Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pukul Setengah Lima Karya Rintik Sedu dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6492
Keywords:
Konflik Batin, Psikologi Sastra, Novel, Pembelajaran SastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk-bentuk konflik batin yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sedu dengan menggunakan teori psikologi sastra Sigmund Freud, serta mengkaji implikasinya terhadap pembelajaran sastra di tingkat SMA. Dengan menerapkan teori psikologi sastra Sigmund Freud, penelitian ini meneliti konflik batin tokoh utama di novel Pukul Setengah Lima oleh Rintik Sedu, khususnya konsep id, ego, dan superego. Novel ini kaya akan penggambaran konflik batin, yang menggambarkan pergulatan psikologis tokoh Alina dalam menghadapi pandangannya terhadap kehidupan dan pencarian kebahagiaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan Teknik studi dokumentasi. Data dikumpulkan melalui kutipan dialog dan narasi dalam novel Pukul Setengah Lima yang dituliskan oleh Rintik Sedu. Analisis dilakukan dengan pendekatan psikologi sastra menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud yang mencakup struktur Id, Ego dan Superego. Id Alina menampakkan keinginan untuk menghindari rasa sakit, melarikan diri dari kenyataan melalui kepura-puraan, dan mencari kepuasan instan. Ego berfungsi sebagai penengah, membantu Alina beradaptasi dengan realitas, menggunakan mekanisme pertahanan diri, dan menimbang situasi sulit. Sementara itu, superego berperan dalam memunculkan perasaan bersalah, kesadaran akan nilai-nilai moral, dan perjuangan untuk menghormati norma meskipun berhadapan dengan pengalaman traumatis. Temuan ini menunjukan bahwa konflik batin Alina didominasi oleh ketidakseimbangan antara dorongan bawah sadar dan norma social, yang mempengaruhi seluruh perjalanan hidup serta pilihan-pilihannya dalam cerita. Implikasi penelitian ini dalam pengajaran sastra di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) berdasarkan panduan kurikulum merdeka, relevan untuk Fase F (kelas XI dan XII). Analisis konflik batin dapat memperdalam pemahaman siswa terhadap karakter dan isu psikologis, serta mengembangkan empati dan kemampuan berpikir kritis. Studi ini menunjukkan bagaimana novel kontemporer dapat digunakan untuk mengajarkan aspek afektif sastra, membantu siswa mengidentifikasi dan merefleksikan dinamika psikologis yang dekat dengan kehidupan remaja, serta mengaplikasikannya dalam penulisan kreatif.
Downloads
References
Anindhita, S., & Solihati, N. (2023). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Strong Girl Karya Dina Amelia Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA Indonesia. 394–403. https://doi.org/10.26858/indonesia.v4i3.51029
Arimbi, S. P., & Heny S. (2022). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Lebih Senyap dari Bisikan Karya Andina Dwifatma (Kajian Psikologi Sigmund Freud). NAWA: Journal of Japanese Studies, 9(6), 173–184.
Avisa, N., Wachyudin, K., Rahmawati, M., & Karawang, S. (2024). Peran Karya Sastra dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pengajaran Bahasa Inggris. 8, 28087–28096.
Damayanti Andia Kusuma, L. R. H. S. (2024). Psikologi Kepribadian. Malang. In Universitas Muhammadiyah Malang.
Damayanti, M. A. (2024). Pengaruh Reputasi Perusahaan, Kepercayaan, Kemudahan Sistem Dan Keamanan Terhadap Keputusan Berdonasi Di Kitabisa.Com Dengan Semangat Sosial Sebagai Variabel Moderasi.
Dani Manesah. (2024). Analisis Id Ego dan Super Ego pada Iklan Televisi Gojek Mempersembahkan: Cerdikiawan. Abstrak : Jurnal Kajian Ilmu Seni, Media Dan Desain, 1(3), 44–56. https://doi.org/10.62383/abstrak.v1i3.272
Darmawan, I., Wahab, A. A., & Hikam, A. I. (2023). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Shaf Karya Ima Madani: Teori Kebutuhan Maslow. Jurnal Bindo Sastra, 7(1), 17–26. https://doi.org/10.32502/jbs.v7i1.5658
Djami, M. M. (2020). Pencarian Identitas Diri dan Pertumbuhan Iman Remaja. STAKN Kupang, 1–20. http://www.staknkupang.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/Tulisan-Ilmiah-Ibu-Marla.pdf
Fahesta Sonia Adistiyani, & Ali Imron Al-Ma’ruf. (2024). Konflik Batin Tokoh Utama Novel Hujan Karya Tere Liye dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1844–1854. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3516
Fransori, A., & Parwis, F. Y. (2022). Adaptasi Pembelajaran Sastra di Sekolah pada Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2377–2387. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/1953
Hasanah, L., & Hikam, A. I. (2025). Konflik Batin Tokoh Alena dalam Menghadapi Tekanan Sosial pada Novel Lilin Karya Saniyyah Putri S . S : Tinjauan Psikoanalisis Sigmund Freud.
Hasanah, R. U. (2025). Konflik Batin Tokoh Rahwana Dalam Naskah Drama Cinta Mati Rahwana Karya Asa Jatmiko : Kajian Psikologi Sastra Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(id), 244–260.
Ishom Fuadi Fikri, Nursyah Ismail, S., Zainiyati, H. S., & Kholis, N. (2023). Struktur Kepribadian Manusia Dalam Psikoanalisis Sigmund Freud: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 8(1), 71–88. https://doi.org/10.35316/edupedia.v8i1.2787
Ismawar, T. N., & Widianti, N. (2024). Konflik Batin Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Pukul Setengah Lima Karya Rintik Sedu. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(3), 566–576.
Kadir, Z. K. (2024). Psychoanalytic and Crime: Is Freud’s Theory Still Applicable in Criminological Research. 95–110.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Krisnanto, A., Sadewa, B. S., & Kurniawan, E. D. (2024). Analisis Id, Ego, dan Supergo pada Tokoh Lolita dalam Novel Secret Obsession Karya Anggarani. Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i1.117
Kurdi, M. S., Kurdi, M. S., Lestari, L., Yusnanto, T., Lestari, L. P., Gui, M. D., Badelah, H., & Liriwati, F. Y. (2024). Memahami Prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. In Pendidikan Nusantara (Vol. 2, Issue 1).
Lestari, A. A., Muzdalifah, S., & Yunus, S. (2024). Analisis Kepribadian Tokoh Maharani Kajian Psikologi Sigmund Freud Dalam Cerpen Kutukan Dapur Karya Eka Kurniawan. Awsath: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 60–68.
Lingga Afrili, N., Susanto, A., & Nur, T. (2024). Struktur Kepribadian Tokoh Helen Dalam Novel “Helen Dan Sukanta” Karya Pidi Baiq: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Bastra, 9(1), 228–238. https://doi.org/10.26499/jk.v14i2.
Nabila, Muchtar, M., & Ridha, Z. (2023). Psikoanalisis Sigmund Freud Dalam Penerapan Pembinaan Akhlak Siswa Di Kelas VII MTsN 1 Langkat. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 4(1), 215.
Nur, L. B., & Dewi, D. P. (2023). Konflik Batin Pada Tokoh Utama Novel 25 Jam Karya Stefani Bella Dan Syahid Muhammad Dengan Kajian Psikologi Sastra. 4, 196–203.
Nursholatiah, N., Murahim, M., & Khairussibyan, M. (2022). Struktur Kepribadian Tokoh Utama Kinan Dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy Asf Kajian Psikoanalisis: Sigmund Freud. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1711–1717. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.840
Parhana, F., & Hidayatullah, S. (2023). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Bumi dan Lukanya Karya Ann: Tinjauan Psikologi Sastra. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 160–172. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.1656
Permadi, A. R. I., Reswara, P. J., & Kurniawan, E. D. (2024). Dinamika Kepribadian Menurut Teori Sigmund Freud: Analisis Psikologi Sastra pada Tokoh Restu dalam Novel “Secret Obsession” karya Anggarani. Jurnal Sains Student Research, 2(1), 570–577. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.787
Putri, N. A., & Putri, N. Q. H. (2024). Kritik sastra psikologis pada buku mata kekasih karya korrie layun rampan. 8(11), 198–206.
Rakhmawati, S. A. (2024). Struktur Kepribadian Tokoh dalam Kumpulan Cerpen Sagra yang Berjudul Api Sita Karya Oka Rusmini. 19. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1323
Reanitha, R., Risman, Y. El, & Nursidah, N. (2025). Konflik Batin dalam Struktur Kepribadian Tokoh Atsuko pada Novel Shojo Karya Minato Kanae : Tinjauan Psikologi Sastra. 2(March), 29–39.
Rosida, S. dan A. I. H. (2025). Analisis Psikoanalisis Sastra Terhadap Trauma dan Ingatan Kolektif.
Saputra, V. A., Ikhwan, M. F., & Kurniawan, E. D. (2024). Judul Jelas, Analisis Dinamika Kepribadian Id, Ego, Superego Pada Tokoh Utama Cerita Pendek “rupanya aku bisa” Karya maria klavia.a. Jurnal Sains Student Research, 2(1), 516–522. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.699
Syawal, S. H. (2020). Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan Helaluddin Syahrul Syawal. Academia.Edu, March, 5–6. http://www.academia.edu/download/60642918/Psikoanalisissigmudfreud20190919-88681-dfxtxf.pdf
Umrati, H. W. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. In Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan (p. 140). https://books.google.co.id/books?id=GkP2DwAAQBAJ&pg=PA7&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=2#v=onepage&q&f=false
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Fitri Hidayati, Nani Solihati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.