Peningkatan Hasil Belajar Menulis Gagasan melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL)

  • Etik Etik Universitas Cokroaminoto Palopo
  • M. Nur Hakim Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sukmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Project Based Learning, Menulis Gagasan

Abstract

Pembelajaran  project based learning adalah model pembelajaran yang diminati oleh semua kalangan Pendidikan saat ini untuk mendukung kurikulum merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis gagasan melalui model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar menulis gagasan dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata keterlaksanaan siklus I 66, 88 % (kategori sedang) dan skor keterlaksanaan siklus II 67.88 %  (kategori tinggi), sehinggah dari siswa 34 orang semua mencapai nilai KKM dan dikatakan TUNTAS. Dapat direkomendasi bahwa kegiatan menulis cocok menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL).

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard. 2008. Learning to teach. Penerjemah: Helly prajitno & Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Compony.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Etik dkk. 2023. Meningkatkan keterampilan Menulis Puisi dengan menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada Mahasiswa PGSD Semester V Universitas Cokroaminoto Palopo. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 3 No. 4. Dapat diakses di https://dmi-journals.org/deiktis/index

Etik dkk. 2023. Etika Menulis pesan Mahasiswa terhadap Dosen melalui Aplikasi whatsapp. Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa, dan sastra, vol. 9 No. 1. Dapat diakses: https://e-journal.my.id/onoma

Goodman, Brando and Stivers, J. 2010. Project Based Learning. Education Psikology. ESPY 505.

Narsa, I.K. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesiapada materi Menulis Teks Fantasi melalui penerapan Model Pembelajaran project Based Learning. Journal of Education Action Research, Vol. 5 No. 2. Dapat diakses: https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269

N K Pebry dkk. 2021. Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 4 Number 2 pp 174-182. Dapat diakses di https://ejournal.udiksha.ac.id/index.php/JLLS

Nunan, David. 2003. Practical English Language teaching.

Suparman, S., & Herdiana, B. (2024). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNKAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI II WALENRANG. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.

Ribut. 2009. Peningkatan Kemampuan Mengembangkan Gagasan dalam Menulis Ilmiah dengan Pendekatan Kontekstual bagi Mahasiswa Jurusan Pensdidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Journal LITERA, Vol. 8 No. 1. Dapat diakses: https://journal.uny.ac.id

Published
22-07-2024
How to Cite
Etik, E., M. Nur Hakim, & Sukmawati. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Gagasan melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3352-3357. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4175
Section
Articles