Prinsip Kesantunan dalam Drama Cyrano De Bergerac Karya Edmond Rostand serta Implementasinya pada Pengajaran dan Pembelajaran Pragmatique

  • Hesty Seftia Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yuliarti Mutiarsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rika Widawati Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Prinsip Kesantunan Leech, Cyrano de Bergerac, Maksim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk dan fungsi pematuhan prinsip kesantunan Leech dalam naskah drama Cyrano de Bergerac karya Edmond Rostand, serta (2) implementasi hasil penelitian kajian pematuhan dan fungsi prinsip kesantunan yang terdapat dalam naskah drama Cyrano de Bergerac karya Edmond Rostand dalam pengajaan dan pembelajaran Pragmatique. Prinsip kesantunan Leech terdiri dari maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif di mana artinya penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data hasil penelitiannya disajikan dengan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Data penelitian ini adalah penggalan tuturan dari para tokoh dalam naskah drama tersebut yang mengandung pematuhan prinsip kesantunan dari Leech. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 49 data pematuhan prinsip kesantunan Leech dalam naskah drama Cyrano de Bergerac, terbagi menjadi 8 pematuhan maksim kebijaksanaan, 11 pematuhan maksim kedermawanan, 13 pematuhan maksim pujian, 2 maksim kerendahan hati, 12 maksim kesepakatan, dan 3 maksim kesimpatian. Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan dalam pengajaran dan pembelajaran Pragmatique bagi pengajar dan pembelajar bahasa Prancis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eshreteh, M. K., & Badran, H. (2020). The Application of Leech’s Politeness Maxims in Shakespeare’s The Merchant of Venice. Indonesian Journal of English Language Studies (IJELS) 6, no. 2, 59-75. https://doi.org/10.24071/ijels.v6i2.1091

Isosävi, J. (2020). Cultural outsiders’ evaluations of (im)politeness in Finland and in France. Journal of Politeness Research 16, no. 2, 249-280. https://doi.org/10.1515/pr-2017-0051

Kalekezi, A. A. (2022). La connotation affective dans L’enfant noir de Camara Laye. Annales de l'UNIGOM 12, no. 2, 122-136.

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., . . . Romandhana, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Mojokerto: Insight Mediatama.

Mutiarsih, Y., Ghaisani, S., & Sopiawati, I. (2024). Pragmatic analysis of the humorous speech in the comic Les Aventures de Tintin: Le Trésor de Rackham le Rouge. Proceedings of the 7th International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2023), 546-553. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-376-4_73

Ramadhan, D., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Diskusi pada Acara Indonesia Lawyers Club di TV One. Wacana: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 132-142. https://doi.org/10.33369/jwacana.v18i2.14848

Rostand, E. (2015, 05). Libre Théâtre. Diakses pada 7 Juni, 2024, dari https://libretheatre.fr/wp-content/uploads/2016/05/cyrano_de_bergerac_Rostand_LT.pdf

Sutrisna, D. (2021). Peran Pragmatik dalam Pembentukan Karakter Kesantunan Berbahasa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3(3), 373-378.

Zulfirman, R. (2022). Implementation of Outdoor Learning Methods in Improving Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Subjects at MAN 1 Medan. Edumaniora: Jurnal Pendidikan dan Humaniora 1, no. 02, 84-89. https://doi.org/10.54209/edumaniora.v1i02.28

Published
08-09-2024
How to Cite
Hesty Seftia Anggraeni, Yuliarti Mutiarsih, & Rika Widawati. (2024). Prinsip Kesantunan dalam Drama Cyrano De Bergerac Karya Edmond Rostand serta Implementasinya pada Pengajaran dan Pembelajaran Pragmatique. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3774-3784. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4225
Section
Articles