Representasi Budaya Bima dalam Puisi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6758

Authors

  • Imam Mauluddin Universitas Negeri Malang
  • Dwi Sulistyorini Universitas Negeri Malang
  • Azizatuz Zahro Universitas Negeri Malang

Keywords:

Representasi Budaya, Puisi Siswa, Budaya Bima

Abstract

Puisi sebagai ekspresi sastra memiliki dalam merepresentasikan identitas budaya, terutama ketika ditulis oleh generasi muda. Namun perhatian terhadap karya puisi siswa tingkat SMP masih tergolong minim, terutama dalam konteks budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menguraikan bentuk-bentuk representasi budaya yang terdapat dalam karya puisi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui analisis isi puisi-puisi yang dikumpulkan, dengan fokus pada penggambaran artefak, tradisi, dan tari lokal Bima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya Bima direpresentasikan secara multidimensional dalam puisi siswa. Representasi artefak meliputi masjid tua, uma lengge, alat musik silu, dan paju ro’o ta’a, yang dimaknai sebagai simbol spiritual, historis, fungsional, dan identitas. Dalam kategori tradisi, ditemukan representasi mbolo weki, compo sampari, dan rimpu, yang menggambarkan nilai-nilai musyawarah, kehormatan, dan identitas perempuan Bima yang diwariskan secara turun-temurun. Sementara itu, tari tradisional seperti tari buja kandanda dan Tari Kalero direpresentasikan sebagai ekspresi rasa syukur, keberanian, dan hubungan spiritual dengan leluhur yang menyoroti fungsi tari sebagai media komunikasi dan ekspresi kolektif. Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan bahwa siswa tidak hanya mengenali unsur budaya Bima secara superfisial, tetapi juga mampu menafsirkan dan mengolahnya dalam bentuk yang kreatif. Kemampuan ini menegaskan bahwa puisi merupakan media yang efektif dalam menanamkan dan memperkuat kesadaran serta identitas budaya lokal di kalangan generasi muda, sekaligus berkontribusi pada pelestarian budaya Bima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmurtika, L. A., Juriati, A., Nuranisah, N., Fadila, U., Bujang, A., & Alfatih, M. D. (2025). Rimpu dan Identitas Perempuan Bima: Tinjauan Semiotik atas Nilai Kesopanan. Jurnal Ilmiah Telaah, 10(2), 69-74. https://doi.org/10.31764/telaah.v10i2.32405

Farikha, RN, Suyitno, I., & Widyartono, D. (2024). Materi bahasa dan budaya dalam program siniar bahasa Indonesia bersama Windah di Spotify. Jurnal Onoma: Pendidikan, 10 (1). DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3219

Hall, S. (1997). Representation: Cultural representations and signifying practices. Sage Publication. Ltd.

Ilmawati, N., Haslan, M. M., Alqadri, B., & Sumardi, L. (2023). Nilai dan Makna Budaya Rimpu Pada Masyarakat Suku Mbojo di Desa Wora Kabupaten Bima. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5810

Jumyadi, J., & Usmaedi, U. (2025). Tradisi Ujungan dalam Perspektif Antropologi: Ritual Saling Cambuk sebagai Ekspresi Budaya dan Simbol Ketangguhan Masyarakat Adat. KALA MANCA: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, 13(1), 1-7.

Koentjaraningrat, (2015). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta. DOI: https://doi.org/10.7454/ai.v0i47.3271

Marzatillah, W., Maulidia, M., Dwita, S., Ula, S., & Syakila, D. (2024). Nilai Karakter dalam Puisi Karya Thayeb Loh Angen. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 3(2), 182-193. https://doi.org/10.57251/multiverse.v3i2.1654 DOI: https://doi.org/10.57251/multiverse.v3i2.1654

Miranti, M., Mukodas, M., & Anwar, M. (2024). Representasi Budaya dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Tingkat SMA. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(2), 233-245. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1866 DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1866

Misriani, A., Cintari, S., & Zulyani, N. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7131-7136. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2392 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2392

Muttaqin, Z., Maemunah, M., & Woro, K. N. (2021). Studi Politik dan Hukum Terhadap Tarian Kalero Masyarakat Mbawa Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Civicus, 9(2), 89-97. DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.8250

Maulidiah, E. H., Pratiwi, Y., & Zahro, A. (2024). Nilai Pendidikan Budaya Masyarakat Madura dalam Kèjhung. Jurnal Onoma: Pendidikan, 10(3). DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3764

Sa’diyah, N. M., Nugraheni, N. E., Missa, H., & Basuki, I. A. (2024). Karakter Luhur Guru dalam Nilai Moral Tari Topeng Malangan. Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 445-450. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p445-450 DOI: https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p445-450

Nurhasanah, E., Sari, F. F., & Sutajaya, M. (2024). Nilai Filosofi Uma Lengge dalam Kearifan Lokal Masyarakat Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 12149-12154. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6181 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.6181

Nurlatifa, N. (2022). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Sambori Sebagai Penguat Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(2), 17-28. 10.29303/juridiksiam.v9i2.378 DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v9i2.378

Prayoga, S., Dzuki, M. R. M., & Romadhan, M. I. (2025). Ikon Budaya Sebagai Media Membangun Reputasi Wisata: Studi Kasus Masjid Cheng Hoo Surabaya. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 5(02), 58-66. https://doi.org/10.69957/relasi.v5i02.2284

Putra, M. Y. (2022). Compo Sampari; Adat dan Tradisi Suku Bima-Dompu (Analisis Metode Ijtihad Al Urf Madzhab Syafi'i dan Hanafi). SANGAJI: Jurnal Pemikiran Syariah dan Hukum, 6(2), 200-211. https://doi.org/10.69957/relasi.v5i02.2284

Putri, S. N. J., Firnanda, R., & Inayah, P. I. (2025). Lacak Jambi: Studi Hermeneutika Tentang Simbol Identitas Dan Transformasi Budaya Melayu Jambi. Journal of Teacher Wellbeing, 1(1), 14-17. DOI: https://doi.org/10.64595/f4xjas59

Rahman, S. (2022). Representasi pariwisata budaya Madura dalam puisi sastrawan Madura dan relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 169-180. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7561 DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7561

Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i3.859 DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i3.859

Saidin, S. H., Yani, A., & Tajuddin, F. N. (2025). Rimpu Simbol Kearifan Lokal dan Pelestarian Budaya Bima di Era Modern. JAWI, 8(1), 37-46. . https://doi.org/10.24042/00202582792000 DOI: https://doi.org/10.24042/00202582792000

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaputra, N. A., & Rahmawati, A. L. (2025). Interpretasi Relasi Fungsi-Bentuk-Makna pada Masjid Sulaimaniyah Pantai Cermin sebagai Representasi Budaya. ALUR: Jurnal Arsitektur, 8(1), 51-61. https://doi.org/10.54367/alur.v8i1.4832 DOI: https://doi.org/10.54367/alur.v8i1.4832

Wiratama, I. W. A., Oktariyanti, I. A. E. S., & Pramiari, I. A. G. (2021). Representasi nilai-nilai perjuangan dalam puisi selendang frasa: analisis sosiologi sastra. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 195-206. https://doi.org/10.5281/zenodo.5232344

Wirawan, A. K., Hasanah, M., & Maryaeni, M. (2020). Representasi Perilaku Toleran dalam Puisi Karya Siswa SMA (Doctoral dissertation, State University of Malang). 10.17977/jptpp.v5i7.13709 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13709

Wahyudi, DY, Jati, SSP, Wijaya, DN, Jauhari, N., Utari, SD, Israj'Maulana, G., ... & Febriani, SW (2025). Menyemai Cara Berpikir Historis Melalui Kursus Sejarah Persilangan Budaya Untuk MGMP Sejarah Jawa Timur. Akademisi Masa Depan: Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmiah dan Lanjutan , 3 (2), 751-760. https://doi.org/10.61579/masa depan.v3i2.470 DOI: https://doi.org/10.61579/future.v3i2.470

Published

2025-08-21

How to Cite

Mauluddin, I., Dwi Sulistyorini, & Azizatuz Zahro. (2025). Representasi Budaya Bima dalam Puisi Karya Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3741–3751. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6758

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)