Pengaruh Metode Mnemonik terhadap Keterampilan Berbicara Mahasiswa

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6401

Authors

  • June Carmen Noya van Delzen Universitas Pattimura
  • Juliaans E. R. Marantika Universitas Pattimura
  • Jolanda Tomasouw Universitas Pattimura

Keywords:

keterampilan berbicara, mnemonik, bahasa Jerman, penguasaan kosakata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mnemonik terhadap peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FKIP Universitas Pattimura. Keterampilan berbicara dalam bahasa asing, khususnya bahasa Jerman, memerlukan penguasaan kosakata yang baik. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam berbicara karena keterbatasan kosakata. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menerapkan metode mnemonik tipe Substitute Word System (SWS), yaitu teknik mengaitkan kosakata baru dengan kata atau konsep dalam bahasa ibu yang memiliki bunyi serupa, kemudian dibentuk menjadi asosiasi visual atau cerita pendek yang mudah diingat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 17 mahasiswa semester II. Instrumen penelitian berupa tes lisan yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan, di mana mahasiswa diminta mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan tema dan kata tanya tertentu. Penerapan mnemonik dilakukan secara intensif selama beberapa pertemuan, di mana mahasiswa dilatih membuat asosiasi bunyi dan makna dari kosakata bahasa Jerman dengan kata dalam bahasa Indonesia atau gambar yang familiar. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara mahasiswa. Nilai thit = 5,55 lebih besar dari ttab = 2,12 pada taraf signifikan 0,05 dengan db = 16. Ini menunjukkan bahwa metode mnemonik tipe Substitute-Word System efektif dalam membantu mahasiswa mengingat dan menggunakan kosakata secara kontekstual, sehingga berdampak positif terhadap kelancaran dan ketepatan berbicara dalam bahasa Jerman. Metode ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran kosakata dalam pengajaran bahasa asing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliya, U. H., Nurdin, N., & Afifah, A. (2024). The Use of Mnemonic Technique in Increasing Students’ English Vocabulary Mastery. Datokarama English Education Journal, 5(1), 55–62. https://doi.org/10.24239/dee.v5i1.79

Hanifansyah, N., Mahmudah, M., & Syakur, S. A. (2024). Mnemonic Storytelling As A Psycholinguistic Approach To Enhancing Arabic Writing Competence. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 5(2), 31–52.

Irsyad, M. F. (2019). The effect of the mnemonic keyword method of foreign language vocabulary learning: Cognition and metacognition perspective. Cognicia, 7(3), 390–410. https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i3.9485

Jamik, H. N., & Soeharno, S. (2020). The Implementation of Mnemonic Method to Improve the Primary School Learner’s English Writing Skills.

Kurniarahman, I. (2023). Mnemonics and Their Effect on Students’ Vocabulary Memorization and Recall: A Quantitative Study. Batara DIDI : English Language Journal, 2(1), 10–24. https://doi.org/10.56209/badi.v2i1.51

Lubis, B. N. A., & Syahputri, D. (2022). Mnemonic Device Technique Increase Students’ Vocabulary Mastery. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 3(1).

Putra, O. P. (2024). Studi Interpretatif Fenomenologi: Penggunaan Strategi Mnemonik sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Inggris Perguruan Tinggi. Journal on Education, 7(1), 5071–5082. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7096

Setiawan, A. G., & Hakim, P. K. (2023). Student’s Cognitive Engagement in Teaching Vocabulary through Mnemonic Strategy. Pedagogy : Journal of English Language Teaching, 11(2), 230. https://doi.org/10.32332/joelt.v11i2.7658

Setiawan, D., Saraka, & Astuti, A. D. (2020). Vocabulary Enrichment throughMnemonics technique for Young Learners InSmart and Fun English Course. E3L: Journal of English Teaching, Linguistic, and Literature, 3(2), 83–88.

Thảo, T. M. (2022). The Application Of Mnemonic Strategies To Improve Efl Students’ Aptitude For VocabularY. Journal of Nusantara Studies (JONUS), 7(2), 166–183. https://doi.org/10.24200/jonus.vol7iss2pp166-183

Published

2025-07-07

How to Cite

Noya van Delzen, J. C., Marantika, J. E. R., & Tomasouw, J. (2025). Pengaruh Metode Mnemonik terhadap Keterampilan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2990–2997. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6401

Issue

Section

Articles

Categories