Keefektifan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Cerpen

  • Suparman Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: media gambar menulis cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media gambar terhadap pembelajaran menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Terdapat dua kelas yaitu kontrol dan eksperimen, tidak diberi perlakuan kelas kontrol dan diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran media gambar disebut kelas eksperimen. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Statistika Deskriptif, analisis Statistika Inferensial diuji normalitas, homogenitas dan uji t independent sample t test. Hasil belajar siswa kelas VIII C (kelas kontrol) SMPN 2 Bua Ponrang sebelum diberi perlakuan dikategorikan kurang dengan skor rata-rata 76,09 dengan standar deviasi 5,145. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan kelas eksperimen dalam kategori baik dengan skor rata-rata 81,50 dengan standar deviasi 4,272. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan diterapkan pada kelas eksperimen. Hasil belajar siswa kelas VIII D (kelas eksperimen) SMPN 2 Bua Ponrang setelah diajar dengan menggunakan media gambar dikategorikan baik dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 81,50 dengan standar deviasi 4,272. Berdasarkan kategori perolehan nilai KKM posttest menulis cerpen kelas eksperimen yang memperoleh nilai 75 ke atas terdapat 21 orang siswa dengan persentase 95,45%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman. 2015. Keterampila Menulis. Rajawali. Jakarta. Hasnidar . 2016. Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Skripsi. UNCP.

Mawarni dkk. 2014. Peranan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Vol.5 No.8. Desember 2017.
Megawati. 2016. Keefektifan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju. Skripsi. UNCP.

Ningiyanti, Utami Sri. 2015. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Benda-Benda Langit. Vol.5 No. 3. November 2017.
Novia, Rina dkk. 2016. Pengenbangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Koversi Teks Untuk Siswa Kelas VII SMP . Vol.1 No.7. Juli 2016.
Nursamsia. 2015. Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lamasi kecematan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Skripsi. UNCP.
Nur, A.M. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadapa Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Atap Raja. Skripsi. UNCP.
Rahmawati. 2017. Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. Vol.1 No.3. November 2017.
Rovimyanti. 2008. Kemampuan Menulis Paragraf Siswa Kelas X SMK Taruna Bhakti Malang Tahun Ajaran 2007/2008. Vol.5 No.1. November 2017.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.
Tiro, M.A. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Andira Publisher. Makasar.
Wahyuddin, WIsrawati. 2016. Kemampuan Menentukan Isi Cerita Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha. Vol.1 No.1. Desember 2017.
How to Cite
Suparman. (1). Keefektifan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Cerpen . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 548-556. Retrieved from https://e-journal.my.id/onoma/article/view/276
Section
Articles