Nilai Sosial dalam Syair Karambangan Suku Pamona Ciptaan Nardi Banggai

  • Yunidar Yunidar Universitas Tadulako
  • Khairunnisa Bakari Universitas Tadulako
Keywords: nilai sosial, syair karambangan, suku pamona

Abstract

Suku Pamona adalah suku yang memiliki berbagai macam budaya dan kesenian yang diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur mereka. Salah satu kesenian yang masih bisa kita dapatkan hingga saat ini adalah syair karambangan yang di dalamnya memuat nilai-nilai kehidupan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah nilai sosial yang terdapat dalam syair karambangan Suku Pamona ciptaan Nardi Banggai. Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat dalam syair karambangan suku pamona ciptaan Nardi Banggai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini berupa syair karambangan yang diperoleh melalui narasumber langsung. Penelitian ini dilaksanakan di Pamona Selatan, Kabupaten Poso. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.  Hasil penelitian ini metemukan bahwa syair karambangan Suku Pamona memiliki nilai-nilai sosial seperti: Nilai kasih sayang, Nilai tanggung jawab, dan Nilai keserasian hidup. Nilai kasih sayang terdiri atas Nilai pengabdian, Nilai menolong, Nilai kesetiaan, dan Nilai kepedulian. Nilai tanggung jawab terdiri atas nilai rasa memiliki, nilai disiplin, dan nilai empati. Nilai keserasian hidup terdiri atas nilai keadilan, nilai toleransi, nilai kerja sama, dan nilai demokrasi . Nilai-nilai sosial tersebut dapat kita lihat pada Suku Pamona dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, A., Muhammad, D., & Tenriana, N. (2022). Representasi Nilai Sosial Dan Nilai Moral Dalam Novel Piano Kotak Kaca Karya Agnes Jessica. Jurnal Bilingual, 12(2), 140-145.
Andriani, D. (2024). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Annisa, K., Nasution, I., & Marsella, E. (2024). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari: Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13949-13960.
Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22.
Biat, IT (2017). Nilai Budaya Puisi Lego-Lego di Desa Alor Besar. Jurnal Pendidikan , 2 (1), 8-8.
Cahyo, A. A. R., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Unsur Kebudayaan dalam Novel Misteri Pantai Mutiara Karya Erlita Pratiwi dan Implikasinya Terhadap Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 64-76.
Harimulyo, MS, Prasetiya, B., & Muhammad, DH (2021). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Risalatul Mu'awanah dan Relevansinya. Jurnal Penelitian IPTEKS , 6 (1), 72-89.
Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 6(1), 26-41.
Manshur, F. M. (2012). Teori Sastra Marxis Dan Aplikasinya Pada Penelitian Karya Sastra Arab Modern. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 40(1).
Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 159-178.
Mawarni, H., & Ubaidullah, N. F. N. (2019). Nilai pendidikan dalam sastra lisan lawas (puisi rakyat) masyarakat Sumbawa dan potensinya sebagai materi ajar di sekolah. Mabasan, 13(2), 231-246.
Moleong, L J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed. Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzaki, M., Nuryanto, T., & Uswati, T. S. (2023). Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Rahasia Hujan Karya Adham T. Fushama dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran Novel di SMA Kelas XI. Deiksis, 15(1), 90-105.
Nurgiantoro, B. (2018). Stilistika. UGM PRESS.
Nurhaliza, W. O. S., & Suciati, T. N. (2019). Tret Sosial Budaya Masyarakat Suku Bajo Sampela di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(2), 341-356., 8(2), 23-34.
Putri, T. S., Yulianeta, Y., & Agustiningsih, D. D. (2020). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye Dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Siswa Sma. Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(01).
Sari, D. J. (2015). Nilai Budaya Dalam Film Korea The Moon That Embraces The Sun (Kajian Ekstrinsik Sulih Suara) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Sari, H. (2017). Kajian Nilai-Nilai pada Teks Ma’parapa dalam Prosesi Rampanan Kapa’Di Toraja Utara (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54-71.
Soelaeman, M. (2010). Ilmu Budaya Dasar. Bandung: PT Refika Aditama.
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137-166.
Sukirman, S. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.
Wahyudin, I., & Santoso, G. (2023). Pemahaman Mendalam Dalam Toleransi Keberagaman Nilai Untuk Menciptakan Masyarakat Yang Harmonis Dan Inklusif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 491-505.
Yunus, R. (2013). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1), 67-79.
Zubaedi.2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
02-09-2024
How to Cite
Yunidar, Y., & Khairunnisa Bakari. (2024). Nilai Sosial dalam Syair Karambangan Suku Pamona Ciptaan Nardi Banggai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3741-3754. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4466
Section
Articles