Analisis Gaya Bahasa Iklan Minuman dan Makanan Edisi Ramadan 2024
Abstract
Penggunaan bahasa yang kreatif dan menarik untuk menunjukkan kekhasan suatu produk dalam iklan dapat disebut sebagai gaya bahasa pada iklan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan pada slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data yang diteliti berupa bahasa tulisan slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024 yang diambil dari Youtube. Analisis data menggunakan teori gaya bahasa Tarigan yang mengklasifikasi 4 gaya bahasa, yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan gaya bahasa repetisi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa slogan iklan minuman dan makanan edisi Ramadan 2024 paling banyak menggunakan gaya bahasa perulangan. Paling banyak kedua yaitu gaya bahasa perbandingan, kemudian diikuti dengan gaya bahasa pertentangan dan gaya bahasa pertautan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kalimat pada slogan iklan yang menggunakan gaya bahasa terlihat lebih menarik dibandingkan dengan slogan iklan yang tidak menggunakan gaya bahasa. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat sebagai sumber acuan penelitian selanjutnya dan membantu dalam pelaksanaan penelitian gaya bahasa, terutama gaya bahasa pada iklan.
Downloads
References
Arman, Nurjannah, & Masri, A. F. (2023). Analisis Gaya Bahasa dalam Iklan Komersil di Kendari. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3641
Bria, G. K. & Ridwan, Agus. (2023). Intonasi Kalimat Tanya pada Iklan Edeka. Jurnal Unesa Identitat, 12(2), https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/55890
Dewanti, N. P., & Assidik, G. K. (2024). Representasi Makna Semantik pada Iklan Minuman di Media Sosial. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3215
Gusti Mahdiya, S., & Pulungan, R. (2023). Penggunaan Majas Hiperbola pada Iklan Produk Milna Makanan Bayi di Televisi. Education & Learning, 3(1), https://doi.org/10.57251/el.v3i1.424
Hapsari, E. D. (2022). Analisis Gaya Bahasa Iklan pada Karya Infografis Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Sinestesia, 12(1), https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/157
Inderasari, E., Hapsari, D. A., Rosita, F. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Bijak Bersosial Media di Radio Kota Surakarta. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893
Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noviyanti, S., Ansoriyah, S., & Tajuddin, S. (2023). Peran Gaya Bahasa dalam Membangun Wacana pada Novel Rasa Karya Tere Liye: Kajian Stilistika. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2993
Nurjanah, R. A., Saptomo, S. W., & Pardyatmoko. (2024). Menguatkan Pemahaman Stilistika Melalui Gaya Bahasa Slogan Iklan Kopi di Media Elektronik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(2), https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3607
Sinaga, A. Y. (2022). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/214
Sitorus, L., Rambe, O. R., Samosir, N. D., Simanjuntak, Y. E. B., Lubis, M., & Siregar, M. W. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Van Dijk pada Iklan Minuman You C Vitamin 1000 di Youtube. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/398
Suhandang, K. (2010). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa Cendekia.
Copyright (c) 2024 Firly Nurdina, Tadjudin Nur , Arju Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.