Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Sastra: Tela’ah Novel Para Pencari Keadilan Karya Pipiet Senja dan Relevansinya bagi Tujuan Pendidikan Nasional

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5996

Authors

  • Nur Alfiyyah Salam Uversitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Besse Marjani Alwi Uversitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rahmiati Rahmiati Uversitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Mardhiah Mardhiah Uversitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muchlisah Muchlisah Uversitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Keywords:

Pendidikan Islam, Sastra, Tujuan Pendidikan Nasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalam novel “Para Pencari Keadilan” karya Pipiet Senja, 2) relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Novel “Para Pencari Keadilan” karya Pipiet Senja terhadap tujuan Pendidikan Nasional. Fokus penelitian ini yaitu menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel dan menganalisis relevansinya terhadap tujuan Pendidikan Nasional.  Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library reseach), adapun teknik pengambilan data yaitu teknik dokumenter dan analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu analisis isi menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian ini antara lain: Pertama, nilai Aqidah yang menekankan pada keyakinan akan keesaaan Tuhan. Kedua, nilai Syariah yang mencakup pada aspek ibadah, tercermin dalam novel “Para Pencari Keadilan” yang menekankan bagaimana Rumondang tetap berpegang teguh pada hukum islam. Terakhir, nilai Akhlak yang menekankan pentingnya karakter yang baik, seperti kejujuran, tanggung jawab dan peduli terhadap sesama yang tercermin dalam novel “Para Pencari Keadilan”.  Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel “Para Pencari Keadilan” memiliki hubungan yang erat dengan tujuan Pendidikan Nasional Indonesia. Pendidikan Nasional bertujuan untuk menciptakan individu yang beriman, berpengetahuan, berakhlak mulia, serta mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.Implikasi dalam penelitian ini yaitu dapat dijadikan acuan bagi pendidik dalam menggabungkan nilai-nilai Pendidikan Islam dalam novel kedalam kegiatan pembelajaran, serta penelitian ini dapat memperluas kajian kesusastraan Islam dengan menekankan peran karya sastra sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam menyampaikan nilai-nilai Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan Di Indonesia. Www.Melianikasim.Wordpress.Com, January, 0–19. https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/9xs4h

Al-Samarrai, S. (n.d.). No TitleHow Indonesia is improving the quality of its education. https://www.weforum.org/agenda/2015/06/how-indonesia-is-improving-the-quality-of-its-education/

Blogger, B. I. (n.d.). Resensi Buku “Novel Para Pencari Keadilan.” https://buku.enggar.net/2015/10/para-pencari-keadilan/

Cresswell, J. W. (2007). Quaitative inquiry & reasearc design : Choosing among five approaches.

Haliza, F. M. and N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 3 N. https://media.neliti.com/media/publications/437985-none-80dff74f.pdf DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Idris, M. (2020). Orientasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765 DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Masyhuda, H. M. (2019). Representasi Ajaran Islam Dalam Novel I’am Sarahza Karya Hanum Salsabiela Dan Rangga Almahendra Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Aliyah. 1–19. DOI: https://doi.org/10.36567/aly.v16i1.397

Nuzulia, A. (1967). Analisis Nilai Pendidikan Islam Dan Motivasipendidikan Dalam Novel Guru Aini Karya Andreahirata. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 03(02), 5–24.

Siahaan, N. M., Lubis, P. A., Lubis, F., & Simanjuntak, E. E. (2021). Analisis Pendekatan Resepsi Sastra Terhadap Novel “Sebuah Usaha Melupakan” Karya Boy Candra. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), 1–9.

Sinaga, A. (2012). Peran sastra etnis Batak dalam mengembangkan pendidikan karakter. Jurnal Pena, 2(3), 15–30.

Tompunu, I., Sujai, M., Rohana, N., & Raji’ah, S. (2023). Pendidikan Islam dalam UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003. IQRA: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 3(2), 159–166. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqr

Published

2025-08-05

How to Cite

Nur Alfiyyah Salam, Besse Marjani Alwi, Rahmiati, R., Mardhiah, M., & Muchlisah, M. (2025). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Sastra: Tela’ah Novel Para Pencari Keadilan Karya Pipiet Senja dan Relevansinya bagi Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3502–3513. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5996

Issue

Section

Articles

Categories