Kesantunan Berbahasa pada Pesan Singkat Grup Whatsapp Mahasiswa PBSI Unkhair sebagai Media Komunikasi Daring: Teori Kesantunan Leech (Pendekatan Pragmatik)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bentuk pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dan penyimpangan/pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat pada pesan grup WhatsApp Mahasiswa PBSI sebagai media komunikasi daring berdasarkan teori Leech. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa pesan singkat pada grup whatsapp dengan data berupa tuturan-tuturan dalam pesan whatsapp yang menunjukkan pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi dengan langkah-langkah analisis data yaitu; (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan singkat grup whatsapp mahasiswa PBSI Unkhair telah memenuhi prinsip kesantunan berbahasa Leech dalam berkomunikasi baik dengan dosen maupun teman sebaya. Hal ini dapat terlihat pada kutipan pesan singkat mahasiswa yang menggunakan prinsip kesantunan berbahasa lebih dominan dibanding yang melakukan pelanggaran kesantunan berbahasa. Pemenuhan prinsip kesantunan ditemukan pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim kesederhanaan, maksim kesimpatian dan maksim kemufakatan. Sedangkan penyimpangan kesantunan hanya terdapat pada maksim kebijaksanaan dan pemufakatan.
Downloads
References
Achmad HP., dan Alek Abdullah. 2012. Linguistik Umum.Jakarta: Erlangga.
Alfin, J.2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surabaya : Lkis
Cahyani, Desy Nur dan fakhtur Rokhman. 2017. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di LingkunganUniversitas Tidar : Kajian Sosiopragmatik. (Online) Volume 6, Nomor 1, Halaman 45. Jurnal Seloka. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/download/14763/8409), diakses 02 Juni 2024.
Gunawan, F. 2013. Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen di STAIN Kendari: Kajian Sosiopragmatik. (Online) Journal Arbitrer, Volume 1, Nomor.1, (http://arbitrer.fib.unand.ac.id/index.php/arbitrer/article/view/2/2), diakses 05 Juni 2024.
Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.
Leech, Geoffrey. 1993. Principles of Pragmatics (terjemahan M.D.D Oka). Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Parancika, Rd Bily dan Erwin Setyawan. 2020. Analisis Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Melalui Pesan Singkat Whatsapp: Kajian Pragmatik. (Online) Volume 1, Nomor 10 (https://journal.uml.ac.id/JEIL/article/view/293), diakses 02 Juni 2024
Pranowo. 2009. Berbahasa Santun. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Prayitno.2009. Kesantunan Dalam Berkomunikasi. Jakarta : Bumi Aksara.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Copyright (c) 2024 Adriani Arifin, Darlisa Muhamad, Yusrina Yusrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.