Bentuk Tuturan Interferensi Bahasa Mahasiswa IAIN Ambon pada Peristiwa Tutur Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Ambon pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan etnografi sosiolinguistik dengan data peristiwa tutur mahasiswa. Teknik pengumpulan datanya berupa simak dan cakap, sedangkan teknik analisis data melalui penyajian, pereduksian, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari bentuk interferensi bahasa mahasiswa IAIN Ambon pada peristiwa tutur pembelajaran Bahasa Indonesia ditemukan sebanyak 125 data dari 52 korpus data: 1) bentuk interferensi produktif sebanyak 34 data, dan 2) bentuk interferensi sistemik sebanyak 91 data yang diuraikan sebagai berikut: a) interferensi sistemik fonologi sebanyak 32 data yang terbagi atas: tambahan fon e sebanyak 26 data, tambahan fon h sebanyak 2 data dan pengurangan fon h sebanyak 1 data, tambahan fon g sebanyak 2 data dan pengurangan fon g sebanyak 1 data, serta pengurangan fonem k sebanyak 1 data, b) interferensi sistemik morfologi sebanyak 12 data yang terbagi atas: prefik-sufiks sebanyak 1 data, prefix 6 data, sufiks 2 data, reduplikasi 1 data, dan klitik -nya 2 data, c) interferensi sistemik sintaksis 47 data yang terdiri dari: i) interferensi kata sebanyak 36 data, diantanya: adverbia 6 data, pronomina 6 data, verba 8 data, nomina 9 data, dan partikel sebanyak 7 data, ii)interferensi frasa sebanyak 6 data, diantanya: frasa adjectiva sebanyak 5 data dan frasa verba sebanyak 1 data, iii) interferensi klausa sebanyak 5 data, diantaranya: klausa bebas sebanyak 3 data dan klausa terikat sebanyak 2 data yang disebabkan karena tiga faktor, yaitu kemampuan bilingual penutur, penggunaan gaya bahasa, dan pengaruh bahasa ibu.
Downloads
References
Agustina dan Chaer. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Alwi, Hasan, Dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Amaliani, S., Triana, L., & Riyanto, A. (2020). Alih kode dan campur kode pada proses belajar di TK Pertiwi Longkeyang dan implikasinya. Jurnal Skripta, 6(2).
Andriani, A. (2019). Interferensi Bahasa Sunda Terhadap Bahasa Indonesia Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII. Pujangga: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(2), 129–138.
Cahyani, I. (2017). Interferensi Sintaksis Bahasa Katingan Terhadap Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
Diani, I., Yunita, W., & Syafryadin, S. (2019). Interferensi bahasa Indonesia terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa Universitas Bengkulu. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 164-173).
Firmansyah, M. A. (2021). Interferensi dan Integrasi Bahasa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 8(1), 46-59.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif.
Hartini, A. F., Hadi, P. K., & Waraulia, A. M. (2020). ANALISIS PERISTIWA TUTUR DENGAN METODE SPEAKING (SETTING AND SCENE, PARTICIPANTS, ENDS, ACT SEQUENCES, KEY, INSTRUMENTALITIES, NORM OF INTERECTION AND INTERPRETATION, GENRES) DALAM ACARA TALK SHOW MATA NAJWA DI TRANS7. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(01), 18–30.
Herpindo, H., Wijayanti, A., Shalima, I., & Ngestrini, R. (2022). Kategori, fungsi, dan peran sintaksis bahasa Indonesia dengan PoS Tagging berbasis rule dan probability. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 51-65.
Jafarova, K. A. (2021). The role of extralinguistic factors in interlingual relations and theoretical issues of interference. Linguistics and Culture Review, 5(1), 43–52.
Julia, A., Rijal, S., & Purwanti, P. (2020). Campur kode dan interferensi pada percakapan mahasiswa fakultas ilmu budaya universitas mulawarman: Kajian sosiolinguistik. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 4(2), 300–314.
Mutoharoh, M., Sulaeman, A., & Goziyah, G. (2018). Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 84–97.
Nurhana, G., Soleh, D. R., & Winarsih, E. (2020). Interferensi Bahasa Indonesia Pada Acara “My Trip My Adventure” Di Trans Tv Edisi Bulan Maret Tahun 2019 (Kajian Sosiolinguistik). Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(01), 31–39.
Paida, A. (2021). Inteferensi Bahasa Manggarai terhadap Peggunaan Bahasa Indonesia dalam Berkomunikasi Siswa SMA Saribuana Makassar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 575–581.
Pertiwi, C. B. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dalam Upaya Menghadapi Generasi Milenial.
Rafael, A. M. D. (2019). Interferensi Fonologis Penutur Bahasa Melayu Kupang ke dalam Bahasa Indonesia di Kota Kupang. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(1), 47–58.
Rafli, N. A., & Rosalina, S. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN DWIBAHASA SAAT WAWANCARA DALAM TIGA TAYANGAN YOUTUBE (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). Jurnal Tuturan, 10(2), 121–128.Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Rahimah, A., & Syahrul, R. (2015). Interferensi Bahasa Mandailing dalam Bahasa Indonesia Tulis Siswa Kelas VIII MTS Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 3(1).
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.
Rokhman, F. (2020). Linguistik Disruptif: Pendekatan Kekinian Memahami Perkembangan Bahasa. Bumi Aksara.
Saputra, V. E. (2020). Analis Fenomena Diglosia dalam Masyarakat.
Siregar, I. (2021). Analysis of Betawi Language Interference on the Morphology of Adolescent Speech in Jakarta. Journal of Humanities and Social Sciences Studies, 3(8), 54–60.
Siregar, I. (2022). Criticism of Philosophical Approaches to Sociolinguistics. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1), 5267–5275.
Siwi, G. W., & Rosalina, S. (2022). Alih Kode dan Campur Kode pada Peristiwa Tutur di Masyarakat Desa Cibuaya, Kabupaten Karawang: Kajian Sosiolinguistik. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1417–1425.
Suryani, A., & Meiliana, M. ANALISIS KLAUSA TERIKAT DALAM PIDATO TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA RAJA CHARLES III. Translation and Linguistics (Transling), 3(01), 11-25.
Turaeva, M. (2020). The problem of lexical interference of languages in speech. Mental Enlightenment Scientific-Methodological Journal, 2020(2), 94–100.
Utami, A. P., Natallia, M., & Khasanah, N. (2021). ANALISIS INTERFERENSI DALAM BAHASA SEHARI-HARI PADA MEDIA SOSIAL (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). 2(1).
Weinreich, U., & Mackey, W. F. (1978). Bilingualism, language contact, and immigrant languages in the united states: A research report 1956–1970. Adv Study Soc Multiling, 9(1).
Zokirov, M., & Isomiddinov, F. (2021). About the problems of synchronous and diachronous sociolinguistics. ISJ Theoretical & Applied Science, 11(103), 867–871.
Copyright (c) 2023 Syaidah Syaidah, Nanik Handayani , Israwati Amir , Ijriah Musaali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.