Kesantunan Berbahasa: Studi pada Pembelajaran Daring

  • Merri Silvia Basri Universitas Riau
  • Hilma Safitri Universitas Pamulang
  • M. Nur Hakim
Keywords: Kesantunan berbahasa, tindak tutur, pembelajaran daring

Abstract

Kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting untuk diterapkan dalam lingkungan belajar. Kesantunan tidak hanya dilakukan ketika proses pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka, teapi juga dapat dilakukan secara daring. Hal ini agar peserta tutur bisa saling menerima dan memahami dari maksud yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa mahasiswa selama melakukan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini ialah tuturan mahasiswa dan dosen selama dilakukan pembelajaran daring, baik melalui aplikasi zoom, whatsapp, maupun google classroom. Sumber data dalam penelitian ini ialah mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran daring mahasiswa dapat dikatakan santun dalam berbahasa. Terdapat 5 maksim yang termasuk pada tuturan pematuhan dan hanya maksim penghargaan dan kemufakatan yang terjadi pelanggaran dalam berbahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, I. (2014). Analisis Bahasa SMS Mahasiswa STAIN Pamekasan terhadap Dosen menurut Prinsip Kesantunan Leech. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 11(1), 53-76.
Alviah, I. (2014). Kesantunan berbahasa dalam tuturan novel Para Priyayi karya Umar Kayam. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2).
Brown, P. (2015). Politeness and language. In The International Encyclopedia of the Social and Behavioural Sciences (IESBS), (2nd ed.) (pp. 326-330). Elsevier.
Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Setiawan, B. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berdiskusi. Madah, 9(1), 45-54.
Darwis, M. (2018). Politeness Language Analysis in Teenagers Reviewed from Sociolinguistics. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 1(1), 15-22.
Fatmawati, Boeriswati, E., & Zuriyati. (2020). The Realization of Students’ Polite Rejection Speeches. Journal GEEJ: Pendidikan Bahasa Inggris, 7(1), 134-147.
Febriasari, D., & Wijayanti, W. (2018). Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 2(1).
Leech, G. N. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.
Mislikhah, S. (2020). Kesantunan berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285-296.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ningsih, Boeriswati, E, & Muliastuti, L. (2020). Language Politennes of Students and Teachers: An Etnographic Study. Journal GEEJ: Pendidikan Bahasa Inggris, 7(1), 134-147.
Wahidah, Y. L., & Wijaya, H. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa Menurut Leech pada Tuturan Berbahasa Arab Guru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta (Kajian Pragmatik). Jurnal Al Bayan, 9(1).
Published
20-05-2021
How to Cite
Merri Silvia Basri, Hilma Safitri, & M. Nur Hakim. (2021). Kesantunan Berbahasa: Studi pada Pembelajaran Daring. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 242-248. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.625
Section
Articles