Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Sastra: Tela’ah Novel Para Pencari Keadilan Karya Pipiet Senja dan Relevansinya bagi Tujuan Pendidikan Nasional
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5996
Keywords:
Pendidikan Islam, Sastra, Tujuan Pendidikan NasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalam novel “Para Pencari Keadilan” karya Pipiet Senja, 2) relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel “Para Pencari Keadilan” karya Pipiet Senja terhadap tujuan Pendidikan Nasional. Fokus penelitian ini yaitu menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel dan menganalisis relevansinya terhadap tujuan Pendidikan Nasional. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library reseach), adapun teknik pengambilan data yaitu teknik dokumenter dan analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu analisis isi menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian ini antara lain: Pertama, nilai Aqidah yang menekankan pada keyakinan akan keesaaan Tuhan. Kedua, nilai Syariah yang mencakup pada aspek ibadah, tercermin dalam novel “Para Pencari Keadilan” yang menekankan bagaimana Rumondang tetap berpegang teguh pada hukum islam. Terakhir, nilai Akhlak yang menekankan pentingnya karakter yang baik, seperti kejujuran, tanggung jawab dan peduli terhadap sesama yang tercermin dalam novel “Para Pencari Keadilan”. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel “Para Pencari Keadilan” memiliki hubungan yang erat dengan tujuan Pendidikan Nasional Indonesia. Pendidikan Nasional bertujuan untuk menciptakan individu yang beriman, berpengetahuan, berakhlak mulia, serta mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.Implikasi dalam penelitian ini yaitu dapat dijadikan acuan bagi pendidik dalam menggabungkan nilai-nilai Pendidikan Islam dalam novel kedalam kegiatan pembelajaran, serta penelitian ini dapat memperluas kajian kesusastraan Islam dengan menekankan peran karya sastra sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam menyampaikan nilai-nilai Islam.
Downloads
References
Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan Di Indonesia. Www.Melianikasim.Wordpress.Com, January, 0–19. https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h
Al-Samarrai, S. (n.d.). No TitleHow Indonesia is improving the quality of its education. https://www.weforum.org/agenda/2015/06/how-indonesia-is-improving-the-quality-of-its-education/
Blogger, B. I. (n.d.). Resensi Buku “Novel Para Pencari Keadilan.” https://buku.enggar.net/2015/10/para-pencari-keadilan/
Cresswell, J. W. (2007). Quaitative inquiry & reasearc design : Choosing among five approaches.
Haliza, F. M. and N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 3 N. https://media.neliti.com/media/publications/437985-none-80dff74f.pdf DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Idris, M. (2020). Orientasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765 DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Masyhuda, H. M. (2019). Representasi Ajaran Islam Dalam Novel I’am Sarahza Karya Hanum Salsabiela Dan Rangga Almahendra Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Aliyah. 1–19. DOI: https://doi.org/10.36567/aly.v16i1.397
Nuzulia, A. (1967). Analisis Nilai Pendidikan Islam Dan Motivasipendidikan Dalam Novel Guru Aini Karya Andreahirata. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 03(02), 5–24.
Siahaan, N. M., Lubis, P. A., Lubis, F., & Simanjuntak, E. E. (2021). Analisis Pendekatan Resepsi Sastra Terhadap Novel “Sebuah Usaha Melupakan” Karya Boy Candra. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), 1–9.
Sinaga, A. (2012). Peran sastra etnis Batak dalam mengembangkan pendidikan karakter. Jurnal Pena, 2(3), 15–30.
Tompunu, I., Sujai, M., Rohana, N., & Raji’ah, S. (2023). Pendidikan Islam dalam UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003. IQRA: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 3(2), 159–166. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqr
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Nur Alfiyyah Salam, Besse Marjani Alwi, Rahmiati Rahmiati, Mardhiah Mardhiah, Muchlisah Muchlisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.