Penggabungan Alam dan Dunia Fenomenal dalam Film KKN di Desa Penari Kajian Realisme Magis
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6248
Keywords:
Dunia Fenomenal, KKN di Desa Penari, Penggabungan Alam, Realisme magisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik-karakteristik realisme magis yang mengandung penggabungan alam dan dunia fenomenal yang diambil di beberapa adegan serta pembicaraan yang terdapat dalam film KKN di Desa Penari yang diproduseri oleh Manoj Punjabi. Pemikiran teori realisme magis yang dituangkan oleh Wendy B. Faris dimanfaatkan untuk penelitian ini. Penelitian kualitatif adalah penelitian ini dengan menggunakan metode analisis data deskriptif analitik. Sumber data penelitian ini adalah film KKN di Desa Penari, data spesifik yang dianalisis adalah adegan-adegan atau pembicaraan yang menggandung karakteristik realisme magis, fokus penelitian ini adalah salah dua dari karakteristik realisme magis yakni penggabungan alam dan dunia fenomenal. Film yang diambil dari kisah nyata ini laris dan fenomenal serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap dua dunia yang berjalan bersama. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa film KKN di Desa Penari mengandung dua dari lima karakteristik realisme magis yakni penggabungan alam dan dunia fenomenal di beberapa adegan yang sudah tersaji. Pada menit ke 40:58 merupakan adegan salah satu tokoh mengalami kerasukan, adegan tersebut menjadi bukti bahwa penggabungan alam terjadi. Pada menit 20:15 para mahasiswa sedang melihat sesuatu kejadian menarik tentang desa tersebut, kejadian menarik yang dialami oleh para tokoh adalah melihat batu nisan yang ditutupi oleh kain hitam, kejadian tersebut menjadi bukti bahwa dunia fenomenal terjadi pada para tokoh.
Downloads
References
Aghnia, D., & Fadhliah, N. (2021). Realisme Magis dalam Cerpen Neng Maya karya Yus R. Ismail. Lopian: Jurnal Pengetahuan Lokal, 1(2), 1–10.
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra.
Alpiansyah. (1996). Pengaruh Kegiatan KKN Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Agama Masyarakat Desa Cempaka Mulia Timur Kecamatan Cempaga Kabupaten Kota Waringin Timur. 106. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/5863/
Annisah, & Waliyudin. (2024). Unsur Realisme Magis Wendy B. Faris pada Cerpen “Pernikahan Goib” Karya ITS Zahra Chan Gacha. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5223–5229. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4360
Arwilda, D. (2022). Representasi Nilai Moral dalam Film KKN di Desa Penaro (Analisis Semiotika Roland Barthes). UIN Sumatra Utara, 2504, 1–9.
Binawati, N. W. S. (2019). Peran Mitos dalam Perkembangan Dunia Pendidikan. Jayapangus Press, 176–180.
Deborah, C. (2020). The Cambridge Companion to Shakespeare N Screen.
Faris, W. (2004). Ordinary Enchantments: Magical Realism and the Remystification of Narratuve.
Firdausy, L. R., & Dwisusilo, S. M. (2023). Realisme Magis dalam Rondontō Karya Natsume Soseki. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 12(1), 1. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.4653
Husted, M., Dowrick, A., Porter, R., Higueras, M. V., Whitmore, C., Evered, J., Kennedy, M., & Scott, S. D. (2025). Imposter Participants in Synchronous Qualitative Research : A Systematic Scoping Review. INternational Journal of Qualitative Methods, 24, 1–10. https://doi.org/10.1177/16094069251342542
Khoirunisa, H. (2024). Ekranisasi Novel “Sewu Dino” Karya Simpleman ke Bentuk Film Karya Sutradara Kimo Stamboel. Universitas Islam Sultan Agung, 8(5), 55.
Komariya, S. (2022). Keberkaitan Antar Unsur Realisme Magis Wendy B. Faris pada Novel “Wingit” Karya Sara Wijayanto. Jurnal Wicara, 1(1), 9–14.
Kurniawati, B. P., & Lestari, P. M. (2025). Kajian Sosiolinguistik : Bahasa Jawa dalam Film Pendek “ Nyawiji Migunani ” karya Paniradya Kaistimewan. Onoma, 11(3), 2638–2654.
Liani, D. R., Sutejo, S., & Novitasari, L. (2024). Analisis Realisme Magis dalam Novel Srimenanti Karya Joko Pinurbo. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 11(2), 108–117. https://doi.org/10.60155/jbs.v11i2.439
Maulinda, R. (2021). Nilai Mistis Dan Mitos Yang Terkandung Dalam Novel Kkn Di Desa Penari Karya Simpleman. Jurnal Metamorfosa, 9(1), 30–41. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i1.1316
Pamungkas, O. Y., Zulaikha, S., & Ana Khusnul Khotimah, D. (2022). Realisme Magis dalam Novel Sang Nyai 3 Karya Budi Sardjono. Kawruh : Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 4(2), 69. https://doi.org/10.32585/kawruh.v4i2.2342
Permana, R. S. M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2019). Industri film Indonesia dalam perspektif sineas Komunitas Film Sumatera Utara. ProTVF, 3(2), 185. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.23667
Pramita, N. (2022). Representasi Budaya Batak Toba dalam Film Sang Prawira. Universitas Maritim Raja Ali Haji, 1, 32.
Purba, S. A., DN, W. U. D., Hidayah, N., & Siahaan, A. (2024). Peranan Mahasiswa KKN 17 UINSU dalam Meningkatkan Mutu Desa Kelumpang Kampung, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Berbasis Agama, Pendidikan, Ekonomi, Teknologi, dan Kesehatan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1291–1300. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.5234
Qotrunada, S., Raharjo, R., & Indarti, T. (2022). Konflik Batin Tokoh Aris Pada Film Pria Karya Yudho Aditya (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Fonema: Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 193–211.
Rahmah, I., Ridlwan, & Ngatma’in. (2021). Mitos Jawa Dalam Kumpulan Cerita Kisah Tanah Jawa Karangan Mada Zidan, DKK: Kajian Realisme Magis. UMSurabaya Repository. https://repository.um-surabaya.ac.id/6807/
Riadi, R., & Mutia, I. (2023). Latar Film KKN di Desa Penari. 12.
Suparman, S. (2021). Split pada Bahasa Bugis dan Bahasa Tae. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 167-174.
Rohma, R., Chamalah, E., & Thurahmat. (2018). Nilai Moral Pada Catatan Hati Ibunda Karya Asma Nadia Dengan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI Demak Tahun Ajaran 2017. Pbsi, 6(2), 172–186.
Setyaningsih, T. W. (2023). Rekreasi Ketakutan, Sebuah Kajian Menonton Film Horor di Masa Pasca Pandemi. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 14(1), 57–72. https://doi.org/10.52290/i.v14i1.100
Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156.
Yusril Hermansya, M., Subandiyah, H., & Ahmadi, A. (2024). Realisme Magis dan Motif Mistisme dalam Novel karya Simplemen beserta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(1), 271–282.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Nanda Catur Bagaskara, Yarno, Suher

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.