Tindak Tutur Asertif dalam Dialog Antartokoh Film Cinta Subuh Sutradara Indra Gunawan
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada banyaknya fungsi tindak tutur asertif yang ditemukan dalam film Cinta Subuh sutradara Indra Gunawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasi fungsi tindak tutur asertif dalam film Cinta Subuh sutradara Indra Gunawan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis isi dan pendekatan kualitatif. Film Cinta Subuh dijadikan sebagai sumber data penelitian, serta data penelitian dari tuturan dialog tokoh-tokoh dalam film Cinta Subuh. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik simak dan teknik catat untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Menurut temuan penelitian, terdapat lima fungsi tindak tutur asertif yang digunakan dalam film Cinta Subuh, di antaranya: menyatakan, memberitahukan, menyarankan, mengeluh, dan melaporkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 42 data untuk memberitahukan, 8 data untuk fungsi menyatakan, 5 data untuk fungsi menyarankan, 5 data untuk fungsi mengeluh, dan 3 data untuk fungsi melaporkan. Tindak tutur asertif fungsi memberitahukan yang paling sering digunakan dalam film Cinta Subuh sutradara Indra Gunawan.
Downloads
References
Anggara, Novia, S., Prabawa, A. H., & Rahmawati, L. E. (2020). Tindak Tutur Asertif pada Rubrik “Ah Tenane” Surat Kabar Solopos. Totobuang, 8(2), 34–53.
Apriansah, Nanda, R., Sukarto, K. A., & Pauji, D. R. (2023). Tindak Tutur Asertif dalam Novel CALD Karya Triskaidekaman. Jurnal Bastra, 8(2), 196–203.
Asraf, A. ., & Taufan, I. (2019). Analisis Naratif, Analisi Konten, dan Analisis Semiotik.
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74–86.
Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwijayanti, Ayu, T., & Mujianto, G. (2021). Tindak Tutur Ilokusi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Smpn 1 Pujon. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 62–83.
Isnaeni, Lukman, dan Noer Jihad Saleh. 2021. Tindak Tutur Asertif dalam Novel Calabai Karya Pepi Al-Bayqunie. Journal of Education Languange 1(3):193-208.
Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1).
Nadar. (2009). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Graha Ilmu.
Noviyanti, T. (2023). Tindak Tutur Asertif dalam Novel Ancika: Dia Yang bersamaku Tahun 1995 Karya Pidi Baiq dan Implikasinya. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 184–198.
Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
S, S, N, Simpen, I. W., & Widarsini, N. . (2020). Bentuk Tindak Tutur Ilokusi dalam Program Ini Talkshow NET TV. Humanis, 24(1), 39.
Salma, Shaflaini. 2022. “Tindak Tutur Asertif Dalam Indonesia Lawyers Club (ILC).” Nuances of Indonesian Language 2(2). doi: 10.51817/nila.v2i2.113.
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Simarmata, Mai Yuliastri dan Rini Agustina. 2022. Tindak Tutur Asertif dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. 1:38-44.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Copyright (c) 2023 Dhea Cahyanti Rizki, Asnawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.