Implementasi Cerita Rakyat Timor dalam Pembelajaran Prosa di SMA Sebagai Penguatan Karakter Budaya Lokal

  • Metropoly Merlin J. Liubana Universitas Timor
  • Rince Jalla Wabang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Timor
  • Hesni Neno Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Timor
Keywords: Implemntasi Cerita Rakyat, Pembelajaran Prosa, Karakter Budaya Lokal

Abstract

Pengimplementasian cerita rakyat Timor dalam Pembelajaran prosa di SMA, sebagai penguatan karakter budaya lokal pada masyarakat perbatasan Indonesia-Timor Leste, dilakukan agar siswa SMA dapat mengenal, mudah memahami, meneladani, dan meningkatkan keevektifan belajarnya. Penggunaan metode deskriptif  kualitatiff secara normatif, relevan dalam penelitian ini. Pelaksanaan pengumpulan  data  dilakukan dengan teknik tes, teknik observasi, dan teknik angket. Penganalisisan data dilakukan  dengan perhitungan skor nilai dan rata-rata hasil tes, hasil observasi dan hasil angket. Hasil yang diperoleh adalah: pertama, tingkat keberhasilan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri Insana Tengah dan siswa kelas XI SMA Dharma AYu Kefamenanu dengan akumulasi persentase ketuntasan mencapai 87,93 %; kedua, pada lembar observasi dapat diketahui bahwa, keaktifan dan antusiasme belajar siswa,  tergolong kriteria sangat baik, yang ditandai dengan akumulasi total skor 58 dan rata-rata 82.85; ketiga, respon siswa melalui angket menunjukkan bahwa, rata-rata respon dengan kategori ‘ya’ mencapai 5.825 dari total skor respon 6.00; sedangkan kategori ‘tidak’ mencapai skor rata-rata 1.75.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, implemntasi  cerita rakyat dalam pembelajaran prosa, sebagai penguatan karakter budaya lokal, berhasil evektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Alternatif Bacaan Anak . Jurnal Pendidikan Ke-SD-An volume 1 nomor 2 , 128-133.

Azis, S. d. (2021). Analisis Struktur dalam Cerita Rakyat Mandar dengan Pendekatan Robert Stanton Pada Aspek Sarana Cerita . Jurnal JB-PBSI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 6, Nomor 1, , 27-30 (Doi: 10.31604/linguistik.v5i2.362-371.

Azis, Siti Aida. (2014). Cerita Rakyat Salah Satu Media Pembelajaran Sastra Anak Lintas Kurikulum. Bastra Volume 1, Nomor, 1 , 97-104 (tidak BerDoi).

Danandjaja, J. (2007). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng dan Lain-Lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Endraswara, S. (2013). Folklor Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi. Yokyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Firman, d. S. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sastra dan Budaya Lokal. In H. Makasar, Mengais Karakter dalam Sastra (pp. 31-40). Makasar: Pustaka AQ Publishing House.

Gasanti, Rosi. Pemanfaatan Cerita Rakyat Baridin Dan Kemat Jaran Goyang Di Kabupaten Cirebon Ssebagai Bahan Ajar Sastra Lisan Di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.stkipyasika.ac.id/index.php/metabahasa

Halimah. (2009). Pembelajaran Prosa Fiksi Melalui Strategi Pemampatan. Jurnal FBS UPI .

Harman, M. (2019). Prose Fiction. In The Routledg Handbook of Literary Translation , 206-219.

Isnain. (2007). Analisa Cerita Rakyat Bangka Belitung . Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung .

Kusnita. Sri, 2021. Certa Rakyat Melayu Pesisir Kalimantan Barat Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Sastra Di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 10, No. 2. DOI:https://10.31571/bahasa.v10i1.2471

Maulidiah, N. d. (2019). Wujud Budaya dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Putri Jelumpang: Sebuah Kajian Antropologi Sastra. Jurnal Ilmiah Widyaparwa, Volume 47, Nomor 2 (Doi: 10.26499/wdprw.v47i2.356) , 185-192 .

Nurgiantoro, B. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yokyakarta: Gadja Mada University Press.

Nurgiantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yokyakarta: Gadja Mada University Press.

Park, N. d. (2009). Strengths of character in schools. In Furlong, M. J., Gilman, R., & Huebner E. S. (Eds.). Handbook of Positive Psychology in Schools, Routkedge, 65-76.

Permana, R. (2015). Kajian Struktur Cerita Rakyat di Kabupaten Cianjur. Jurnal Lokabahasa Volume 6, Nomor 2 , 174-184 (Doi: https://doi.org/10.17509/jlb.v6i2).

Sauri, Sopyan. 2019. Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Pandeglang dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol 3 No.2. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.136

Subaidah, S. (2015). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika Volume 3, Nomor 2 , 1-24.

Published
28-10-2023
How to Cite
Liubana, M. M. J., Rince Jalla Wabang, & Hesni Neno. (2023). Implementasi Cerita Rakyat Timor dalam Pembelajaran Prosa di SMA Sebagai Penguatan Karakter Budaya Lokal. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1448-1456. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2731
Section
Articles