Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Siswa Tk.B TKIT Harith Foundation Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar siswa TK.B TKIT Harith Foundation Usia 5-6 Tahun. Lokasi penelitian dilaksanakan di TKIT Harith Foundation Jalan Mungkasa No. 50 Kota Palopo Provinsi Suilawesi Selatan .Adapun populasi berjumlah 108 anak dan sampel penelitiannya anak kelompok B khususnya di kelas Al Huda yang berjumlah 18 anak dimana terdapat 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan dengan rentang usia antara 5-6 tahun.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada kemampuan menulis permulaan anak. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis permulaan anak di siklus I memperoleh rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) skor 9,67 dikategori mulai berkembang. Selanjutnya terlihat di siklus I skor rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) kemampuan menulis permulaan anak memperoleh skor 30,33 dan diprasiklus skornya 20,66 hal ini menunjukkan adanya peningkatan.Sedangkan disiklus II kemampuan menulis permulaan keseluruhan anak sebesar 41,11 dikategori berkembang sesuai harapan. Sehingga di siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,78. Sehingga disimpulkan pada akhir siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai sesuai kesepakatan peneliti bersama kolabolator.
Downloads
References
Aisy,AdindaR&HafidzahNA.(2019).PengembanganKemampuanMenulisPadaAnakUsia4- 5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Anak Usia Dini Vol. 8 No 2, 141-1481
Ali, K. (2020). Media Pembelajaran. Palembang: CV Amanah. Arikunto,S.(2013).ProsedurPenelitian.Jakarta:RinekaCipta.
Arikunto,S.(2016).ProsedurPenelitian;suatupendekatanpraktik.Jakarta:PT.RinekaCipta. Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggito,A.&J.S.(2018).MetodologiPenelitianKualitatif.JawaBarat:CVJejak.
Erlianda, Tiara, dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menulis di Atas Pasir. Atfaluna: Journal Of Islamic Early Childhood Education, Vol 2 No. 2, 74-85.
Fadilah. (2017). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group. GeofreyE.Mills.(2003).ActionResearch:AGuideForTheTheacherResearcher(NewJersey:
PearsonEducation,2003)h.101
Jamil, Ibrahim M & Dahlia Irmawati. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Abjad. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), Vol II, No 3.
Jufri, Rahmat. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Latihan Graphomotor Siswa Pada Mata Pelaharan Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Neferi 13 Curio KecamatanCurioKabupatenEnrekang.Makasar:SkripsiJurusanPGSDFKIPUniversitas Muhammadiyah Makasar.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publising. Kurniasih,PujiL&FitriRamadhani.(2021).UpayaMeningkatkanKemampuanMenulisSimbolik
Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan danAnak Usia Dini Vol 1 No 1, 16-31.
Mamik.(2015).MetodologiKualitatif.TamanSidoarjo:ZifatamaPublisher.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (40th ed.). Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Mulfiani, Tri N & Syahrul I. (2020). Efektivitas Permainan Teka Teki Silang Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 1, 287-291.
Mulyani.2021. PeningkatanKemampuanKreativitasAnakMelalui PermainanBITOJAWADI RA
FatimahPalembangPadaUsia5-6TahunKelompokB.Skripsi:UniversitasPGRI Palembang
Nasrudin. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Purwoko,Bayu&SitiMasitoh.(2018).PermainanTekaTekiSilangBergambarTerhadap
PenguasaanKosakataSiswaTunarungu.JurnalPendidikanKhusus.
Purwanti, Ika Y & Simatupang N.D. (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. Jurnal Teratai, Vol 6 No 3, 1-6.
Rahmawati, Evi D, dkk. (2021).Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Melalui Media Kartu Huruf di Kelompok B TK Pertiwi Nglaban Kab. Nganjuk Jawa Timur. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Vol 3 No 4, 133-144.
Riskayanti, Siti & Suwardi. (2018). Meningkatkan Kemampuan Melusi Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal AUDHI Vol. 1 No. 1, 61-69.
Rossa, Dwi. dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Melalui Teka Teki Silang Bergambar Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SDN 01 Limau Manis Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, Vol. 7 No. 1, 28-33.
Salim & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana. Sari,AdindaP.(2020).MediaTekaTekiSilangBergambarTerhadapPenguasaanKosakata
PengenalanAnggotaKeluargaPadaAnakTunagrahitaRingan.JurnalPendidikanKhusus, 1-13.
Sarnah, Siti, dkk. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Jurnal Pagi Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak UJsia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dasar 1-15.
Sekaran & Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian= Reseach Methods for Business. Jakarata: Salemba Empat.
Siregar.2013.“MetodePenelitian”.Jakarta:Kencana.
Siyoto, & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing. Sugiarto.(2021).TekaTekiBergambarSebagaiUpayaMenstimulusPenguasaanKosakataAnakUsia
Dini.JurnalMubtadiin,Volume7Nomor2.
Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukardi.(2019).MetodelogiPenelitianPendidikan.Jakarta:BumiAksara.
Copyright (c) 2023 Darmawati Darmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.