Representasi Budaya Bima dalam Puisi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6758
Keywords:
Representasi Budaya, Puisi Siswa, Budaya BimaAbstract
Puisi sebagai ekspresi sastra memiliki dalam merepresentasikan identitas budaya, terutama ketika ditulis oleh generasi muda. Namun perhatian terhadap karya puisi siswa tingkat SMP masih tergolong minim, terutama dalam konteks budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menguraikan bentuk-bentuk representasi budaya yang terdapat dalam karya puisi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui analisis isi puisi-puisi yang dikumpulkan, dengan fokus pada penggambaran artefak, tradisi, dan tari lokal Bima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya Bima direpresentasikan secara multidimensional dalam puisi siswa. Representasi artefak meliputi masjid tua, uma lengge, alat musik silu, dan paju ro’o ta’a, yang dimaknai sebagai simbol spiritual, historis, fungsional, dan identitas. Dalam kategori tradisi, ditemukan representasi mbolo weki, compo sampari, dan rimpu, yang menggambarkan nilai-nilai musyawarah, kehormatan, dan identitas perempuan Bima yang diwariskan secara turun-temurun. Sementara itu, tari tradisional seperti tari buja kandanda dan Tari Kalero direpresentasikan sebagai ekspresi rasa syukur, keberanian, dan hubungan spiritual dengan leluhur yang menyoroti fungsi tari sebagai media komunikasi dan ekspresi kolektif. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa siswa tidak hanya mengenali unsur budaya Bima secara superfisial, tetapi juga mampu menafsirkan dan mengolahnya dalam bentuk yang kreatif. Kemampuan ini menegaskan bahwa puisi merupakan media yang efektif dalam menanamkan dan memperkuat kesadaran serta identitas budaya lokal di kalangan generasi muda, sekaligus berkontribusi pada pelestarian budaya Bima.
Downloads
References
Darmurtika, L. A., Juriati, A., Nuranisah, N., Fadila, U., Bujang, A., & Alfatih, M. D. (2025). Rimpu dan Identitas Perempuan Bima: Tinjauan Semiotik atas Nilai Kesopanan. Jurnal Ilmiah Telaah, 10(2), 69-74. https://doi.org/10.31764/telaah.v10i2.32405
Farikha, RN, Suyitno, I., & Widyartono, D. (2024). Materi bahasa dan budaya dalam program siniar bahasa Indonesia bersama Windah di Spotify. Jurnal Onoma: Pendidikan, 10 (1). DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3219
Hall, S. (1997). Representation: Cultural representations and signifying practices. Sage Publication. Ltd.
Ilmawati, N., Haslan, M. M., Alqadri, B., & Sumardi, L. (2023). Nilai dan Makna Budaya Rimpu Pada Masyarakat Suku Mbojo di Desa Wora Kabupaten Bima. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5810
Jumyadi, J., & Usmaedi, U. (2025). Tradisi Ujungan dalam Perspektif Antropologi: Ritual Saling Cambuk sebagai Ekspresi Budaya dan Simbol Ketangguhan Masyarakat Adat. KALA MANCA: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, 13(1), 1-7.
Koentjaraningrat, (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta. DOI: https://doi.org/10.7454/ai.v0i47.3271
Marzatillah, W., Maulidia, M., Dwita, S., Ula, S., & Syakila, D. (2024). Nilai Karakter dalam Puisi Karya Thayeb Loh Angen. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 3(2), 182-193. https://doi.org/10.57251/multiverse.v3i2.1654 DOI: https://doi.org/10.57251/multiverse.v3i2.1654
Miranti, M., Mukodas, M., & Anwar, M. (2024). Representasi Budaya dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Tingkat SMA. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(2), 233-245. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1866 DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1866
Misriani, A., Cintari, S., & Zulyani, N. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7131-7136. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2392 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2392
Muttaqin, Z., Maemunah, M., & Woro, K. N. (2021). Studi Politik dan Hukum Terhadap Tarian Kalero Masyarakat Mbawa Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Civicus, 9(2), 89-97. DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.8250
Maulidiah, E. H., Pratiwi, Y., & Zahro, A. (2024). Nilai Pendidikan Budaya Masyarakat Madura dalam Kèjhung. Jurnal Onoma: Pendidikan, 10(3). DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3764
Sa’diyah, N. M., Nugraheni, N. E., Missa, H., & Basuki, I. A. (2024). Karakter Luhur Guru dalam Nilai Moral Tari Topeng Malangan. Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 445-450. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p445-450 DOI: https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p445-450
Nurhasanah, E., Sari, F. F., & Sutajaya, M. (2024). Nilai Filosofi Uma Lengge dalam Kearifan Lokal Masyarakat Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 12149-12154. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6181 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6181
Nurlatifa, N. (2022). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Sambori Sebagai Penguat Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(2), 17-28. 10.29303/juridiksiam.v9i2.378 DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v9i2.378
Prayoga, S., Dzuki, M. R. M., & Romadhan, M. I. (2025). Ikon Budaya Sebagai Media Membangun Reputasi Wisata: Studi Kasus Masjid Cheng Hoo Surabaya. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 5(02), 58-66. https://doi.org/10.69957/relasi.v5i02.2284
Putra, M. Y. (2022). Compo Sampari; Adat dan Tradisi Suku Bima-Dompu (Analisis Metode Ijtihad Al Urf Madzhab Syafi'i dan Hanafi). SANGAJI: Jurnal Pemikiran Syariah dan Hukum, 6(2), 200-211. https://doi.org/10.69957/relasi.v5i02.2284
Putri, S. N. J., Firnanda, R., & Inayah, P. I. (2025). Lacak Jambi: Studi Hermeneutika Tentang Simbol Identitas Dan Transformasi Budaya Melayu Jambi. Journal of Teacher Wellbeing, 1(1), 14-17. DOI: https://doi.org/10.64595/f4xjas59
Rahman, S. (2022). Representasi pariwisata budaya Madura dalam puisi sastrawan Madura dan relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 169-180. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7561 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7561
Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i3.859 DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i3.859
Saidin, S. H., Yani, A., & Tajuddin, F. N. (2025). Rimpu Simbol Kearifan Lokal dan Pelestarian Budaya Bima di Era Modern. JAWI, 8(1), 37-46. . https://doi.org/10.24042/00202582792000 DOI: https://doi.org/10.24042/00202582792000
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syaputra, N. A., & Rahmawati, A. L. (2025). Interpretasi Relasi Fungsi-Bentuk-Makna pada Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin sebagai Representasi Budaya. ALUR: Jurnal Arsitektur, 8(1), 51-61. https://doi.org/10.54367/alur.v8i1.4832 DOI: https://doi.org/10.54367/alur.v8i1.4832
Wiratama, I. W. A., Oktariyanti, I. A. E. S., & Pramiari, I. A. G. (2021). Representasi nilai-nilai perjuangan dalam puisi selendang frasa: analisis sosiologi sastra. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 195-206. https://doi.org/10.5281/zenodo.5232344
Wirawan, A. K., Hasanah, M., & Maryaeni, M. (2020). Representasi Perilaku Toleran dalam Puisi Karya Siswa SMA (Doctoral dissertation, State University of Malang). 10.17977/jptpp.v5i7.13709 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13709
Wahyudi, DY, Jati, SSP, Wijaya, DN, Jauhari, N., Utari, SD, Israj'Maulana, G., ... & Febriani, SW (2025). Menyemai Cara Berpikir Historis Melalui Kursus Sejarah Persilangan Budaya Untuk MGMP Sejarah Jawa Timur. Akademisi Masa Depan: Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmiah dan Lanjutan , 3 (2), 751-760. https://doi.org/10.61579/masa depan.v3i2.470 DOI: https://doi.org/10.61579/future.v3i2.470
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Imam Mauluddin, Dwi Sulistyorini, Azizatuz Zahro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.