Potensi Cerita Rakyat Berbahasa Kaili dalam Memperkaya Pemerolehan Bahasa Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5005
Keywords:
bahasa Kaili,cerita rakyat, pemerolehan bahasa IndonesiaAbstract
Kaili, koleksi Balai Bahasa Sulawesi Tengah dalam memperkaya pemerolehan Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan studi pustaka.data dan sumber data dari penelitian ini berupa Kumpulan cerita rakyat kesik yang terdapat tiga cerita rakyat didalamnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode dokumentasi dan analisis isi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis tematik dan analisis kesulitan kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi cerita rakyat koleksi Balai Bahasa Sulawesi Tengah dapat memperkaya pemerolehan Bahasa Indonesia dilihat melalui kekayaan kosakata, keunikan struktuk kalimat dan nila moran dan budaya yang terkandung dalam cerita. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mendalami penyusunan cerita rakyat berbahasa daerah yang berpotensi memperkaya pemerolehan Bahasa Indonesia pada siswa di jenjang sekolah dasar.
Downloads
References
Alwasilah, A. C. (2010). Konteks Budaya dalam Pengajaran Bahasa. Pustaka Pelajar.
Ambarwati, A. (2012). Stereotipe Karakter Perempuan Anak Dalam Cerita-Cerita Kecil-Kecil Punya Karya. Tesis tidak diterbitkan.
Ambarwati, A. (2017). Penguatan karakter membaca melalui cerpen humor untuk anak sekolah dasar. Chapter konverensi nasional 1. Malang: Unisma.
Ambarwati, A. (2015). Kajian Feminisme dalam Sastra Anak. ADOBSI Conference Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dan Dosen Melalui Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Antropologi kelas ix, diastriningrum, 2009, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Ardiansyah, M., & Fadhila, S. (2023). Cerita rakyat sebagai media pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 5-12.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Braun, V., & Clarke, V. (2020). Qualitative analysis using thematic analysis. Sage Publications.
David, dkk. Bahan ajar pendekatan dalam penelitian kaulitatif. 2017. Program studi psikologi fakultas kedokteran udayana.
Dörnyei, Z., & Ushioda, E. (2009). Motivation, Language Identity and the L2 Self. Multilingual Matters. DOI: https://doi.org/10.21832/9781847691293
Fitriyani, F. N., [et al.]. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pringsewu.
Grosjean, F. (2010). Bilingual: Life and Reality. Harvard University Press. DOI: https://doi.org/10.4159/9780674056459
Hijriyah, U. 2016. Menyimak strategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. Bandar Lampung : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan Lampung.
Koentjaraningrat. (2015). Pengantar antropologi budaya. Jakarta: PT Rineka Cipta. DOI: https://doi.org/10.7454/ai.v0i47.3271
Kridalaksana, H. (2010). Kamus linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Krippendorff, K. (2022). Content analysis: An introduction to its methodology. Sage Publications.
Laufer, B., & Nation, I. S. P. (2021). Vocabulary in a nutshell. Cambridge University Press.
Neuendorf, K. A. (2020). The content analysis guidebook. Sage Publications.
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurjaman, A., & Nadhifa, R. (2023). Pelestarian Bahasa Daerah sebagai Identitas Budaya Nasional. Jurnal Kajian Budaya Indonesia, 8(2), 45-58. DOI: https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14689
Nurlia Febrisma. (2013). Kosakata (perbendaharaan kata) dalam bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang
Prasetyo, T., [et al.]. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sleman.
Rifan, M. H., [et al.]. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gresik.
Sulistyowati, E., & Nurhayati, N. (2023). Pengembangan kemampuan berbahasa melalui cerita rakyat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 1-12.
Sutapa, I. B., Nurhayati, E., & Wahyuni, E. (2022). Cerita rakyat suku Kaili sebagai sumber budaya dan pengetahuan sosial. Jurnal Studi Sastra dan Budaya, 10(1), 1-14.
Suwarno. (2013). Nilai-nilai moral dan budaya dalam cerita rakyat sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra anak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 1-12.
Tampuyak, suparman. 2021. Kesik Kumpulan Cerita Rakyat Saluan. Sulawesi tengah: Balai Bahasa Sulawesi Tengah.
Utami, D. W. (2017). Pengaruh nilai-nilai moral dan budaya cerita rakyat terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1-12.
Walsh, J. (2006). The power of stories: Teaching through storytelling. Portland, ME: Stenhouse Publishers.
Zubir. (2009). Bahasa Indonesia dan Pemberdayaan Budaya Lokal. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial,2.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.