Eksistensi Perempuan dalam Novel Kelir Slindet dan Telembuk Karya Kedung Darma Romansha dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Di SMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
eksistensi perempuan bekerja, intelektual, mencapai transformasi sosial masyarakat,
perempuan pelacur, narsis, mistis dan relevansinya sebagai tambahan materi ajar di
SMA menggunakan kajian feminisme Simone de Beauvoir. Sumber data dalam
penelitian ini adalah novel Kelir Slindet dan Telmbuk karya Kedung Darma
Romansha yang diterbitkan oleh Buku Mojok 20. Data dalam penelitian ini adalah
data tulis, yaitu kutipan-kutipan (berupa kata, frasa, maupun kaimat) yang terdapat
dalam novel Kelir Slindet dan Telembuk karya Kedung Darma Romansha. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup tiga langkah kegiatan yaitu
dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini
mencakup tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan
verifikasi hasil penelitian dengan menggunakan kajain feminisme Simone de
Beauvoir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi perempuan Simone de
Beauvoir terdapat dalam novel Kelir Slindet dan Telembuk karya Kedung Darma
Romansha. Perempuan dapat bekerja, intelektual dengan bersekolah dan berpikir
modern, bekerja untuk menghasilkan uang dan mengubah cara pandang masyarakat
tentang perempuan dianggap lemah, dan perempuan yang obsesif terhadap dirinya.
Hal tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain untuk menunjukkan eksistensi
perempuan, kemudian hasil penelitian ini juga memiliki relevansi sebagai tambahan
materi ajar bahasa Indonesia kelas XII pada KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan
novel dan KD 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan
kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.
Downloads
References
Asmalasari, Devyanti. 2013. Eksistensi Perempuan Tionghoa Dalam Novel Samita: Bintang
Berpijar DiLangit Majapahit Karya Tasaro. Jurnal Balai Bahasa.
Beauvoir, de Simon. 2016. The Second Sex (Terjemahan). Yogyakarta: Narasi.
Juanda. 2018. Gender Phenomenon in Short Story by Fanny J. Pok in Media on Line,
Indonesia. Kafa’ah: Journal of Gender Studies, 8(2), 135-148.
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra
ISSN 2443-3667 (print) 2715-4564 (online)
Juanda, Juanda. (2018). Revitalisasi Nilai dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan
Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya. 5(2), Hal 11-18, DOI:
31849/pb.v5i21611.
Juanda, Azis. 2018. Wacana Percakapan Mappitu Etnis Bugis Wajo Sulawesi Selatan,
Indonesia Pendekatan Etnografi Komunikasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia. 3(2). 71-76. DOI:10.26737/jp- bsi.v32i2.72
Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas
(SMA)/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Komalasari, Andina Dwi & Nisya Risma Khairun. 2020. Eksistensi Perempuan Dalam Novel
Sempurna Karya Novanka Raja: Kajian Feminisme Eksistensialis. Bahtera
Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Noor, Rochani M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra, Solusi Pendiidkan Moral yang
Efektif. Yogyakarta: ArRuz Media.
Pramono, Dedi & Purnami, Kristanti. 2021. Eksistensi Perempuan Dalam Novel Kitab
Omong Kosong Karya Seno Gumira Ajidarma: Kajian Feminisme Eksistensialis
Simone de Beauvoir. UAD. Mimesis.
Puspita, Yenni. 2019. Stereotipe Terhadap Perempuan Dalam Novel-Novel Karya Abidah El
Khalieqy. Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra
Rohtama, Yoga., Murtadlo.A., & Dahalan, Dahri. 2018. Perjuangan Tokoh Utama Dalam
Novel Pelabuhan Terakhir Karya Roidah: Kajian Feminisme Liberal. Jurnal Ilmu
Budaya, 2 (3): 221- 232. http://dx.doi.org/10.5281/ilmubudaya.v 2i3.1147.
Romansha, Kedung Darma. 2020. Kelir Slindet. Yogyakarta: Buku Mojok.
Romansha, Kedung Darma. 2020. Telembuk: Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat.
Yogyakarta: Buku Mojok.
Sindi, S., Rapitang, R., & Juanda, J. (2021). Sistem Kode dalam Novel Toraja Saat Cinta
Menemukan Jalan Pulang Karya Endang SSN Kajian Semiologi Roland Barthes.
Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 1(1).
Sugihastuti dan Itsna Hadi Saptiawan. 2007. Gender dan Inferioritas perempuan, Pratik
Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126.
Copyright (c) 2023 Ainun Mutmainnah, Muhammad Rapi, Juanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.