Nilai Sosial dalam Syair Karambangan Suku Pamona Ciptaan Nardi Banggai
Abstract
Suku Pamona adalah suku yang memiliki berbagai macam budaya dan kesenian yang diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur mereka. Salah satu kesenian yang masih bisa kita dapatkan hingga saat ini adalah syair karambangan yang di dalamnya memuat nilai-nilai kehidupan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah nilai sosial yang terdapat dalam syair karambangan Suku Pamona ciptaan Nardi Banggai. Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam syair karambangan suku pamona ciptaan Nardi Banggai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini berupa syair karambangan yang diperoleh melalui narasumber langsung. Penelitian ini dilaksanakan di Pamona Selatan, Kabupaten Poso. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini metemukan bahwa syair karambangan Suku Pamona memiliki nilai-nilai sosial seperti: Nilai kasih sayang, Nilai tanggung jawab, dan Nilai keserasian hidup. Nilai kasih sayang terdiri atas Nilai pengabdian, Nilai menolong, Nilai kesetiaan, dan Nilai kepedulian. Nilai tanggung jawab terdiri atas nilai rasa memiliki, nilai disiplin, dan nilai empati. Nilai keserasian hidup terdiri atas nilai keadilan, nilai toleransi, nilai kerja sama, dan nilai demokrasi . Nilai-nilai sosial tersebut dapat kita lihat pada Suku Pamona dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Andriani, D. (2024). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Annisa, K., Nasution, I., & Marsella, E. (2024). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari: Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13949-13960.
Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22.
Biat, IT (2017). Nilai Budaya Puisi Lego-Lego di Desa Alor Besar. Jurnal Pendidikan , 2 (1), 8-8.
Cahyo, A. A. R., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Unsur Kebudayaan dalam Novel Misteri Pantai Mutiara Karya Erlita Pratiwi dan Implikasinya Terhadap Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 64-76.
Harimulyo, MS, Prasetiya, B., & Muhammad, DH (2021). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Risalatul Mu'awanah dan Relevansinya. Jurnal Penelitian IPTEKS , 6 (1), 72-89.
Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 26-41.
Manshur, F. M. (2012). Teori Sastra Marxis Dan Aplikasinya Pada Penelitian Karya Sastra Arab Modern. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 40(1).
Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 159-178.
Mawarni, H., & Ubaidullah, N. F. N. (2019). Nilai pendidikan dalam sastra lisan lawas (puisi rakyat) masyarakat Sumbawa dan potensinya sebagai materi ajar di sekolah. Mabasan, 13(2), 231-246.
Moleong, L J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed. Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzaki, M., Nuryanto, T., & Uswati, T. S. (2023). Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Rahasia Hujan Karya Adham T. Fushama dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran Novel di SMA Kelas XI. Deiksis, 15(1), 90-105.
Nurgiantoro, B. (2018). Stilistika. UGM PRESS.
Nurhaliza, W. O. S., & Suciati, T. N. (2019). Tret Sosial Budaya Masyarakat Suku Bajo Sampela di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(2), 341-356., 8(2), 23-34.
Putri, T. S., Yulianeta, Y., & Agustiningsih, D. D. (2020). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye Dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Siswa Sma. Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(01).
Sari, D. J. (2015). Nilai Budaya Dalam Film Korea The Moon That Embraces The Sun (Kajian Ekstrinsik Sulih Suara) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Sari, H. (2017). Kajian Nilai-Nilai pada Teks Ma’parapa dalam Prosesi Rampanan Kapa’Di Toraja Utara (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54-71.
Soelaeman, M. (2010). Ilmu Budaya Dasar. Bandung: PT Refika Aditama.
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137-166.
Sukirman, S. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.
Wahyudin, I., & Santoso, G. (2023). Pemahaman Mendalam Dalam Toleransi Keberagaman Nilai Untuk Menciptakan Masyarakat Yang Harmonis Dan Inklusif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 491-505.
Yunus, R. (2013). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1), 67-79.
Zubaedi.2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Copyright (c) 2024 Yunidar Yunidar, Khairunnisa Bakari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.