Teknik Penciptaan dan Fungsi Humor Bahasa Jawa Ngapak pada Akun Tiktok @nanalbaliklagi, @rofiqkompak1, dan @raflychaniag0

  • Aisa Ahdanisa Universitas Negeri Semarang
  • Nur Fateah Universitas Negeri Semarang
Keywords: humor, bahasa Jawa ngapak, tiktok

Abstract

Humor merupakan suatu sarana penghibur diri yang digunakan seseorang ketika merasa penat setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Humor bahasa Jawa ngapak saat ini banyak digunakan pada media sosial tiktok. Selain aksesnya yang mudah, pembawaan bahasa ngapak dan nada bicara konten kreator yang unik membuat humor bahasa Jawa ngapak pada media sosial tiktok banyak diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik penciptaan humor bahasa Jawa ngapak kategori language dan fungsi humor bahasa Jawa ngapak pada akun tiktok @nanalbaliklagi, @rofiqkompak1, dan akun tiktok @raflychaniag0. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Data dalam penelitian ini berupa tuturan lisan dari beberapa konten tiktok dari akun tersebut. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data untuk menentukan data yang relevan, kemudian melakukan penyajian data untuk menggambarkan hasil dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan teknik penciptaan humor dari akun tiktok yang dikaji terdiri atas: allusion, bombast, definition, exaggeration, infantilism, insults, irony, misunderstanding, repartee, dan sarcasm. Fungsi humor yang terdapat pada konten tiktok yang dikaji terdiri atas: fungsi memahami, fungsi mempengaruhi, dan fungsi menghibur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achsani, F. (2020). Bahasa Humor Dalam Acara Bocah Ngapa(K) Ya Trans 7. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 5(2), 165–179. https://doi.org/10.47269/gb.v5i2.83

Agisna, M., & Mahadian, A. B. (2022). Analisis Humor Dalam Konten Tiktok @fadlanholao. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.30596/interaksi.v6i1.7536

Alfiansyah, D. W., & Parmin, M. (2021). Bentuk Humor Dan Fungsi Pendidikan Dalam Kumpulan Cerpen Republik Rakyat Lucu Karya Eko Triono. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 8(06), 7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/42478

Amaliah, D. N., & Mulyana. (2021). Humor Bahasa Jawa Dialek Tegal dalam Guyonan Ngapak Tegal. Widyaparwa, 49(2), 242–255.

Asyura, D. (2014). Makna dan Fungsi Humor dalam Kumpulan Cerita Abu Nawas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 1–15. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5410/5597

Berger, A. A. (2017). An Anatomy of Humor. Routledge is an imprint of the Taylor & Francis Group: Transaction Publishers.

Dimas. (2023). Bahasa PAKSEL ala Gen Z Purwokerto. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/komentar/-6053/658fde14de948f0cff378f22/bahasa-paksel-ala-gen-z-purwokerto

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Irawan, M. M. (2022). BAHASA HUMOR GILANG DURHAKA STAND UP COMEDY INDONESIA SEASON 9 KOMPAS TV. Repository Unisma.

Makrifah, S., & Fateah, N. (2020). Istilah-Istilah Sesaji Ritual Sedekah Gunung Merapi di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali (Kajian Etnolinguistik). Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 7(2), 8–14. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v7i2.36667

Pawestri, A. G. (2020). Membangun Identitas Budaya Banyumasan melalui Dialek Ngapak di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 19(2), 245–254.

Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.

Rizky Amartha, M., & Anwar, F. (2023). Strategi Kreatif Membuat Konten Media Sosial TikTok Yang Diminati Remaja. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 259–270.

Samir, I., Azis, A., & Usman, U. (2021). Ungkapan Humor Dalam Video Dokumentasi Pembelajaran Di Media Sosial. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.22886

Suárez-álvarez, R., & Pastor-Rodríguez, A. (2023). Influencer advertising on TikTok: advert formats and illicit product advertising. A study involving Germany, France, Spain and Italy. Communication and Society, 36(3), 175–191. https://doi.org/10.15581/003.36.3.175-191

Sujoko. (1982). Perilaku Manusia dalam Humor. Jakarta: Karya Pustaka.

Taufiq, A. M., Anshari, & Ramly. (2018). A study of humor in bone regency: A socio-pragmatic review. Journal of Language Teaching and Research, 9(1), 141–146. https://doi.org/10.17507/jltr.0901.18

Utami, I. I. (2018). Strategi Humor Pada Acara Stand Up Comedy. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(2), 219. https://doi.org/10.14421/ajbs.2018.02204

Wibisono, S. (2020). Teknik Dan Strategi Penciptaan Humor Komedian Jawa Dalam “Basiyo-Nartosabdho Besanan.” Widyaparwa, 48(1), 28–40. https://doi.org/10.26499/wdprw.v48i1.509

Williamson, D. A. (2020). TikTok Users Around the World 2020 eMarketer Forecasts and Other Essential Stats. Emarketer. https://www.emarketer.com/content/tiktok-users-around-world-2020

Yusuf, M., Mono, U., & Humaizi. (2023). COVID-19 in Humor: Verbal Humor Construction in Indonesian Stand-Up Comedian Performances. Theory and Practice in Language Studies, 13(3), 789–795. https://doi.org/10.17507/tpls.1303.29

Published
25-08-2024
How to Cite
Aisa Ahdanisa, & Nur Fateah. (2024). Teknik Penciptaan dan Fungsi Humor Bahasa Jawa Ngapak pada Akun Tiktok @nanalbaliklagi, @rofiqkompak1, dan @raflychaniag0. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3590-3607. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4252
Section
Articles