Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantu Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 130/II Pasir Putih
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6688
Keywords:
Peningkatan, Bahasa Indonesia , Kooperatif Tipe Role Playing, Kartu BergambarAbstract
masalah dalam penelitian ini adalah di kelas v SDN 130/ll pasir putih di temukan siswa yang kurang tertarik atau bahkan cendrung fasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa indonesia, terutama dalam asfek berbicara dan menulis, selama proses praobservasi dalam pembelajaran bahasa indonesia di tingkat sekolah dasar, di temukan sejumlah masalah yang menunjukkan imflementasi kurikuum merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran berdifernsiasi,masih menghadapi berbagai tantangan. oleh karena itu meeningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam mata pembelajaran bahasa indonesia salah satu solusi yang dapat di terapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantu kartu bergambar. oleh karena itu peserta didik dapat mengekspresikan perasaan dan pengalaman mereka menggunakan model bermain peran, siswa dapat menggembangkan hasrat yang lebih besar untuk mempelajari konsep dan berpartis bahasa indonesia aktip dalam proses penerapan pengetahuan untuk memecahkan masalah dengan mengategorikannya, mengeksplorasi solusi alternatif, dan menemukan cara untuk terlibat dalam pemecahan masalah.
Downloads
References
Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495
Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Iqbal, N., Fitriani, S. O., Halim, C., Ababil, Z. R., & Nurhayati, E. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia pada Kemasan Produk Makanan dan Minuman Ringan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 3(2), 238–246. https://doi.org/10.57251/sin.v3i2.979
Kertia, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP1 Pada Pelajaran PPKn. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 25. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17604
Model, U. S. W. mengemukakan, Memiliki, P. K. tipe R. P., : karakteristik sebagai berikut, Objek, (1) Kegiatan pembelaran bukan pada, Sebenarnya., Berkelompok., (2) Kegiatan secara, Komunikasi., (3) Aktifitas, Sikap., (4) Alternatif untuk pembelajaran, Pembimbing., (5) Peran guru sebagai, Pembahasan., (6) Ada topik, & Siswa., (7) Ada peran yang perlu dimainkan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD INPRES Karunrung Makassar. Pinisi Journal Of Health and Science, 1–20.
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Pingge dan Wangid., (2016). “Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 146–167
Rahmanida Nst, A., Siregar, A. R. F., & Syaputra, E. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 190–204. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2483
Rawung, J. J., & Merentek, R. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 60–64. https://doi.org/10.5281/zenodo.7321662.
Sari, F. A. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 414–421.
Setyowati, D., Kartikasari, E., & Nuryasana, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Asemrowo II. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 12. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.865
Subar Junanto, Eva Gelista Fransiska, Skripsi : “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di RA GUPPI 1 Kalijambe Tahun Pelajaran 2019/2020”. (Surakarta : IAIN Surakarta, 2020). Hal 19-20.
Suandewi, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPA IV SDN 3 Kapai. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor (60):60
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Yogyakarta: Gavamedia.
Teknologi, J., Dan, P., Jtpp, P., Benda, W., Sekolah, D., Wahyuningrum, I., Adelia, S., & Rofisian, N. (2023). jtpp+Isnaini+Wahyuningruma,+Septi+Adelia+Putrib,+Nela+Rofisianc+. 01(02), 328–333.
Wahyuni, F. (2024). Optimalisasi Kartu Bergambar sebagai Alat Pembelajaran untuk Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia 5-6 Tahun. 2(1), 10–18.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Gusriyanti, Reni Guswita, Subhanadri Subhanadri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.