Nilai Budaya Using dalam Buku Cerita Anak Bergambar Terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur: Perspektif Shalom H. Schwartz

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6487

Authors

  • Elvira Damayanti Universitas Islam Malang
  • Dyah Werdiningsih Universitas Islam Malang
  • Ari Ambarwati Universitas Islam Malang

Keywords:

nilai budaya, Shalom H. Schwartz, Using

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membedah nilai-nilai budaya dalam buku cerita anak bergambar terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, khususnya yang berbahasa Indonesia dan Using. Nilai-nilai dalam budaya menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Nilai budaya menjadi pedoman yang layak untuk terus diimplementasikan dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membedah nilai-nilai budaya Using dalam buku cerita anak terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah narasi berupa kata, frasa, klausa, kalimat, atau wacana dan visualisasi yang memuat informasi mengenai nilai-nilai budaya Using. Sumber data dalam penelitian ini adalah 20 buku cerita anak bergambar berbahasa Using-Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode baca-catat yang dilakukan secara intensif. Temuan data dianalisis menggunakan teori Miles & Huberman berbantuan teori Shalom H. Schwartz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai budaya Using yang terkandung di dalamnya meliputi nilai keamanan (berupa keamanan keluarga dan kesehatan), nilai prestasi (berupa ambisi dan cakap), kedermawanan (berupa persahabatan sejati dan suka menolong), pengarahan diri (berupa mandiri, ingin tahu, memiliki tujuan, kreativitas), nilai kesesuaian berupa kepatuhan, dan nilai tradisi (berupa merawat tradisi dan taat beragama). Nilai-nilai budaya tersebut dapat dimanfaatkan dalam pembeajaran sastra di sekolah untuk membangun karakter serta membangun kesadaran multikultural siswa. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap objek dengan muatan kebudayaan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidini, A. N., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2019). Nilai Budaya dalam Naskah Cerita Raden Bagus Maljuna. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(2), 49. https://doi.org/10.30651/st.v11i2.2356

Altun, M. (2023). Literature and Identity: Examine the Role of Literature in Shaping Individual and Cultural IdentitiesTitle. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23918/ijsses.v10i3p381

Asshidiq, G. H., & Agustiana, I. (2022). Osing Tribe: A Form Of Cultural Resistance Of The Blambangan Community To Mataram Sultanate. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 8(1). https://doi.org/DOI: 10.36424/jpsb.v8i1.290

Batič, J. (2021). Reading picture books in preschool and lower grades of primary school. Center for Educational Policy Studies Journal, 11(1), 9–26. https://doi.org/10.26529/cepsj.554

Chen, M., & Huang, Y.-C. (2024). Analysis on the Role of Picture Books in Children’s Cognitive Development Education. Educational Administration: Theory and Practice, 30(1), 125–140. https://doi.org/10.52152/kuey.v30i1.767

Czuprynaa, M., Growiecb, K., Kamińskic, B., & Oleksya, P. (2022). Schwartz Human Values and the Economic Performance. Journal of Artificial Societies and Social Simulation, 27(1). https://doi.org/DOI: 10.18564/jasss.5023

Didipu, H., & Masie, S. R. (2020). Sastra Anak Apresiasi, Kajian, dan Pembelajarannya (Salam (Ed.); Pertama). Ideas Publishin.

Duryat, M. (2019). Politik Pelembagaan Bahasa Asing Melalui Pendidikan. Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 3(1), 313–329. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/download/4332/2413

Hunt, P. (Ed.). (1992). Literature For Children: Contemporary Criticism (First Publ). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203167878

Indiarti, W. (2015). Makna Kultural Hidangan Ritual Tumpeng Sewu di Kemiren. In Jagat Osing: Seni, Tradisi dan kearifan Lokal Osing (pp. 109–125). Lembaga Masyarakat Adat Osing-Rumah Budaya Osing.

Kamelia, M., Hidayat, M. N., & Muhamad, R. (2023). Tradisi Budaya Tradisional Kesenian Arak-Arakan di Daerah Mundusi Kabupaten Subang. Proceedings UIN Gunung Djati Bandung, 288–294.

Karl, T. (2021). 8 Dimensi Roda Nilai Schwartz. R1Learning.

Komang Dea Febriantini. (2022). Perlindungan Hukum Internasional Terhadap Warisan Budaya Indonesia Yang Di Klaim Oleh Nagara Lain. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 206–213. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52027

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (Second Edi). SAGE Publications.

Muhyidin, A. (2022). Pemertahanan Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Pemelajaran Sastra di Sekolah. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/769/pemertahanan-nilai-nilai-budaya-lokal-dalam-pemelajaran-sastra-di-sekolah

Patji, A. R. (2010). Pengembangan Dan Perlindungan Kekayaan Budaya Daerah: Respon Pemerintah Indonesia Terhadap Adanya Klaim Oleh Pihak Lain. Jurnal Masyaakat & Budaya, Edisi Khus, 167–188. https://jmb.lipi.go.id/jmb/article/download/156/136/301

Potts, D. (2015). The Schwartz Theory of Basic Values and Some Implications for Political Philosophy. Irfankhawajaphilosopher. https://irfankhawajaphilosopher.com/2015/08/12/the-schwartz-theory-of-basic-values-and-some-implications-for-political-philosophy/

Rahman, F. A. (2014). Reduce , Reuse , Recycle : Alternatives for Waste Management. NM State University, 1–4.

Schwartz, S. H. (2012). An Overview of the Schwartz Theory of Basic Values. Online Readings in Psychology and Culture, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.9707/2307-0919.1116

Škulj, J. (2000). Comparative literature and cultural identity. Comparative Literature and Comparative Cultural Studies, 2(4), 142–151. https://doi.org/10.7771/1481-4374.1088

Sono, M. S., & Yuwanto, L. (2025). Kajian Budaya ‘ Tea- Pai ’ Dari Sudut Pandang Nilai Insani. Padaringan : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 07(1), 14–21. https://doi.org/10.20527%0AKajian

Su’udi, A., & Hartik, A. (2022). Melestarikan Bahasa Osing yang Mulai Ditinggalkan. Kompas.Com. https://surabaya.kompas.com/read/2021/12/26/153420378/melestarikan-bahasa-osing-yang-mulai-ditinggalkan?page=all

Sukatman. (2017). Mitos Tentang Raja-raja Maya di Gua Lawa Trenggalek Pada Zaman Nusantara Purba. Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 519–542. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4921/3634

Susanti, M., Zainun, Z., Adilla, C., Chan, Z., & Baiturrahmah, U. (2024). Education On The Effects Of Gadget Use On Eye Health In Early Children. Nusantara Hasana Journal, 3(11), 62–66.

Tisnawijaya, C., & Kurniati, G. (2024). Anna Kang’s Picture Books: Inculcating Young Minds With Social-Emotional Literacy. Prosodi, 18(2), 306–317. https://doi.org/10.21107/prosodi.v18i2.26594

Umbar, K., & Saadudin, B. (2018). Kajian Lagu-lagu Using Sebagai Strategi Pelestarian Bahasa Using. Seminar Nasional Bahasa Ibu (SNBI) IX, September.

Vidiyanti, M. O., Roesmiati, D., & Komariyah, S. (2016). Penyusunan Kamus Bahasa Using 100 Lema (1). Balai Bahasa Jawa Timur.

Vivekananda, N. L. A., & Polii, E. E. V. (2025). Schwartz Value dan Perma Well-Being pada Dewasa Awal. Humanitas (Jurnal Psikologi), 8(3), 277–288. https://doi.org/10.28932/humanitas.v8i3.8866

Wedhitami, B. (2014). Upaya Perlindungan Ekspresi Budaya Tradisional Dengan Pembentukan Peraturan Daerah. Law Reform, 9(2), 32. https://doi.org/10.14710/lr.v9i2.12444

Werdiningsih, D. (2004). Potensi Sastra Anak sebagai Media Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 6.

Werdiningsih, D. (2013). Penggunaan Cerita Anak Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Litera, 2, 6.

Werdiningsih, D. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Kearifan dalam Pembelajaran BIPA Berbasis Budaya dengan Pemanfaatan TIK. Memperkokoh Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional Melalui Diplomasi Bahasa, Sastra, Dan Budaya.

Yanti, I. A. Y. S., Silviani, M., Deva, R. A., & Hasanah, N. (2024). Mengungkap Penemuan Budaya Indonesia yang Diklaim oleh Negara Lain. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1387–1396. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2613

Yuliatik, E., & R, S. P. (2014). Suku Osing. In Jurnal ISI Surakarta. https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_3422141203232733.pdf

Published

2025-07-21

How to Cite

Elvira Damayanti, Dyah Werdiningsih, & Ari Ambarwati. (2025). Nilai Budaya Using dalam Buku Cerita Anak Bergambar Terbitan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur: Perspektif Shalom H. Schwartz. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3199–3217. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6487

Issue

Section

Articles

Categories