Sastra sebagai Media Pembentukan Karakter: Analisis Prosodi dan Nilai Didaktis dalam Syair An-Nasu Bin-Nasi Karya Imam Syafi‘i

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7294

Authors

  • Nida Fauziyah Fitriani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Minatur Rokhim Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ali Hasan Al Bahar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Risa Auliya Damastina Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rizky Rohmatin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Keywords:

arudh, Qafiyah, Syair didaktis, Imam Syafi'i, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap struktur prosodi (arudh dan qafiyah) dalam syi’r karya Imam Syafi’i yg berjudul An-Nasu bin-Nasi, menjelaskan keterkaitan unsur estetika dengan nilai-nilai didaktis yang terkandung di dalamnya, serta menafsirkan bagaimana bentuk keindahan bahasa memperkuat pesan moral dalam pembentukan karakter. Kajian ini berfokus pada hubungan antara unsur estetika dan pesan moral yang membentuk kesatuan makna puitis. Data diperoleh melalui analisis teks dan studi kepustakaan yang menelaah pola ritme, konsistensi rima, serta ajaran moral dalam setiap bait syair. Hasil penelitian menunjukkan bahwa syair ini menggunakan Bahr Basith dengan variasi arudh makhbunah dan dharb maqthu‘, menghasilkan pola irama yang tenang namun tegas. Struktur qafiyah-nya bersifat mardhufah mawsulah bil mad dengan huruf ta sebagai rawi yang konsisten, mencerminkan keharmonisan dan memperkuat penyampaian pesan moral. Analisis nilai didaktis menunjukkan tema-tema utama seperti kemurahan hati, rasa syukur, tanggung jawab sosial, kepemimpinan yang melayani, serta makna hidup melalui kebajikan. Nilai-nilai tersebut sejalan dengan prinsip pendidikan karakter modern yang menekankan empati, spiritualitas, dan tanggung jawab moral. Kontribusi penelitian ini terletak pada integrasi analisis prosodi (arudh dan qafiyah) dengan kajian nilai-nilai didaktis, yang memberikan pemahaman komprehensif tentang fungsi sastra Arab klasik sebagai sarana pendidikan moral dan pembentukan karakter. Temuan ini menegaskan bahwa karya sastra Arab klasik, khususnya karya Imam Syafi‘i, memiliki relevansi abadi sebagai sumber pembelajaran etis dan penguatan karakter dalam konteks pendidikan modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A., Islam, M. A. M., & Suparno, D. (2024). Nazam Alfiyyah Ibn Malik : Structure and Function of Arabic Didactic Poetry for Islamic Boarding School Communities. Evolutionary Studies in Imaginative Culture, 8(2), 1818–1830. https://doi.org/https://doi.org/10.70082/esiculture.vi.1738

Afifah, H. Z., & Jamjam, A. (2020). `Arudl, Qafiyah, Dan Pesan Moral Pada Puisi- Puisi Al-`Ainiyyah Dalam Antologi Qais Bin Dzarih. Hijai – Journal on Arabic Language and Literature, 03(1), 28–35. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/hijai.v3i1.7568 DOI: https://doi.org/10.15575/hijai.v3i1.7568

Al-Bahlal, K. F. (2022). Arabic Poetry-Based Character Teaching: Pride In Blameworthy Morals In Abbasid Poetry. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 5(2), 488–503. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i2.15995 DOI: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i2.15995

Alganami, F. H., & Keshky, M. E. S. El. (2025). Does volunteering benefit students’ happiness, social connectedness, and self-efficacy? an interaction with gender. BMC Psychology, 13(1). https://doi.org/10.1186/s40359-025-02886-8 DOI: https://doi.org/10.1186/s40359-025-02886-8

Annas, A., Nasir, A., Huda, M., & Muthmainnah. (2021). Praktis Belajar Arudh dan Qafiyah. Nusa Litera Inspirasi.

Arifianto, M. L. (2020). Valuable Moral Messages In The Classical Arabic Poetry: Semiotic Study Of The Imam Ali’s Poems. Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(2), 130. https://doi.org/10.24865/ajas.v5i2.240 DOI: https://doi.org/10.24865/ajas.v5i2.240

Chalmiers, M. A., Istemi, F., & Simsek, S. (2023). Gratitude to God and its psychological benefits in Islamic contexts: a systematic review of the literature. Mental Health, Religion and Culture, 26(5), 405–417. https://doi.org/10.1080/13674676.2022.2046714 DOI: https://doi.org/10.1080/13674676.2022.2046714

Fahmi, A. K., & Nuruddin. (2014). Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Syair Imam Al-Syafi’i (Kajian Struktural Genetik). Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, September. DOI: https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1138

Janah, F., & Latif, A. (2022). Irama Musikalitas Musikalitas pada Puisi ‘Al-Jaddu Yudni Kulla Amr Syasi’in’ Karya Imam Syafi’i (Analisis Kritik Sastra Arudh dan Qowafi). Journal of Arabic Language, 2(2), 1–13. DOI: https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v2i2.2344

Khazri Osman, S. R. T. (2014). Nilai Spiritual dalam puisi Imam al-Shafi’i. Al-Hikmah, 6, 51–65.

Ma’mun, T. N., & Ikhwan. (2016). Ilmu Al- Arudl Telaah Struktur Syair Arab dari Teori ke Praktik. UNPAD Press.

Nessa, M., & Islam, A. (2022). Ethics And Moral Values As Reflected In Arabic Poetry. Migration Letters, 19, 290–293.

Nurfalah, F., Wiwaha, R. S., & Rusmana, D. (2025). Analysis of Etichal Moral Education Values and Linguistic in The Poem “ Zuhdiyyat ” by Abu Al- ‘ Atahiyyah. 9(1), 113–122. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.7926/http

O’Brien, E., & Kassirer, S. (2019). People Are Slow to Adapt to the Warm Glow of Giving. Psychological Science, 30(2), 193–204. https://doi.org/10.1177/0956797618814145 DOI: https://doi.org/10.1177/0956797618814145

Park, S. Q., Kahnt, T., Dogan, A., Strang, S., Fehr, E., & Tobler, P. N. (2017). A neural link between generosity and happiness. Nature Communications, 8(May), 1–10. https://doi.org/10.1038/ncomms15964 DOI: https://doi.org/10.1038/ncomms15964

Patmanegara, M., Akmaliyah, Hasan, M. N., & Ridho, M. R. (2025). An Analysis of Rhyme and Rhythm Shifts and Thematic Elements in the Qasidah Faidhotul Man Min Rohmati Wahhabil Manan by Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz A Study in ʿ Arū ḍ and Qawāfī. Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.34050/elsjish.v8i2.45231

Rahayu, S. W., & Benyamin, C. (2020). Penerapan Kepemimpinan Melayani (Servant Leadership) Bidang Penguatan Karakter Guru dan Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 29. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p29-35 DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p29-35

Rokhim, M. (2021). Sastra dan Nasionalisme: Studi atas Puisi-Puisi Mahjar Ali Ahmad Bakatsir. UIN Syarif Hidayatullah.

Saniya, K., & Filasofa, L. M. K. (2025). Penanaman Karakter Sosial Anak Melalui Program Berbagi. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 10–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.836 DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.836

Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain penelitian kualitatif sastra (1st ed.). UMM Press.

Sukirman. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 98–102.

Zadeh, J. G., & Roshanfekr, K. (2011). A reflection on didactic poetry. Journal of History of Literature, 4(2). https://hlit.sbu.ac.ir/article_98708.html

الشافعي, م. ب. ا. (2015). ديوان الشافعي. مكتبة الكليات الأزهرية.

العبدالكريم, ف. (2024). إسهامات المنظومات الشعرية التعليمية في الفكر التربوي الإسلامي وتطبيقها في التعليم المعاصر من وجهة نظر خبراء التربية: رؤية مقترحة. المجلة التربوية لکلية التربية بسوهاج, 128(128), 1–38. https://doi.org/10.21608/edusohag.2024.337885.1620 DOI: https://doi.org/10.21608/edusohag.2024.337885.1620

رخيم, م. (2012). علم القافية التطبيقي. جامعة شريف هداية الله الإسلامية الحكومية.

Published

2025-11-21

How to Cite

Nida Fauziyah Fitriani, Rokhim, M., Ali Hasan Al Bahar, Risa Auliya Damastina, & Rizky Rohmatin. (2025). Sastra sebagai Media Pembentukan Karakter: Analisis Prosodi dan Nilai Didaktis dalam Syair An-Nasu Bin-Nasi Karya Imam Syafi‘i. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4887–4905. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7294