Ekspresi Emosi Tokoh Utama pada Novel Pupus-pupus Godhong kang Suwek Karya Tulus S: Kajian Psikososial David Krech
Abstract
Perjodohan dan pergaulan bebas masih menjadi fenomenal yang marak di kalangan remaja, seperti halnya tokoh dalam novel Pupus-pupus Godhong kang Suwek. Perjodohan dan pergaulan bebas dapat mempengaruhi psikologi seseorang seperti ekspresi emosi yang berubah-ubah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ekspresi emosi tokoh utama serta faktor penyebab munculnya emosi tokoh utama dalam novel Pupus-pupus Godhong kang Suwek karya Tulus Setiyadi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Psikologi Sosial David Krech. Sumber data penelitian ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Data yang diambil berupa teks dialog yang menunjukkan ekspresi emosi dan faktor penyebab pada novel Pupus-pupus Godhong kang Suwek. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan catat. Teknik analisis data merujuk pada analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa emosi pada tokoh utama dalam novel Pupus-pupus Godhong kang Suwek yang dikaji menggunakan teori psikososial David Krech ditemukan 9 sub-klasifikasi yang meliputi; marah, senang, takut, sedih, sakit, kenikmatan, bersalah dan menyesal, cinta, dan benci. Faktor utama munculnya berbagai macam emosi pada tokoh Dyah disebabkan oleh kecemasan, ketakutan, dan kesedihan yang berlebihan dari dalam diri serta pengaruh perkataan dan sikap orang lain.
Downloads
References
Amalia, P. R., Qodri, M. S., & Khairussibyan, M. (2022). Klasifikasi Emosi Tokoh Utama dalam Novel 00.00 Karya Ameylia Falensia: Kajian Psikologi David Krech. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1678–1683. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.830
Ariespa, R. P., Septia, E., & Armet. (2023). Klasifikasi Emosi Tokoh Utama dalam Novel Lintang Gumebyar Karya Indarpati. ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(1), 90–100. https://doi.org/10.58218/alinea.v3i1.446
SOLO, R., & TORAJA, M. T. (2023). Universitas Cokroaminoto Palopo, suparman@ uncp. ac. id. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).
Cahyanti, A. D., & Purnomo, S. H. (2023). Biseksual dalam Kehidupan Keluarga Priayi Jawa: Analisis Semiotika Sinema Kethoprak “Selingkuhan Candhik Ayu.” Jurnal Ilmiah Fonema: Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6, 158–177.
Hasniyati. (2018). Eksistensi Tokoh Ayah Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata Dan Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye. Jurnal Master Bahasa, 6(3), 226–238.
Hutasoit, T. M., Sirait, P. A., & Harahap, S. (2021). Hubungan Imajinasi Dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 2(3), 100. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26274
Krech, D., Crutchfield, R. S., & Norman, L. (1969). Element of Psychology (A. A. Knopf (ed.); second).
Lemer, J. S. (2001). Fear , Anger , and Risk. Journal of Personality and Social Psychology, 81(1), 146–159.
Marisa, D. (2019). Klasifikasi Emosional dalam Ungkapan Bahasa Indonesia yang Menggunakan Kata Hati. Jurnal Linguistik, 1(1), 1689–1699. https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_Antologi_Ind/article/download/510/387
Martin, M., & Rahman, M. A. (2023). Emosi Tokoh Utama Dalam Novel Segala Yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma. Inovasi Pendidikan, 10(1), 29–41. https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4459
Mulatsari, A. H., & Pamungkas, O. Y. (2023). Klasifikasi Emosi Tokoh Utama dalam Novel Hai, Luka Karya Mezty Mez: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 2(2), 162–173.
Nugraha, M. S. A., & Widagdo, S. (2023). Analisis Novel Wong Njaba sebuah Kajian Psikoanalisis Ilmu Kebahagiaan Ki Ageng Suryometaram pada Tokoh Mersault. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 84–89.
Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335.
Nurgiyantoro, B. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Nurtifani, F. D., & Sucipto, M. A. B. (2022). Dampak Pernikahan Dini AKibat Seks Bebas yang Terjadi di Kalangan Remaja. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 251–256.
Purwahida, R., & Shabrina, R. (2020). Kategorisasi Emosi Tokoh Utama “Nicky” Dalam Winter Dreams Karya Maggie Tiojakin: Kajian Psikologi Sastra. Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 7(1), 920–939.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Safitri, F. N., Suntoko, & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Kejiwaan Tokoh Nuning dalam Naskah Drama Nuning Bacok Karya Andy Sri Wahyudi (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 650–662. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1353
Setiyadi, T. (2018). Pupus-pupus Godhong kang Suwek. CV. Pustaka Ilalang Group.
Solikhah, L., & Hanurawan, F. (2021). Komitmen Pernikahan dan Perjodohan Perempuan Usia Dewasa Tengah. Flourishing Journal, 1(3), 187–195. https://doi.org/10.17977/um070v1i32021p187-195
Sternberg, R. J. (1986). A triangular Theory of Love. Psychological Review, 93(2), 119–135. https://doi.org/10.4324/9780203311851
Utami, W. H., Sofiyanti, I., Apriani, T. A., Sartika, D. A., Yulia, Triyani, I., Eken, Y. S., Kasila, C., Lalo, Y. S., Fadilah, N., & Novita, R. T. (2021). Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja. Universitas Ngudi Waluyo, 29–42. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/semnasbidan/article/download/1336/886/4508
Copyright (c) 2024 Kharisma Ajeng Pratiwi, Rahma Ari Widihastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.