Penerapan Motivasi dan Kesopanan Berbasis Budaya Lokal melalui Media Bahasa dalam Kurikulum Pengajaran di Tingkat SD

  • Aris Kaban Sendana Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Daud Rodi Palimbong Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Lean Kaban Sendana Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sushy Teko Patanduk Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: penerapan motivasi, budaya lokal, media bahasa, kurikulum pengajaran, tingkat SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan motivasi dan kesopanan berbasis budaya lokal melalui media bahasa dalam kurikulum pengajaran di tingkat Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan beberapa SD di daerah yang mewakili keberagaman budaya lokal. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, serta kuesioner yang diberikan kepada siswa dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan motivasi dan kesopanan berbasis budaya lokal melalui media bahasa memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran di tingkat SD. Guru yang menggunakan pendekatan ini melaporkan peningkatan dalam partisipasi siswa, motivasi belajar, dan pemahaman materi pelajaran. Siswa juga menunjukkan respon yang positif terhadap penggunaan media bahasa yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya lokal, menyatakan bahwa hal tersebut membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi mereka. Selain itu, orang tua juga mengamati perubahan positif dalam perilaku dan minat belajar anak-anak mereka setelah menerapkan pendekatan ini. Mereka melaporkan peningkatan dalam sikap sopan santun dan rasa hormat terhadap budaya lokal mereka. Penerapan motivasi dan kesopanan berbasis budaya lokal melalui media bahasa dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan pembelajaran di tingkat SD. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya termasuk pengembangan lebih lanjut terhadap kurikulum yang mengintegrasikan aspek budaya lokal secara menyeluruh, serta pelatihan untuk guru dalam mengimplementasikan pendekatan ini secara efektif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aris Kaban Sendana, Universitas Kristen Indonesia Toraja

 

 
Daud Rodi Palimbong, Universitas Kristen Indonesia Toraja

 

 
Lean Kaban Sendana, Universitas Kristen Indonesia Toraja

 

 

References

Achmad, S. (2012). Strategi kesopanan berbahasa masyarakat bugis pinrang provinsi sulawesi selatan. Bahasa Dan Seni, 40(1), 1–13.

Afriani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual (cotextual teaching and learning) dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80–88.

Alfiansyah, M. A. (2021). Analisis Kesopanan Tindak Tutur Direktif Dalam Pembelajaran Daring Kajian: Pragmatik: Kajian Pragmatik. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 11(2), 53–68.

Anggraini, D. (2017). Penerapan pembelajaran kontekstual pada pendidikan anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–46.

Basyari, I. W. (2013). Menanamkan Identitas Kebangsaan melalui Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Budaya Lokal. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2).

Brata, I. B. (2016). Kearifan budaya lokal perekat identitas bangsa. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 5(1).

Darmawan, Y. A., & Rahmawati, L. E. (2015). Penyimpangan Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Kesopanan pada Novel Humor Bukan 3 Idiot Karya Boim Lebon. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dayana, I., & Marbun, J. (2018). Motivasi kehidupan. Guepedia.

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1).

Laila, Q. N. (2015). Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 21–36.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165.

Manesah, D. (2019). Analisis Identitas Budaya Lokal Pada Film Toba Dreams Sutradara Benni Setiawan Melalui Mise En Scene Dan Dialog. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 5(1), 72–84.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Suparman, N. (2019). Ketidakadilan Gender dalam Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El-Saadawi. Telaga Bahasa, 7(1), 97-108.

Sari, A. F. (2020). Etika komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135.

Sidemen, I. A. W. (2017). Paradigma dalam Studi Kebudayaan. Universitas Udayana: Bandung.

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran. UIN-Maliki Press.

Wikayanto, A., Grahita, B., & Darmawan, R. (2019). Unsur-unsur budaya lokal dalam karya animasi Indonesia periode tahun 2014-2018. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 15(2), 83–102.

Yusri, J. A. (2022). Pembiasaan Berbahasa Jawa Dalam Membentuk Nilai Karakter Kesopanan Peserta Didik Kelas 1 Di Mi Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. IAIN Kediri.

Published
05-06-2024
How to Cite
Kaban Sendana, A., Palimbong, D. R., Kaban Sendana, L., & Teko Patanduk, S. (2024). Penerapan Motivasi dan Kesopanan Berbasis Budaya Lokal melalui Media Bahasa dalam Kurikulum Pengajaran di Tingkat SD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2502-2508. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3775
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)