Media Sosial Dan Pembelajaran: Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
pilih. English for Spesific Purposes (ESP) adalah kemampuan Bahasa Inggris yang dikhususnya untuk tujuan tertentu. Writing skill adalah salah satu skill yang memiliki capaian kurang maksimal dilihat dari nilai hasil pembelajaran Mahasiswa STMIK-STIKOM Indonesia. Di era seperti sekarang ini dimana teknologi digital menjadi konsumsi dan kebutuhan vital dari masyarakat, media sosial adalah salah satu hal yang amat disukai para anak muda. Berangkat dari hal tersebut maka penelitian ini akan menggunakan media sosial kususnya Instagram sebagai media pembelajaran dan dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tulisan baik pre-test maupun post-test, serta observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keefektifan media sosial Instagram sebagai sarana belajar akan dinilai dari hasil kuisioner dari mahasiswa. Sampel dari penelitian ini merupakan 30 mahasiswa jurusan Teknik Informatika, STMIK-STIKOM Indonesia. Tahapan dari proses pengambilan data dalam penelitian ini meliputi; (1) observasi kepada subjek penelitian ini, (2) tahap sosialisasi dengan mahasiswa tentang bagaimana tata cara pembelajaran dengan menggunakan media sosial ini khususnya dengan menggunakan Instagram, (3), pelaksanaannya penelitian ini, pada tahap ini mahasiswa akan diberikan materi pada awalnya dimana mereka tidak hanya menerima materi tersebut tetapi harus mencari materi pendukung lainnya, serta berdiskusi dan menerima saran serta masukan dari dosen maupun teman- temannya, (4)Tahapan terakhir adalah tahap pelaksanaan penggunaan Instagram sebagai sarana diskusi serta hasil.
Downloads
References
Aydin, S. 2014. Foreign language learners’ interactions with their teachers on Facebook. System, 42(1), 155–163. https://doi. org/10.1016/j.system.2013.12.001
Chun, D., Smith, B., & Kern, R. 2016. Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100, 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.123 02
Lodya Sesriyani, Nur Najibah Sukmawati.2019. Analisis Penggunaan Instagramsebagai Media Pembelajaran Bahssa Inggris Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi;Eduka JurnalPendidikan, Hukum dan Bisnis.
Marhaeni, A.A.I.N, Luh Putu Artini, N.M Ratminingsih, Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi, I
Putu Indra Kusuma. 2017. Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa
Inggris.Depok.Rajawali Pres
Munir, Pembelajaran Jarak Jauh, (Bandung: Alfabeta, 2012)
Nasution. 1994. Membina kreativitas Siswa dalam Belajar. Jakarta: Balaipustaka
Rahmawati, Dewi. 2016. Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta : tidak diterbitkan
Rusman., Deni Kurniawan., Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Santrock, J. W. 2007. Remaja. Jakarta
Wardiman, Artono. (2008). “ English in Focus”. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2021 Ni Made Lisma Martarini, Kadek Ayu Riska Yulianti, Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.