Implementasi Cerita Rakyat Timor dalam Pembelajaran Prosa di SMA Sebagai Penguatan Karakter Budaya Lokal
Abstract
Pengimplementasian cerita rakyat Timor dalam Pembelajaran prosa di SMA, sebagai penguatan karakter budaya lokal pada masyarakat perbatasan Indonesia-Timor Leste, dilakukan agar siswa SMA dapat mengenal, mudah memahami, meneladani, dan meningkatkan keevektifan belajarnya. Penggunaan metode deskriptif kualitatiff secara normatif, relevan dalam penelitian ini. Pelaksanaan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, teknik observasi, dan teknik angket. Penganalisisan data dilakukan dengan perhitungan skor nilai dan rata-rata hasil tes, hasil observasi dan hasil angket. Hasil yang diperoleh adalah: pertama, tingkat keberhasilan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri Insana Tengah dan siswa kelas XI SMA Dharma AYu Kefamenanu dengan akumulasi persentase ketuntasan mencapai 87,93 %; kedua, pada lembar observasi dapat diketahui bahwa, keaktifan dan antusiasme belajar siswa, tergolong kriteria sangat baik, yang ditandai dengan akumulasi total skor 58 dan rata-rata 82.85; ketiga, respon siswa melalui angket menunjukkan bahwa, rata-rata respon dengan kategori ‘ya’ mencapai 5.825 dari total skor respon 6.00; sedangkan kategori ‘tidak’ mencapai skor rata-rata 1.75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, implemntasi cerita rakyat dalam pembelajaran prosa, sebagai penguatan karakter budaya lokal, berhasil evektif.
Downloads
References
Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Alternatif Bacaan Anak . Jurnal Pendidikan Ke-SD-An volume 1 nomor 2 , 128-133.
Azis, S. d. (2021). Analisis Struktur dalam Cerita Rakyat Mandar dengan Pendekatan Robert Stanton Pada Aspek Sarana Cerita . Jurnal JB-PBSI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 6, Nomor 1, , 27-30 (Doi: 10.31604/linguistik.v5i2.362-371.
Azis, Siti Aida. (2014). Cerita Rakyat Salah Satu Media Pembelajaran Sastra Anak Lintas Kurikulum. Bastra Volume 1, Nomor, 1 , 97-104 (tidak BerDoi).
Danandjaja, J. (2007). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng dan Lain-Lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Endraswara, S. (2013). Folklor Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi. Yokyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).
Firman, d. S. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sastra dan Budaya Lokal. In H. Makasar, Mengais Karakter dalam Sastra (pp. 31-40). Makasar: Pustaka AQ Publishing House.
Gasanti, Rosi. Pemanfaatan Cerita Rakyat Baridin Dan Kemat Jaran Goyang Di Kabupaten Cirebon Ssebagai Bahan Ajar Sastra Lisan Di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.stkipyasika.ac.id/index.php/metabahasa
Halimah. (2009). Pembelajaran Prosa Fiksi Melalui Strategi Pemampatan. Jurnal FBS UPI .
Harman, M. (2019). Prose Fiction. In The Routledg Handbook of Literary Translation , 206-219.
Isnain. (2007). Analisa Cerita Rakyat Bangka Belitung . Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung .
Kusnita. Sri, 2021. Certa Rakyat Melayu Pesisir Kalimantan Barat Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Sastra Di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 10, No. 2. DOI:https://10.31571/bahasa.v10i1.2471
Maulidiah, N. d. (2019). Wujud Budaya dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Putri Jelumpang: Sebuah Kajian Antropologi Sastra. Jurnal Ilmiah Widyaparwa, Volume 47, Nomor 2 (Doi: 10.26499/wdprw.v47i2.356) , 185-192 .
Nurgiantoro, B. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yokyakarta: Gadja Mada University Press.
Nurgiantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yokyakarta: Gadja Mada University Press.
Park, N. d. (2009). Strengths of character in schools. In Furlong, M. J., Gilman, R., & Huebner E. S. (Eds.). Handbook of Positive Psychology in Schools, Routkedge, 65-76.
Permana, R. (2015). Kajian Struktur Cerita Rakyat di Kabupaten Cianjur. Jurnal Lokabahasa Volume 6, Nomor 2 , 174-184 (Doi: https://doi.org/10.17509/jlb.v6i2).
Sauri, Sopyan. 2019. Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Pandeglang dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol 3 No.2. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.136
Subaidah, S. (2015). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika Volume 3, Nomor 2 , 1-24.
Copyright (c) 2023 Metropoly Merlin J. Liubana, Rince Jalla Wabang, Hesni Neno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.