Digital Story Telling Project Berbantuan (DSTP) “Google Classroom” Dalam Pembelajaran Teks “Descriptive”

  • Ni Made Lisma Martarini STMIK-STIKOM Indonesia
  • Ni Nyoman Ayu J Sastaparamitha STMIK-STIKOM Indonesia
  • Putu Agus Primandana SMP Negeri 3 Selat
Keywords: Teks Descriptive, Digital Story Telling, Google Classroom

Abstract

Kecakapan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan yang harus diajarkan pada proses belajar di sekolah demi mempersiapkan mahasiswa menghadapi abad ke-21. Dalam Bahasa Inggris, HOTS dapat diintegrasikan melalui pembelajaran yang mencakup 4 keterampilan yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan adanya wabah COVID-19 yang mengharuskan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah (Learn From Home), guru harus merencanakan pembelajaran yang tetap mengintegrasikan HOTS dan mengasah kreatifitas mahasiswa. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. DSTP berbantuan google classroom adalah model pembelajaran yang mengadaptasi model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) (Kriwasss,1999 dalam Fragoulis 2009) Menulis berbasis proses (Hyland 2003), taksonomi digital Bloom (Crurches 2009), proses pembelajaran berbasis teknologi (Lee and Owen 2004) serta pembelajaran lewat LMS www.classroom.google.com. Proses pelaksanaan proyek ini meliputi beberapa langkah antara lain: (1) pemilihan topik, (2) organisasi ide/mind map, (3)Pengembangan/evaluasi, dan (5) publikasi. Produk yang dihasilkan dari penerapan proyek distell ini adalah mahasiswa dapat menghasilkan video monolog bertemakan descriptive text yang sesuai dengan struktur teks, unsur kebahasaan dan fungsi sosialnya. Hasil dari penerapan proyek distell terintegrasi google classroom ini dipercaya bisa (1) membuat mahasiswa senang dalam pembelajaran Bahasa Inggris, (2) Meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap teks descriptive, (3)Meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa, (4) meningkatkan keterampilan TIK mahasiswa terutama dalam pembuatan video digital dengan menggunakan aplikasi editing video dan (5) pengintegrasian HOTS dalam DSTP mampu meningkatkan pembelajaran teks descriptive mahasiswa STMIK-Stikom Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H. D. (2001).” Assessing Speaking” (Oral Proficiency Scoring Categories).
California: Edits publishers.
Brown, H. D. (2004). “Language Assessment: Principles and Classroom Practics”, USA: Longman

Blundo, D A (2011) “E Learning Methodhologies A Guide for Designing and developing e-learning Courses”: Rome, Food and Agriculture Organization of The United Nation.

Engle, Alan. (2010). “Digital Storytelling”. File .pdf. Di-download dari http://www.todaysteacher.com.

Fragoulis, I. (2009). “Project-based learning in the teachinh of English as a Foreign Language” in Greek Primari School: From theory to practice. English Language Teaching journal vol 2 no 3 september 2009.

Huntchinson.T.(2001). “Introduction to project work”. Ocford: Oxford University press
Keeler, A. dan Miller, L. 2015. 5”0 Things You Can Do with Google Classroom”. San Diego, CA: Dave Burgess Consulting, Ltd.
Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). “The

Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study”. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 26–32. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632

Raiyn, J., & Tilchin, O. (2015).” Higher-Order Thinking Development through
Adaptive Problem-based Learning.” Journal of Education and Training Stud-ies, 3(4), 93–100. https://doi.org/10.11114/jets.v3i4.769

Robin, B. (2008). “The effective uses of digital sto-rytelling as a teaching and learning tool”. Hand-book of research on teaching literacy through the communicative and visual arts (Vol. 2). New York:Lawrence Erlbaum Associates.

Sawyer & Sindelar.(2011).”Digital Storytelling”.United States of America.

Stoller. (2000). “Project work”. In Richard & Renandya (Ed). Methodology in language teaching: an anthology of current practice (pp.108-113). Cambridge: Cambridge University Press
Published
26-11-2020
How to Cite
Ni Made Lisma Martarini, Ni Nyoman Ayu J Sastaparamitha, & Putu Agus Primandana. (2020). Digital Story Telling Project Berbantuan (DSTP) “Google Classroom” Dalam Pembelajaran Teks “Descriptive”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 671-679. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.391
Section
Articles