Pengaruh Metode Case Method terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia pada Materi Pemerolehan Bahasa Anak Universitas Negeri Makassar

  • Bungatang Bungatang Universitas Negeri Makassar
  • Filawati Filawati Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Fitrayani Politeknik LP3I Makassar
Keywords: Case method, hasil belajar, Pemerolehan Bahasa Anak

Abstract

Case method menjadi salah satu metode dalam pembelajaran yang bisa mengurangi kesenjangan antara teori dan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh metode case method terhadap hasil belajar mahasiswa Bahasa dan sastra Indonesia pada materi pemerolehan bahasa anak Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan rancangkan eksperimen desain control group pretest-posttest design. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling. Subjek penelitian adalah mahasiswa BSI angkatan 2021 tahun ajaran 2023/2024 kelas A dan B. Kelas A sebagai kelas eksprimen sedangkan kelas B menjadi kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa signifikansi besarnya 0,000 lebih kecil daripada  α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran studi kasus berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam materi pemerolehan bahasa anak pada mahasiswa BSI Universitas Negeri Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, L. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunikasi FIS, 11(Education), 1–15.

Deen, IS. (2006). Contextual Teaching and Learning Practices in the family and Consumer Sciences Curiculum. Jurnal Familiy and Consumer sciences Education. 24 (1) : 14-27. Georgia: University of Georgia

Liu, TC. (2007). Teaching In A Wireless Learning Environment: A Case Study. Jurnal Educational Technology & Society. 10 (1) : 107-123. Jung-li: National Central University

Maulana (2021). Pengaruh Percakapan Negatif Keluarga Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3—4 Tahun. Jurnal Semiotika, jurnal ilmu sastra dan linguistik Volume 22, No.1 (2021). https://doi.org/10.19184/semiotika.v22i1.21382.

Paliling dan Juanda (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun 10 Bulan Pada Bidang Fonologi, Sintaksis, Dan Semantik. Jurnal Pelita PAUD 7(1):213-219. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2522.

Wospakrik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh penerapan metode pembelajaran case based learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 30–37. https://doi.org/10.31101/jhes.515.

Published
03-06-2024
How to Cite
Bungatang, B., Filawati, F., & Nurul Fitrayani. (2024). Pengaruh Metode Case Method terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia pada Materi Pemerolehan Bahasa Anak Universitas Negeri Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2409-2414. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3839
Section
Articles