Media Sosial Dan Pembelajaran: Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

  • Ni Made Lisma Martarini Program Studi Teknik Informatika STMIK-STIKOM Indonesia
  • Kadek Ayu Riska Yulianti Program Studi Teknik Informatika STMIK-STIKOM Indonesia
  • Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha Program Studi Teknik Informatika STMIK-STIKOM Indonesia
Keywords: Writing, Text Prosedure, Instagram

Abstract

pilih. English for Spesific Purposes (ESP) adalah kemampuan Bahasa Inggris yang dikhususnya untuk tujuan tertentu. Writing skill adalah salah satu skill yang memiliki capaian kurang maksimal dilihat dari nilai hasil pembelajaran Mahasiswa STMIK-STIKOM Indonesia.  Di era seperti sekarang ini dimana teknologi digital menjadi konsumsi dan kebutuhan vital dari masyarakat, media sosial adalah salah satu hal yang amat disukai para anak muda. Berangkat dari hal tersebut maka penelitian ini akan menggunakan media sosial kususnya Instagram sebagai media pembelajaran dan dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil tulisan baik pre-test maupun post-test, serta observasi, dan   dokumentasi. Untuk mengetahui keefektifan media sosial Instagram sebagai sarana belajar akan dinilai dari hasil kuisioner dari mahasiswa. Sampel dari penelitian ini merupakan 30 mahasiswa jurusan Teknik Informatika, STMIK-STIKOM Indonesia. Tahapan dari proses pengambilan data dalam penelitian ini meliputi; (1) observasi kepada subjek penelitian ini, (2) tahap sosialisasi dengan mahasiswa tentang bagaimana tata cara pembelajaran dengan menggunakan media sosial ini khususnya dengan menggunakan Instagram, (3), pelaksanaannya penelitian ini, pada tahap ini mahasiswa akan diberikan materi pada awalnya dimana mereka tidak hanya menerima materi tersebut tetapi harus mencari materi pendukung lainnya, serta berdiskusi dan menerima saran serta masukan dari dosen maupun teman- temannya, (4)Tahapan terakhir adalah tahap pelaksanaan penggunaan Instagram sebagai sarana diskusi serta hasil.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aydin, S. 2014. Foreign language learners’ interactions with their teachers on Facebook. System, 42(1), 155–163. https://doi. org/10.1016/j.system.2013.12.001

Chun, D., Smith, B., & Kern, R. 2016. Technology in language use, language teaching, and language learning. Modern Language Journal, 100, 64–80. https://doi.org/10.1111/modl.123 02

Lodya Sesriyani, Nur Najibah Sukmawati.2019. Analisis Penggunaan Instagramsebagai Media Pembelajaran Bahssa Inggris Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi;Eduka JurnalPendidikan, Hukum dan Bisnis.

Marhaeni, A.A.I.N, Luh Putu Artini, N.M Ratminingsih, Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi, I

Putu Indra Kusuma. 2017. Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa

Inggris.Depok.Rajawali Pres

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh, (Bandung: Alfabeta, 2012)

Nasution. 1994. Membina kreativitas Siswa dalam Belajar. Jakarta: Balaipustaka

Rahmawati, Dewi. 2016. Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta : tidak diterbitkan

Rusman., Deni Kurniawan., Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Santrock, J. W. 2007. Remaja. Jakarta

Wardiman, Artono. (2008). “ English in Focus”. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen

Pendidikan Nasional.

Published
15-10-2021
How to Cite
Ni Made Lisma Martarini, Kadek Ayu Riska Yulianti, & Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha. (2021). Media Sosial Dan Pembelajaran: Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 375-382. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1227
Section
Articles