Nilai Budaya Using dalam Buku Cerita Anak Bergambar Terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur: Perspektif Shalom H. Schwartz
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6487
Keywords:
nilai budaya, Shalom H. Schwartz, UsingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membedah nilai-nilai budaya dalam buku cerita anak bergambar terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, khususnya yang berbahasa Indonesia dan Using. Nilai-nilai dalam budaya menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Nilai budaya menjadi pedoman yang layak untuk terus diimplementasikan dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membedah nilai-nilai budaya Using dalam buku cerita anak terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah narasi berupa kata, frasa, klausa, kalimat, atau wacana dan visualisasi yang memuat informasi mengenai nilai-nilai budaya Using. Sumber data dalam penelitian ini adalah 20 buku cerita anak bergambar berbahasa Using-Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode baca-catat yang dilakukan secara intensif. Temuan data dianalisis menggunakan teori Miles & Huberman berbantuan teori Shalom H. Schwartz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai budaya Using yang terkandung di dalamnya meliputi nilai keamanan (berupa keamanan keluarga dan kesehatan), nilai prestasi (berupa ambisi dan cakap), kedermawanan (berupa persahabatan sejati dan suka menolong), pengarahan diri (berupa mandiri, ingin tahu, memiliki tujuan, kreativitas), nilai kesesuaian berupa kepatuhan, dan nilai tradisi (berupa merawat tradisi dan taat beragama). Nilai-nilai budaya tersebut dapat dimanfaatkan dalam pembeajaran sastra di sekolah untuk membangun karakter serta membangun kesadaran multikultural siswa. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap objek dengan muatan kebudayaan yang berbeda.
Downloads
References
Aidini, A. N., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2019). Nilai Budaya dalam Naskah Cerita Raden Bagus Maljuna. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(2), 49. https://doi.org/10.30651/st.v11i2.2356
Altun, M. (2023). Literature and Identity: Examine the Role of Literature in Shaping Individual and Cultural IdentitiesTitle. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23918/ijsses.v10i3p381
Asshidiq, G. H., & Agustiana, I. (2022). Osing Tribe: A Form Of Cultural Resistance Of The Blambangan Community To Mataram Sultanate. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 8(1). https://doi.org/DOI: 10.36424/jpsb.v8i1.290
Batič, J. (2021). Reading picture books in preschool and lower grades of primary school. Center for Educational Policy Studies Journal, 11(1), 9–26. https://doi.org/10.26529/cepsj.554
Chen, M., & Huang, Y.-C. (2024). Analysis on the Role of Picture Books in Children’s Cognitive Development Education. Educational Administration: Theory and Practice, 30(1), 125–140. https://doi.org/10.52152/kuey.v30i1.767
Czuprynaa, M., Growiecb, K., Kamińskic, B., & Oleksya, P. (2022). Schwartz Human Values and the Economic Performance. Journal of Artificial Societies and Social Simulation, 27(1). https://doi.org/DOI: 10.18564/jasss.5023
Didipu, H., & Masie, S. R. (2020). Sastra Anak Apresiasi, Kajian, dan Pembelajarannya (Salam (Ed.); Pertama). Ideas Publishin.
Duryat, M. (2019). Politik Pelembagaan Bahasa Asing Melalui Pendidikan. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 3(1), 313–329. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/download/4332/2413
Hunt, P. (Ed.). (1992). Literature For Children: Contemporary Criticism (First Publ). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203167878
Indiarti, W. (2015). Makna Kultural Hidangan Ritual Tumpeng Sewu di Kemiren. In Jagat Osing: Seni, Tradisi dan kearifan Lokal Osing (pp. 109–125). Lembaga Masyarakat Adat Osing-Rumah Budaya Osing.
Kamelia, M., Hidayat, M. N., & Muhamad, R. (2023). Tradisi Budaya Tradisional Kesenian Arak-Arakan di Daerah Mundusi Kabupaten Subang. Proceedings UIN Gunung Djati Bandung, 288–294.
Karl, T. (2021). 8 Dimensi Roda Nilai Schwartz. R1Learning.
Komang Dea Febriantini. (2022). Perlindungan Hukum Internasional Terhadap Warisan Budaya Indonesia Yang Di Klaim Oleh Nagara Lain. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 206–213. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52027
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (Second Edi). SAGE Publications.
Muhyidin, A. (2022). Pemertahanan Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Pemelajaran Sastra di Sekolah. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/769/pemertahanan-nilai-nilai-budaya-lokal-dalam-pemelajaran-sastra-di-sekolah
Patji, A. R. (2010). Pengembangan Dan Perlindungan Kekayaan Budaya Daerah: Respon Pemerintah Indonesia Terhadap Adanya Klaim Oleh Pihak Lain. Jurnal Masyaakat & Budaya, Edisi Khus, 167–188. https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/download/156/136/301
Potts, D. (2015). The Schwartz Theory of Basic Values and Some Implications for Political Philosophy. Irfankhawajaphilosopher. https://irfankhawajaphilosopher.com/2015/08/12/the-schwartz-theory-of-basic-values-and-some-implications-for-political-philosophy/
Rahman, F. A. (2014). Reduce , Reuse , Recycle : Alternatives for Waste Management. NM State University, 1–4.
Schwartz, S. H. (2012). An Overview of the Schwartz Theory of Basic Values. Online Readings in Psychology and Culture, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.9707/2307-0919.1116
Škulj, J. (2000). Comparative literature and cultural identity. Comparative Literature and Comparative Cultural Studies, 2(4), 142–151. https://doi.org/10.7771/1481-4374.1088
Sono, M. S., & Yuwanto, L. (2025). Kajian Budaya ‘ Tea- Pai ’ Dari Sudut Pandang Nilai Insani. Padaringan : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 07(1), 14–21. https://doi.org/10.20527%0AKajian
Su’udi, A., & Hartik, A. (2022). Melestarikan Bahasa Osing yang Mulai Ditinggalkan. Kompas.Com. https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/26/153420378/melestarikan-bahasa-osing-yang-mulai-ditinggalkan?page=all
Sukatman. (2017). Mitos Tentang Raja-raja Maya di Gua Lawa Trenggalek Pada Zaman Nusantara Purba. Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 519–542. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4921/3634
Susanti, M., Zainun, Z., Adilla, C., Chan, Z., & Baiturrahmah, U. (2024). Education On The Effects Of Gadget Use On Eye Health In Early Children. Nusantara Hasana Journal, 3(11), 62–66.
Tisnawijaya, C., & Kurniati, G. (2024). Anna Kang’s Picture Books: Inculcating Young Minds With Social-Emotional Literacy. Prosodi, 18(2), 306–317. https://doi.org/10.21107/prosodi.v18i2.26594
Umbar, K., & Saadudin, B. (2018). Kajian Lagu-lagu Using Sebagai Strategi Pelestarian Bahasa Using. Seminar Nasional Bahasa Ibu (SNBI) IX, September.
Vidiyanti, M. O., Roesmiati, D., & Komariyah, S. (2016). Penyusunan Kamus Bahasa Using 100 Lema (1). Balai Bahasa Jawa Timur.
Vivekananda, N. L. A., & Polii, E. E. V. (2025). Schwartz Value dan Perma Well-Being pada Dewasa Awal. Humanitas (Jurnal Psikologi), 8(3), 277–288. https://doi.org/10.28932/humanitas.v8i3.8866
Wedhitami, B. (2014). Upaya Perlindungan Ekspresi Budaya Tradisional Dengan Pembentukan Peraturan Daerah. Law Reform, 9(2), 32. https://doi.org/10.14710/lr.v9i2.12444
Werdiningsih, D. (2004). Potensi Sastra Anak sebagai Media Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 6.
Werdiningsih, D. (2013). Penggunaan Cerita Anak Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Litera, 2, 6.
Werdiningsih, D. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Kearifan dalam Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya dengan Pemanfaatan TIK. Memperkokoh Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional Melalui Diplomasi Bahasa, Sastra, Dan Budaya.
Yanti, I. A. Y. S., Silviani, M., Deva, R. A., & Hasanah, N. (2024). Mengungkap Penemuan Budaya Indonesia yang Diklaim oleh Negara Lain. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1387–1396. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2613
Yuliatik, E., & R, S. P. (2014). Suku Osing. In Jurnal ISI Surakarta. https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_3422141203232733.pdf
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Elvira Damayanti, Dyah Werdiningsih, Ari Ambarwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.