Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Yang Berbasis Saintifik Melalui Rektifikasi Hasil Supervisi Pembelajaran Guru Matematika dan IPA SMA Negeri 3 Barru

Authors

  • ABDUL GANI

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1787

Keywords:

PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK, REKTIFIKASI, SUPERVISI PEMBELAJARAN

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Yang Berbasis  Saintifik  Melalui Rektifikasi Hasil Supervisi Pembelajaran  Guru Matematika  dan IPA SMA Negeri 3  Barru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan melaksanakan pembelajaran yang berbasis Saintifik Melalui Rektifikasi Hasil Supervisi Pembelajaran guru matematika  dan IPA SMA Negeri 3 Barru, Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian tindakan sekolah (School Action Researt). Populasi penelitian ini adalah semua guru matematika dan IPA SMA Negeri 3 Barru  yang terdiri dari  5 orang guru matematika , 2 orng guru Biologi, 2 orang guru fisika dan 2 orang guru kimia. Adapun yang menjadi sampelnya adalah guru matematika dan IPA SMA Negeri  3 Barru sebagai sampel Jenuh yang terdiri dari 4  laki- laki dan  5 perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aleksander Mackie College Of Advance Education. 1991. Sopervesion of patctice Teaching, Primary Program, Sydney,, Australia.

Ali, Muhammad, 1997. Perencanaan Pengajaran, Jakarta Rineka Cipta.

Alma Buhari dkk. 2008. Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar, Bandung: Alfabeta

Acheson, Gall. 1997. Techiques in the Clical Supervision of Teachers: Preservier and Inrservice Aplication New York and London Pitman Publishin and Longman

Bukka Muhammad. 2005. Monitoring dan Evaluasi. Makssar: Pustaka Pena Perss Makssar

Bahri, Syaeful, 1997. Guru dan anak didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003. Sitem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hulum Organisasi.

Depdiknas, 2005. Undang-undang Guru dan Dosen, Bandung: PT. Umbara.

Depdikbud, 1997. Buku tiga Pengelolaan Ketenagaan, Jakarta: Direktorat Jenderal Dikdasmen.

Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, Elaine B, 2007. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Ali Bahasa, Ibnu Setiawan, Bandung: Mizan Learning Centere.

Nasution, S. 2001. Berbagi Pebdekatan dalam Proses Belajar Mengajar: Jakarta: Bumi Aksara

Sagala, 2006. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.upervision ang Currukulum Deplopmen.

Slavin, Robert, 2008. Psikologi pendidikan: Teori dan Praktek Edisi Kedelapan, Ali Bahasa St. Dianjung, Jakarta: Indeks.

Syaifun, 2004. Faktor-faktor Profesional Guru dan Pengaruhnya Terhadap Proses Belajar Mengajar Murid Sekolah Dasar, Makassar: PPS UNM Makassar.

Syaiful, 2010. Supervisi Pembelajaran dallam Profesi Pendidikan, Bandung Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

ABDUL GANI. (2022). Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Yang Berbasis Saintifik Melalui Rektifikasi Hasil Supervisi Pembelajaran Guru Matematika dan IPA SMA Negeri 3 Barru. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 8–20. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1787