Analisis Gaya Bahasa Iklan Minuman dan Makanan Edisi Ramadan 2024

  • Firly Nurdina Universitas Nasional
  • Tadjudin Nur Universitas Nasional Jakarta
  • Arju Susanto Universitas Nasional Jakarta
Keywords: iklan, gaya bahasa, ramadan

Abstract

Penggunaan bahasa yang kreatif dan menarik untuk menunjukkan kekhasan suatu produk dalam iklan dapat disebut sebagai gaya bahasa pada iklan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan pada slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data yang diteliti berupa bahasa tulisan slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024 yang diambil dari Youtube. Analisis data menggunakan teori gaya bahasa Tarigan yang mengklasifikasi 4 gaya bahasa, yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan gaya bahasa repetisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024 paling banyak menggunakan gaya bahasa perulangan. Paling banyak kedua yaitu gaya bahasa perbandingan, kemudian diikuti dengan gaya bahasa pertentangan dan gaya bahasa pertautan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kalimat pada slogan iklan yang menggunakan gaya bahasa terlihat lebih menarik dibandingkan dengan slogan iklan yang tidak menggunakan gaya bahasa. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat sebagai sumber acuan penelitian selanjutnya dan membantu dalam pelaksanaan penelitian gaya bahasa, terutama gaya bahasa pada iklan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arman, Nurjannah, & Masri, A. F. (2023). Analisis Gaya Bahasa dalam Iklan Komersil di Kendari. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3641

Bria, G. K. & Ridwan, Agus. (2023). Intonasi Kalimat Tanya pada Iklan Edeka. Jurnal Unesa Identitat, 12(2), https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/55890

Dewanti, N. P., & Assidik, G. K. (2024). Representasi Makna Semantik pada Iklan Minuman di Media Sosial. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3215

Gusti Mahdiya, S., & Pulungan, R. (2023). Penggunaan Majas Hiperbola pada Iklan Produk Milna Makanan Bayi di Televisi. Education & Learning, 3(1), https://doi.org/10.57251/el.v3i1.424

Hapsari, E. D. (2022). Analisis Gaya Bahasa Iklan pada Karya Infografis Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Sinestesia, 12(1), https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/157

Inderasari, E., Hapsari, D. A., Rosita, F. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Bijak Bersosial Media di Radio Kota Surakarta. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893

Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noviyanti, S., Ansoriyah, S., & Tajuddin, S. (2023). Peran Gaya Bahasa dalam Membangun Wacana pada Novel Rasa Karya Tere Liye: Kajian Stilistika. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2993

Nurjanah, R. A., Saptomo, S. W., & Pardyatmoko. (2024). Menguatkan Pemahaman Stilistika Melalui Gaya Bahasa Slogan Iklan Kopi di Media Elektronik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(2), https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3607

Sinaga, A. Y. (2022). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/214

Sitorus, L., Rambe, O. R., Samosir, N. D., Simanjuntak, Y. E. B., Lubis, M., & Siregar, M. W. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk pada Iklan Minuman You C Vitamin 1000 di Youtube. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/398

Suhandang, K. (2010). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa Cendekia.

Published
04-07-2024
How to Cite
Firly Nurdina, Tadjudin Nur, & Arju Susanto. (2024). Analisis Gaya Bahasa Iklan Minuman dan Makanan Edisi Ramadan 2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3074-3084. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4083
Section
Articles