Kritik Terhadap Pendidikan dalam Novel Orang-Orang Oetimu Karya Felix K. Nesi

  • Wahyuni Hasdar Universitas Hasanuddin
  • Muslimat Muslimat Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Haryeni Tamin Universitas Hasanuddin, Indonesia
Keywords: kritik pendidikan, kritik sosial, sosiologi sastra, Orang-Orang Oetimu novel

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan menguraikan terkait kritik terhadap pendidikan di dalam novel Orang-Orang Oetimu karya Felix. K. Nesi serta kaitannya dengan realitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode studi pustaka. Data dalam penelitian ini merupakan data yang terkait dengan ketimpangan pendidikan yang terdapat di dalam novel Orang-Orang Petimu karya Felix K. Nesi. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra yang dikemukakan oleh Alan Swingewood sebagai pisau bedah dalam melakukan analisis dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran kritik terhadap pendidikan yang terdapat di dalam novel Orang-Orang Oetimu karya Felix K. Nesi melalui gambaran kemiskinan dan keterbatasan terhadap akses pendidikan berupa fasilitas dan layanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abar, Akhmad Zaini. 1997, “Kritik Sosial, Pers dan Politik Indonesia”, dalam Mohammad Mahfud MD (ed.). Kritik Sosial dalam Wacana Pembangunan. Yogyakarta: UII Press.

Badan Pusat Statistik. 2019. Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1).

Munifatuzzahra. 2018. "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TAHUN 2011-2015." Skripsi Sarjana. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126.

Nesi, Felix K. 2019. Orang-Orang Oetimu. Marjin Kiri: Serpong.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. UGM PRESS - Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada.

Nurhidayah, Dwi Ihsanu. 2019. “Hegemoni Kekuasaan dalam Novel Orang-Orang Oetimu Karya Felix K. Nesi: Kajian Sosiologi Sastra”. Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Rosmiati. 2011. “Kritik Sosial Novel Bulan Jingga dalam Kepala Karya M. Fadjroel Rachman: Tinjauan Sosiologi Sastra”. Skripsi Sarjana. Makassar: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin.

Swingewood, Alan dan Diana Laurenson. 1972. The Sociology of Literature. Granada Publish Limited: London.

Temu, Cornelia Christina, dkk. 2019 "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PUTUS SEKOLAH USIA SMA DI PROVINSI NTT TAHUN 2016." Seminar Nasional Official Statistics. Vol. 2019. No. 1.

Published
11-10-2023
How to Cite
Hasdar, W., Muslimat, M., & Haryeni Tamin. (2023). Kritik Terhadap Pendidikan dalam Novel Orang-Orang Oetimu Karya Felix K. Nesi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1316-1328. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2814
Section
Articles