INVESTIGASI KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

  • Hasan Basri Universitas Madura
  • Bambang Kurnadi Universitas Madura
  • Syarifuddin STKIP Bima
  • Chairul Fajar Tafriliyanto Universitas Madura
  • Purna Bayu Nugroho Universitas Muhammadiyah Kotabumi
Keywords: Investigasi; Numerasi; Mahasiswa Calon Guru

Abstract

Mahasiswa calon guru matematika dituntut untuk memiliki kemampuan numerasi yang baik karena kemampuan ini dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, baik di rumah, pekerjaan maupun masyarakat. Namun demikian kajian atau penelitian terkait kemampuan numerasi guru masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi mahasiswa calon guru matematika. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Madura dan Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Instrumen pada penelitian ini dibuat dalam bentuk google form terkait data sebaran covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru belum memiliki kemampuan numerasi yang baik hal ini didukung oleh hasil temuan bahwa belum ada satupun calon mahasiswa yang mampu menunjukkan bahwa data yang diberikan merupakan data yang tidak valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). PENINGKATAN LITERASI SEKOLAH DAN LITERASI NUMERASI MELALUI MODEL BLANDED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD KOTA SINGARAJA. 1(3), 269–283.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

Helfiana, M., Sari, N., & Suciani. (2020). EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI 15 MENIT DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA AUTIS KELAS IV SLB TNCC BANDA ACEH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. BIDAYAH, 11(2), 143–158.

Hernadi, J. (2013). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.22342/jpm.2.1.295.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 53, Issue 9).

Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science (Preliminar). OECD Publishing.

Purwanto. (2012). Argumen Valid. Aditya Media Publishing.

Rahmawati, & Mahdiansyah. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah : Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks IndonesiaRahmawati, and Mahdiansyah. “Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah : Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20, 452–469.

Rusmining, Waluya, S. B., & Sugianto. (2014). Analysis of Mathematics Literacy, Learning Constructivism and Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia). International Journal of Education and Research., 2, 331-340.

Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. PPPPTK.

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). PENINGKATAN LITERASI SEKOLAH DAN LITERASI NUMERASI MELALUI MODEL BLANDED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD KOTA SINGARAJA. 1(3), 269–283.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

Helfiana, M., Sari, N., & Suciani. (2020). EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI 15 MENIT DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA AUTIS KELAS IV SLB TNCC BANDA ACEH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. BIDAYAH, 11(2), 143–158.

Hernadi, J. (2013). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.22342/jpm.2.1.295.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 53, Issue 9).

Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science (Preliminar). OECD Publishing.

Purwanto. (2012). Argumen Valid. Aditya Media Publishing.

Rahmawati, & Mahdiansyah. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah : Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks IndonesiaRahmawati, and Mahdiansyah. “Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah : Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20, 452–469.

Rusmining, Waluya, S. B., & Sugianto. (2014). Analysis of Mathematics Literacy, Learning Constructivism and Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia). International Journal of Education and Research., 2, 331-340.

Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. PPPPTK.

Published
07-08-2021
How to Cite
Hasan Basri, Bambang Kurnadi, Syarifuddin, Chairul Fajar Tafriliyanto, & Purna Bayu Nugroho. (2021). INVESTIGASI KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 72-79. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1318