Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Penguasaan Strukturen Und Wortschatz Mahasiswa Bahasa Jerman

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7148

Authors

  • Juliaans E. R. Marantika Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Biancha Elizabeth Matulessy Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
  • Patresia Silvana Apituley Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
  • Jolanda Tomasouw jolanda.tomasouw@lecturer.unpatti.ac.id

Keywords:

Penguasaan struktur dan kosakata, Media Pembelajaran, Kahoot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap penguasaan struktur dan kosakata mahasiswa pada mata kuliah Strukturen und Wortschatz Aufbaustufe A.1. Kahoot adalah salah satu aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih keterampilan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FKIP Universitas Pattimura dengan menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data pre-test dan post-test. Responden adalah  mahasiswa bahasa Jerman semester 1 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 orang yang dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukan bahwa  terdapat peningkatan nilai rata-rata mahasiswa dari 38,67 untuk nilai pre-test menjadi 61,00 untuk post-test setelah mendapat perlakuan dengan menggunakan aplikasi Kahoot sedangkan nilai rata rata adalah 22,33. Dengan demikian hasil penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi Kahoot dapat membantu mahasiswa menguasai materi dengan suasana proses belajar yang interaktif, kompetitif dan menyenangkan serta mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa untuk mempunyai semangat belajar mandiri dan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflisia, N., Karolina, A., Yanuarti, E., & Raihan, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Penguasaan Unsur Bahasa Arab. Al-Mu’tamar Ats-Tsanawi li Al-Lughah Al-’Arabiyyah, 1(January), 1–17. http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/musla/article/view/8

Council of Europe (2001). Common European Framework of Reference for Languages: Learning, teaching, assesment. Cambridge University Press.

Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2019). Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885 DOI: https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/4c2hx

Hasan, M. M. D. H. K. T., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. M. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group. Jawa Tengah: Tahta Media Group.

Litualy, S. J., Serpara, H., & Wenno, E. C. (2022). The effect of Kahoot! learning media on learning outcomes of German language students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 254–261. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20458 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20458

Mustikawai, Fenny Eka., 2019, "Fungsi Aplikasi Kahoot Sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia", dalam Prosiding Bulan Bahasa, Hal 99- 104.

Pienemann, M., & Lenzig, A. (2020). Processability theory and second language development. In B. Leow, S. Loewen &M. Sato (Eds), The Routledge handbook of second language acquistion and psycholinguistics (pp. 43058). Routledge.

Rahmawati, I, Y., Wulansari, B. Y., Rusdiani, N. I., Pujiati, A., & Bariyah, S. K. (2024). Joyful Learning approach in increasing motivation to learn English. International Journal of Research in Teacher Education, 18, 63-80. DOI: https://doi.org/10.24252/elite.v11i1.46175

Sari, R. K., & Nurani, S. (2021). Quizizz Atau Kahoot, Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 78–86. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.87 DOI: https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3.87

Tomasouw, Jolanda; Marantika, Juliaans E. R.; Que, Stella R.; Delzen, June C.Noya Van, (2024). Implementation of the Flipped Classroom Model to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Pedagogical Language, Literature, and Cultural Studies. Nexus Publishing. ISSN: 3047-2202. Pages 40-46. doi: http://dx.doi.org/10.63011/ip.v1i2.17 DOI: https://doi.org/10.63011/ip.v1i2.17

Tomasouw, J., & Marantika, J. E. R. (2020). Learner Autonomy as Strategy to Enhance the Quality of Learner. 397(Icliqe 2019), 504–510. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.063 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.063

Published

2025-11-15

How to Cite

Marantika, J. E. R., Matulessy, B. E., Apituley, P. S., & Tomasouw, J. (2025). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Penguasaan Strukturen Und Wortschatz Mahasiswa Bahasa Jerman. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4663–4670. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7148

Most read articles by the same author(s)