Penggunaan Idiom dalam Buku Menunggu Rakyat Bunuh Diri Karya Aslan Abidin

  • Arisa Arisa Universitas Puangrimaggalatung
  • Muliana Muliana Universitas Puangrimaggalatung
  • Ahmad Ghazali Samad Universitas Puangrimaggalatung
  • Nur Rahmi Universitas Puangrimaggalatung
Keywords: esai, idiom, pembelajaran referensi, relevansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna idiom dalam Kumpulan Esai Menunggu Rayat Bunuh Diri karya Aslan Abidin dan relevansinya terhadap materi pembelajaran esai di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna idiom dalam Kumpulan Esai Menunggu Rakyat Bunuh Diri karya Aslan Abidin relevansinya terhadap materi pembelajaran esai di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari buku Menunggu Rakyat Bunuh Diri. Data tersebut berupa kata-kata, kalimat atau ungkapan yang mengandung idiom. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis idiom di dalam buku kumpulan esai Menunggu Rakyat Bunuh Diri karya Aslan Abidin, yaitu idiom penuh dan idiom sebagian. Idiom yang diperoleh dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran KD 3.13 menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai, khususnya menelaah kebahasaan esai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekonstruksi cerita pendek menjadi cerita mini tidak hanya memerlukan pemahaman yang mendalam tentang struktur naratif, tetapi juga kepekaan terhadap nilai estetika dan ritme bahasa. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam studi sastra dan menawarkan panduan praktis bagi penulis yang ingin mengembangkan kemampuan mereka dalam menciptakan cerita mini yang berdampak dan menggugah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. (2020). Menunggu Rakyat Bunuh Diri. Yogyakarta: Basa Basi.

Anriana, N. (2020). Penggunaan Idiom Bahasa Indonesia dalam Kumpulan Novel Tetralogi Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata: Analisis Semantik. Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Chaer, A. (1995). Pengantar Semantik. Jakarta: Rineka Cipta.

Helaluddin. (2017). Analisis Struktur Esai Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jurnal Bindo Sastra, 15- 23.

Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.

Milawasri, F. (2019). Analisis Idiom dalam Berita Kriminal Pada Surat Kabar Sriwijaya Post Palembang (Kajian Semantik). Jurnal Bindo Sastra, 30.

Putri, A. R. (2021). Idiom dalam Kolom Esai di Media Online Mojok.co. Indonesia.

Sulani, T. (2022). Idiom pada Surat Kabar Radar Banyumas dan Relevansinya dengan Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif di SMP.

Published
09-07-2024
How to Cite
Arisa, A., Muliana, M., Ahmad Ghazali Samad, & Nur Rahmi. (2024). Penggunaan Idiom dalam Buku Menunggu Rakyat Bunuh Diri Karya Aslan Abidin. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3127-3135. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3908
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)