Makna Tanda dalam Iklan Kecantikan: Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6486
Keywords:
iklan kecantikan, makna pragmatis, semiotika PierceAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ikon dalam iklan kecantikan, bentuk indeks, simbol, dan keterkaitan tanda ikon, indeks dan symbol untuk menghasilkan makna pragmatis. Data penelitian ini adalah pernyataan verbal dan nonverbal yang menjadi tanda ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam iklan kecantikan. Sumber data penelitian ini adalah iklan produk kecantikan yang terdiri dari 20 brand produk kecantikan lokal di. Adapun teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan teknik catat dengan menerapkan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanda jenis Iklan produk kecantikan memanfaatkan ikon image dan ikon diagram secara dominan. Selain itu, tanda jenis indek yang paling menonjol pada produk kecantikan adalah indeks persona, ditandai dengan ekspresi wajah, kondisi kulit, serta gaya hidup sehat yang ditampilkan oleh model iklan. Di samping itu, tanda jenis simbol dalam iklan produk kecantikan merupakan simbol konvensional berupa nama merek, slogan, warna, dan teks mandatories memainkan peran penting dalam membentuk identitas dan nilai ideologis produk. Keterkaitan antara tanda jenis ikon, indeks, dan simbol dalam iklan produk kecantikan menghasilkan makna pragmatis yang bersifat dinamis. Penelitian ini memperkaya kajian linguistik visual dan komunikasi media dengan mengungkap makna tanda-tanda dalam iklan kecantikan melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian selanjutnya dapat membandingkan makna tanda dalam iklan lintas budaya dan platform digital serta mengintegrasikan pendekatan interdisipliner seperti teori feminis atau ekofeminisme.
Downloads
References
Afandy, A., Tang, M. R., & Mahmudah, M. (2024). Kajian Simiotika pada Iklan Layanan Masyarakat di Kabupaten Barru Teori Charles Sanders Peirce. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 2018-2028.
Alka Bintaya, C. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan Indonesia Dalam Iklan Wardah feel the beauty (analisis semiotik charles sanders pierce) (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Alontari, Y. (2017). Analisis Semiotika Iklan Susu Bebelac 3 Edisi Kucing Hilang Di Televisi (Doctoral Dissertation, Perpustakaan).
Amir, J., Saleh, M., Ilham, M., & Dalle, A. (2022). Imbauan Publik dalam Wacana Persuasi di Kota Makassar. Jurnal Sinestesia, 12(2).
Anisa, K. W. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasang Iklan Radio Mitra Fm Purwokerto (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).
Budiman, K. (2011). Semiotika visual konsep, isu dan problem ikonisitas. Jalasutra.
Danesi, M. (2010). Pengantar memahami semiotika media. Jalasutra.
Darlis, D. (2019). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce) (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).
Darwin, D., Anwar, M., & Munir, M. (2021). Paradigma strukturalisme bahasa: fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02).
Embon, D., & Suputra, I. G. K. A. (2018). Sistem simbol dalam upacara adat Toraja Rambu Solo: Kajian semiotik. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(7), 1-10.
Fitria, R. (2017). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Dalam Iklan Kampanye Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2015. MANHAJ: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 44-50.
Gani, S. (2019). Kajian teoritis struktur internal bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab , 7 (1), 1-20.
Gustina, A., Rahmawati, U., & Wulandari, S. (2020). Makna Cantik Iklan Kosmetik. Jurnal Massa, 1(1), 47-58.
Hareyah, Y. (2017). Representasi Maskulinitas pada Iklan Cetak (Analisa Semiotika Iklan Rokok Djarum Black). Communicare: Journal of Communication Studies, 4(2), 1-26.
Hoed, B.H. (2011). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Komunitas Bambu.
Hoopes, J. (2014). Peirce On Signs : writings on semiotic by Charles Sanders Peirce. UNC Press Books.
Juanda, & Azis. (2023). Dolphin Conservation in Pengelana Laut Short Story: Greg Garrard’s Ecocriticism Study. Theory and Practice in Language Studies, 13(9), 2303–2312. https://doi.org/10.17507/tpls.1309.17
Mudjiono, Y. (2011). Kajian Semiotika dalam film. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 125-138.
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotics In Research Method of Communication [Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi]. Jurnal Pekommas, 16(1), 73-82.
Nasaruddin, N. F., Tang, M. R., & Juanda, J. (2019). Simbol dalam Cerpen Corat-Coret di Toilet karya Eka Kurniawan Sebuah Telaah Semiotika Charles Sanders Peirce (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Natasari, N. (2023). Analisis Semiotika Lirik Iklan Sasa Santan: Representasi Kebahagiaan Dan Kesehatan Dalam Naratif Visual Seekor Sapi. Jurnal Stars, 2(2 November).
Noth, W. (2006). Semiotik | Handbook Of Semiotics (Advances in semiotics). Airlangga University Press.
Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo : Cakra Books
Pambudi, F. B. S. (2023). Buku ajar semiotika. Unisnu Press.
Patriansyah, M. (2014). Analisis semiotika Charles Sanders Peirce karya patung Rajudin berjudul manyeso diri. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 16(2), 239-252.
Purwandari, S. N., & Nugroho, C. (2019). Makna Cantik Pada Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Iklan Clean And Clear Versi# Iambright Movement). eProceedings of Management, 6(2).
Rejeki, D. S. (2023). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Sampo Pantene: Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce (Representation Of Women’s Beauty In Pantene Shampoo Advertisements: Semiotic Analysis Charles Sanders Peirce). Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan, 5(2), 79-92.
Rusmana, D. (2014). Filsafat Semiotika. Pustaka Setia.
Safura, S. M., & Wirawanda, Y. (2021). Analisis semiotika Peirce dalam representasi kecantikan perempuan Indonesia pada iklan pantene perfect on di situs web youtube (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sartini, N. W. (2007). Tinjauan teoritik tentang semiotik. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 20(1), 1-10.
Suherdiana, D. (2008). Konsep Dasar Semiotika dalam Komunikasi Massa menurut Charles Sanders Pierce. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(12), 371-407.
Sukanda, U. F., & Riando, R. (2019). Makna Logo Pt. Eigerindo Multi Produk Industri (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 68-76.
Sobur, A. (2018). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Talani, N. S., Kamuli, S., & Juniarti, G. (2023). Problem tafsir semiotika dalam kajian media dan komunikasi: Sebuah tinjauan kritis. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 9(1), 103-116.
Tamsiruddin, T., & Juanda, J. (2023). Peran Media Sosial dalam Pemerolehan Bahasa Remaja (Studi Kasus di UPTD SMP Negeri 1 Parepare, Sulawesi Selatan). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(1), 142-152.
Utari, M. D. N., & Hikmah, A. I. S. (2024). Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Kahf Edisi Life is a Journey# JalanYangKupilih (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(1), 112-124.
Vera, N. (2015). Semiotika dalam riset komunikasi. Ghalia Indonesia.
Weny, W., Nugroho, N., Anggraini, D., Sofian, S., & Erwin, E. (2019). Analisis Pelaksanaan Pelatihan Dan Pendidikan Pada PT. Bimasakti Mahawira Medan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Wijayani, Q. N. (2024). Representasi Kecantikan Wanita dalam Iklan Video Wardah Brave Beauties# BergerakHidupkanHarapan. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 8(1), 1-21.
Winarni, R. W. (2010). Representasi kecantikan perempuan dalam iklan. Deiksis, 2(02), 134-152.
Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks dan Simbol) dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 29-41.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Alif Jaya, Johar Amir, Juanda Juanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.