Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII MTs

  • Ayuni Ifadah Universitas Negeri Malang
  • Dawud Dawud Universitas Negeri Malang
  • Sumadi Sumadi Universitas Negeri Malang
Keywords: metode pembelajaran, cooperative integrated reading dan composition, membaca pemahaman, menulis teks cerita pendek

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan pengaruh metode CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman dan menulis teks cerita pendek kelas VIII MTsN Trate 1. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif  dengan rancangan (quasi experimental) dengan desain pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan metode CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman meliputi indikator kemampuan mengidentifikasi literal, mereorganisasi, menginferensial, mengevaluasi, dan mengapresiasi. Serta terdapat pengaruh pada penggunaan metode CIRC terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek meliputi indikator menulis ide cerita teks cerita pendek dan menulis struktur cerita pendek.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
10-01-2024
How to Cite
Ayuni Ifadah, Dawud, D., & Sumadi, S. (2024). Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII MTs . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 395-408. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3222
Section
Articles