Kesantunan Berbahasa pada Pesan Singkat Grup Whatsapp Mahasiswa PBSI Unkhair sebagai Media Komunikasi Daring: Teori Kesantunan Leech (Pendekatan Pragmatik)

  • Adriani Adriani Universitas Khairun
  • Darlisa Muhamad Universitas Khairun
  • Yusrina Yusrina Universitas Khairun
Keywords: Kesantunan berbahasa, Whatsapp, Teori kesantunan Leech

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bentuk pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dan penyimpangan/pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa yang terdapat pada pesan grup WhatsApp Mahasiswa PBSI sebagai media komunikasi daring berdasarkan teori Leech.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa pesan singkat pada grup whatsapp dengan data berupa tuturan-tuturan dalam pesan whatsapp  yang  menunjukkan  pematuhan  dan  pelanggaran  prinsip  kesantunan bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik  dokumentasi dengan langkah-langkah  analisis  data yaitu; (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan singkat grup whatsapp mahasiswa PBSI Unkhair telah memenuhi prinsip kesantunan berbahasa Leech dalam berkomunikasi baik dengan dosen maupun teman sebaya. Hal ini dapat terlihat pada kutipan pesan singkat mahasiswa yang menggunakan prinsip kesantunan berbahasa lebih dominan dibanding yang melakukan pelanggaran kesantunan berbahasa. Pemenuhan prinsip kesantunan ditemukan pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim kesederhanaan, maksim kesimpatian dan maksim kemufakatan. Sedangkan penyimpangan kesantunan hanya terdapat pada maksim kebijaksanaan dan pemufakatan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad HP., dan Alek Abdullah. 2012. Linguistik Umum.Jakarta: Erlangga.

Alfin, J.2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surabaya : Lkis

Cahyani, Desy Nur dan fakhtur Rokhman. 2017. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di LingkunganUniversitas Tidar : Kajian Sosiopragmatik. (Online) Volume 6, Nomor 1, Halaman 45. Jurnal Seloka. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/download/14763/8409), diakses 02 Juni 2024.

Gunawan, F. 2013. Wujud Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen di STAIN Kendari: Kajian Sosiopragmatik. (Online) Journal Arbitrer, Volume 1, Nomor.1, (http://arbitrer.fib.unand.ac.id/index.php/arbitrer/article/view/2/2), diakses 05 Juni 2024.

Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.

Leech, Geoffrey. 1993. Principles of Pragmatics (terjemahan M.D.D Oka). Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Parancika, Rd Bily dan Erwin Setyawan. 2020. Analisis Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Melalui Pesan Singkat Whatsapp: Kajian Pragmatik. (Online) Volume 1, Nomor 10 (https://journal.uml.ac.id/JEIL/article/view/293), diakses 02 Juni 2024

Pranowo. 2009. Berbahasa Santun. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Prayitno.2009. Kesantunan Dalam Berkomunikasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Published
02-07-2024
How to Cite
Adriani , A., Muhamad, D., & Yusrina, Y. (2024). Kesantunan Berbahasa pada Pesan Singkat Grup Whatsapp Mahasiswa PBSI Unkhair sebagai Media Komunikasi Daring: Teori Kesantunan Leech (Pendekatan Pragmatik). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2956-2963. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4002
Section
Articles