Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantu Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 130/II Pasir Putih

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6688

Authors

  • Gusriyanti Gusriyanti Universitas Muhammadiyah Muaro Bungo
  • Reni Guswita Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Subhanadri Subhanadri Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

Keywords:

Peningkatan, Bahasa Indonesia , Kooperatif Tipe Role Playing, Kartu Bergambar

Abstract

masalah dalam penelitian ini adalah di kelas v SDN 130/ll pasir putih di temukan siswa yang kurang tertarik atau bahkan cendrung fasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa indonesia, terutama dalam asfek berbicara dan menulis, selama proses praobservasi dalam pembelajaran bahasa indonesia di tingkat sekolah dasar, di temukan sejumlah masalah yang menunjukkan imflementasi kurikuum merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran berdifernsiasi,masih menghadapi berbagai tantangan. oleh karena itu meeningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam mata pembelajaran bahasa indonesia salah satu solusi yang dapat di terapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing berbantu kartu bergambar. oleh karena itu peserta didik dapat mengekspresikan perasaan dan pengalaman mereka menggunakan model bermain peran, siswa dapat menggembangkan hasrat yang lebih besar untuk mempelajari konsep dan berpartis bahasa indonesia aktip dalam proses penerapan pengetahuan untuk memecahkan masalah dengan mengategorikannya, mengeksplorasi solusi alternatif, dan menemukan cara untuk terlibat dalam pemecahan masalah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3495

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Iqbal, N., Fitriani, S. O., Halim, C., Ababil, Z. R., & Nurhayati, E. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia pada Kemasan Produk Makanan dan Minuman Ringan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 3(2), 238–246. https://doi.org/10.57251/sin.v3i2.979

Kertia, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP1 Pada Pelajaran PPKn. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 25. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17604

Model, U. S. W. mengemukakan, Memiliki, P. K. tipe R. P., : karakteristik sebagai berikut, Objek, (1) Kegiatan pembelaran bukan pada, Sebenarnya., Berkelompok., (2) Kegiatan secara, Komunikasi., (3) Aktifitas, Sikap., (4) Alternatif untuk pembelajaran, Pembimbing., (5) Peran guru sebagai, Pembahasan., (6) Ada topik, & Siswa., (7) Ada peran yang perlu dimainkan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V SD INPRES Karunrung Makassar. Pinisi Journal Of Health and Science, 1–20.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Pingge dan Wangid., (2016). “Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 146–167

Rahmanida Nst, A., Siregar, A. R. F., & Syaputra, E. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 190–204. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2483

Rawung, J. J., & Merentek, R. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 60–64. https://doi.org/10.5281/zenodo.7321662.

Sari, F. A. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 414–421.

Setyowati, D., Kartikasari, E., & Nuryasana, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SDN Asemrowo II. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 12. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.865

Subar Junanto, Eva Gelista Fransiska, Skripsi : “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di RA GUPPI 1 Kalijambe Tahun Pelajaran 2019/2020”. (Surakarta : IAIN Surakarta, 2020). Hal 19-20.

Suandewi, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPA IV SDN 3 Kapai. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor (60):60

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Memengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Yogyakarta: Gavamedia.

Teknologi, J., Dan, P., Jtpp, P., Benda, W., Sekolah, D., Wahyuningrum, I., Adelia, S., & Rofisian, N. (2023). jtpp+Isnaini+Wahyuningruma,+Septi+Adelia+Putrib,+Nela+Rofisianc+. 01(02), 328–333.

Wahyuni, F. (2024). Optimalisasi Kartu Bergambar sebagai Alat Pembelajaran untuk Aspek Sosial-Emosional pada Anak Usia 5-6 Tahun. 2(1), 10–18.

Published

2025-08-07

How to Cite

Gusriyanti, G., Reni Guswita, & Subhanadri, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbantu Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN 130/II Pasir Putih. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3532–3539. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6688

Issue

Section

Articles

Categories