasca Pandemi COVID-19 di Kabupaten Serang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 433–442.
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Gazali, M. (2017). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan, 2(1), 140–157. https://doi.org/10.22236/JPPP
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312
Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip-H Dan Pgmi Iaih. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2666
Hari, L. V., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 435. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p435-444
Imro’ah, S., Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender Terhadap Kecemasan Matematika Dan Self Efficacy Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp23-36
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kliza et al. (2017). Persamaan Regresi Linier Berganda. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Maesya Firdaus, D., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488
May, D. K. (2009). Mathematics self-efficacy and anxiety questionnaire. 1–93.
Miswari, M., Silitonga, M., & Fajriyah, F. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Dan Gender. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 110–117. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.11361
Ningtyas, M. (20014). Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196
Nugroho, T. F. A. (2010). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Memasuki Dunia Kerja pada mahasiswa semester akhir di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. http://www.library.usd.ac.id/Data PDF/F. Psikologi/Psikologi/059114104_full.pdf
Nurani, G. A., & Alsa, A. (2021). Peningkatan Efikasi Diri Matematika melalui Metode Belajar Mind Map. 8, 57–68. https://doi.org/10.15575/psy.v8i1.11062
Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p361-370
Putri, P. T. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa sma negeri tangerang. Jurnal Psikologi, 1–9.
Rachmahana, R. S. (2008). Peran Efikasi Diri Terhadap Prestasi Dan Performansi : Meta Analisis. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 13(25), 15–24. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol13.iss25.art2
Reyes, J. D. (2019). Mathematics Anxiety and Self-Efficacy: A Phenomenological Dimension. Journal of Humanities and Education Development, 1(1), 2581–8651. https://theshillonga.com/index.php/jhed
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. 05(03), 3222–3238.
Siswanti, D. N., & Djalal, N. M. (2018). The Effect of Self-Efficacy to Mathematical Anxiety on Junior High School Students of YDM Learning Guidance Course Makassar. 133, 185–190. https://doi.org/10.2991/acpch-17.2018.3
Sujarwo, S. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Belajar Matematika pada Siswa IPS Kelas XI SMA Karya Ibu Palembang. Psyche, 8(1), 61–71.
Sundari, P. D., Parno, & Kusairi, S. (2016). Hubungan antara Efikasi-diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 405–415).
Syafitri, E., Armanto, D., Rahmadani, E., & Medan, U. N. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis. 4307(3), 320–325.
Umaroh, S., Yuyu Yuhana, & Aan Hendrayana. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15.
Yuliana, N. (2016). Kecemasan Matematika. https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/forum/showthread.php?tid=18170
Downloads
Published
2022-08-02
How to Cite
Lutfia Fitriyani, & Asih Miatun. (2022). Efikasi diri dan Kecemasan Matematika Hubungannya dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 168–180. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1850
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.