Pendakwah Berbahasa Jawa Ngapak dalam Ceramah Ustadzah Mumpuni pada Channel Youtube: Kajian Sosiolinguistik
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3679
Keywords:
Bahasa Jawa Ngapak, Gaya Bahasa, Kajian SosiolinguistikAbstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini berkaitan dengan karakteristik bahasa pendakwah berbahasa Jawa ngapak, khususnya yang digunakan oleh Ustadzah Mumpuni pada channel youtube. Bahasa Jawa ngapak dipergunakan oleh pendakwah sebagai bahasa pengantar, mengingat penutur dalam konteks ini berasal dari daerah berdialek Banyumas yang terletak di Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik bahasa dakwah berbahasa Jawa ngapak dan gaya bahasa dengan perpaduan unsur humor. Kajian yang dipergunakan yakni sosiolinguistik dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh bersumber dari tuturan lisan Ustadzah Mumpuni pada channel youtube. Metode untuk memperoleh data melalui teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat sebagai teknik lanjutan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis isi dengan mengklasifikasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dakwah bahasa Jawa ngapak memiliki karakteristik penggunaan bahasa Jawa ngapak meliputi pilihan kata sapaan, pilihan kata singkatan, dan susunan kalimat bahasa Jawa ngapak dengan serpihan bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan ragam krama. Sedangkan dari hasil penelitian ditemukan gaya bahasa dengan perpaduan unsur humor yang dianalisis menggunakan teori Gorys Keraf dan Setiawan. Gaya bahasa tersebut terdiri dari gaya bahasa berdasarkan kalimat, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, dan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna serta perpaduan unsur humor yang meliputi unsur humor ekspresi, humor etis, humor estetis, dan humor dari segi materi/bahan.
Downloads
References
Abdullah, A. A. (2020). “Humor in Da’wa”: Socio-linguistic Analytic of Kyai Ishaq Latif Da’wa from Pesantren Tebuireng Jombang. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 211-230. DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v14i2.9053
Ainur, I. M. (2023). Peribahasa Jawa Dialek Tegal. 81-95.
Angreani, D., & Abbas, A. (2022). Gaya Bahasa Ustadz Muhammad Nur Maulana Dalam Acara Islam Itu Indah. Journal of Innovation Research and Knowledge.
Anjarsari, M. (2020). Analisis Kebahasaan K.H. Ahmad Muwafiq Dalam Ceramah “Rekonsiliasi Peran Pemuda Dalam Bingkai Kebangsaan”. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 50. DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i3.1513
Annawawif, A. N. (2022). Strategi Dakwah Ustadzah Mumpuni Handayayekti Di Channel Youtube Gedang Mas.
Azana, N. (2023). Retorika Ustadz Jefrizal dalam Berdakwah di Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 2-6.
Erisa Tri Pramita, D. I. (2023). Gaya Bahasa Retoris Dan Citraan Dalam Lirik Lagu Album Berjudul Mesin Waktu Karya Pusakata Dan Lirik Lagu Karya Raim Laode . Bapala, 183-194.
Fatimah, K. A. (2023). Estetika Bahasa dalam Retorika Dakwah KH Anwar Zahid pada Channel Youtube: Kajian Fungsional Linguistik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 1068-1089. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2906
Harmia, C. D. (2023). Refleksi Identitas Sosial dalam Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Habib Jafar: Kajian Variasi Bahasa. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 245-257. DOI: https://doi.org/10.31503/madah.v14i2.649
Inderasari, E. L. (2020). Penggunaan Bahasa Dakwah Ustaz Hanan Attaki di Media Sosial Instagram. Jalabahasa, 1-15. DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.315
Komalasari, I. (2019). Karakteristik Bahasa Ceramah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA Di Youtube. 76-86.
Labibah, S. (2022). Retorika Dakwah Ustadzah Mumpuni Handayayyekti Melalui Humor di Youtube Raden Aryo Production. Institusional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Lestari, P. M. (2023). Transformation of Socio-cultural Behavior of Javanese People: Recovery Efforts After the Covid 19 Pandemic. 1296-1305. DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0_156
Makrifah, S. F. (2020). Istilah-Istilah Sesaji Ritual Sedekah Gunung Merapi di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali (Kajian Etnolinguistik). Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 8-14. DOI: https://doi.org/10.15294/sutasoma.v7i2.36667
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306-319. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ez6dk
Nur Aini Miftah Putri, L. P. (2023). Penggunaan Bahasa Jawa dalam Loka Drama Lara Ati karya Bayu Skak. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 65-77. DOI: https://doi.org/10.15294/sutasoma.v11i1.67114
Nurrahmawati, T. L. (2024). Rapalan dalam Upacara Obong Masyarakat Kalang Desa Lumansari : Kajian semiotik. 1335-1346. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3497
P. Lestari, D. D. (2018). The Option Pattern of 'Ngrasani' (Gossiping) Code by Javanese Women in Social Interaction. DOI: https://doi.org/10.2991/prasasti-18.2018.44
Pristiwati, R. L. (2023). Metaphor and Women’s Struggle in Tegalan Ethnic Story. 596-602. DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0_73
Sa'adah, F. Y. (2021). Gaya Bahasa Ceramah Mumpuni Handayayekti Di Ajang Aksi Asia2017. 1 – 172.
Syafruddin, S. N. (2023). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4712-4718.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.