Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Siswa Tk.B TKIT Harith Foundation Usia 5-6 Tahun

  • Darmawati Darmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kemampuan menulis permulaan, teka teki silang bergambar, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar siswa TK.B TKIT Harith Foundation Usia 5-6 Tahun. Lokasi penelitian dilaksanakan di TKIT Harith Foundation Jalan Mungkasa No. 50 Kota Palopo Provinsi Suilawesi Selatan .Adapun populasi berjumlah 108 anak dan sampel penelitiannya anak kelompok B khususnya di kelas Al Huda yang berjumlah 18 anak dimana terdapat 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan dengan rentang usia antara 5-6 tahun.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada kemampuan menulis permulaan anak. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis permulaan anak di siklus I memperoleh rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) skor 9,67 dikategori mulai berkembang. Selanjutnya terlihat di siklus I skor rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) kemampuan menulis permulaan anak memperoleh skor 30,33 dan diprasiklus skornya 20,66 hal ini menunjukkan  adanya peningkatan.Sedangkan disiklus II kemampuan menulis permulaan keseluruhan anak sebesar 41,11 dikategori berkembang sesuai harapan. Sehingga di siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,78. Sehingga disimpulkan pada akhir siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai sesuai kesepakatan peneliti bersama kolabolator.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, dkk. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain dengan Brang Bekas.Jurnal Ilmiah Potensia.
Aisy,AdindaR&HafidzahNA.(2019).PengembanganKemampuanMenulisPadaAnakUsia4- 5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Anak Usia Dini Vol. 8 No 2, 141-1481
Ali, K. (2020). Media Pembelajaran. Palembang: CV Amanah. Arikunto,S.(2013).ProsedurPenelitian.Jakarta:RinekaCipta.
Arikunto,S.(2016).ProsedurPenelitian;suatupendekatanpraktik.Jakarta:PT.RinekaCipta. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggito,A.&J.S.(2018).MetodologiPenelitianKualitatif.JawaBarat:CVJejak.
Erlianda, Tiara, dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menulis di Atas Pasir. Atfaluna: Journal Of Islamic Early Childhood Education, Vol 2 No. 2, 74-85.
Fadilah. (2017). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group. GeofreyE.Mills.(2003).ActionResearch:AGuideForTheTheacherResearcher(NewJersey:
PearsonEducation,2003)h.101
Jamil, Ibrahim M & Dahlia Irmawati. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Abjad. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), Vol II, No 3.
Jufri, Rahmat. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Latihan Graphomotor Siswa Pada Mata Pelaharan Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Neferi 13 Curio KecamatanCurioKabupatenEnrekang.Makasar:SkripsiJurusanPGSDFKIPUniversitas Muhammadiyah Makasar.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publising. Kurniasih,PujiL&FitriRamadhani.(2021).UpayaMeningkatkanKemampuanMenulisSimbolik
Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan danAnak Usia Dini Vol 1 No 1, 16-31.
Mamik.(2015).MetodologiKualitatif.TamanSidoarjo:ZifatamaPublisher.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (40th ed.). Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Mulfiani, Tri N & Syahrul I. (2020). Efektivitas Permainan Teka Teki Silang Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 1, 287-291.
Mulyani.2021. PeningkatanKemampuanKreativitasAnakMelalui PermainanBITOJAWADI RA
FatimahPalembangPadaUsia5-6TahunKelompokB.Skripsi:UniversitasPGRI Palembang
Nasrudin. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Purwoko,Bayu&SitiMasitoh.(2018).PermainanTekaTekiSilangBergambarTerhadap
PenguasaanKosakataSiswaTunarungu.JurnalPendidikanKhusus.
Purwanti, Ika Y & Simatupang N.D. (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. Jurnal Teratai, Vol 6 No 3, 1-6.
Rahmawati, Evi D, dkk. (2021).Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Melalui Media Kartu Huruf di Kelompok B TK Pertiwi Nglaban Kab. Nganjuk Jawa Timur. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Vol 3 No 4, 133-144.
Riskayanti, Siti & Suwardi. (2018). Meningkatkan Kemampuan Melusi Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal AUDHI Vol. 1 No. 1, 61-69.
Rossa, Dwi. dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Melalui Teka Teki Silang Bergambar Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SDN 01 Limau Manis Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, Vol. 7 No. 1, 28-33.
Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana. Sari,AdindaP.(2020).MediaTekaTekiSilangBergambarTerhadapPenguasaanKosakata
PengenalanAnggotaKeluargaPadaAnakTunagrahitaRingan.JurnalPendidikanKhusus, 1-13.
Sarnah, Siti, dkk. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Jurnal Pagi Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak UJsia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dasar 1-15.
Sekaran & Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian= Reseach Methods for Business. Jakarata: Salemba Empat.
Siregar.2013.“MetodePenelitian”.Jakarta:Kencana.
Siyoto, & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing. Sugiarto.(2021).TekaTekiBergambarSebagaiUpayaMenstimulusPenguasaanKosakataAnakUsia
Dini.JurnalMubtadiin,Volume7Nomor2.
Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukardi.(2019).MetodelogiPenelitianPendidikan.Jakarta:BumiAksara.
Published
30-11-2023
How to Cite
Darmawati , D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Siswa Tk.B TKIT Harith Foundation Usia 5-6 Tahun. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1678-1788. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3445
Section
Articles