Prinsip Kerja Sama Tindak Tutur Direktif dalam Tuturan Tokoh Film Kau dan Dia Season 2 Sutradara Ivan Bandhito

  • Irma Heriana Universitas Islam Riau
  • Asnawi Asnawi Universitas Islam Riau
Keywords: pinsip kerja sama, direktif, film

Abstract

     

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan prinsip kerja sama tindak tutur direktif dalam tuturan tokoh film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito yang menceritakan tentang persahabatan dan cinta. Dalam penelitian ini, dapat dilakukan analisis terhadap tuturan-tuturan antar tokoh dalam film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori Ibrahim dan Grace dalam Rahardi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) identifikasi, (2) coding atau pengkodean, (3) klasifikasi data, (4) analisis data, dan (5) interpretasi atau pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para tokoh film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito telah memenuhi aspek-aspek tuturan yang terdapat dalam kajian pragmatik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para tokoh film Kau dan Dia Season 2 sutradra Ivan Bandhito banyak menggunakan tindak tutur direktif  dan menaati aturan-aturan maksim prinsip kerja sama.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauziah, E. (2022). Prinsip Kerja Sama Tindak Tutur Direktif fan Ekspresif Pada Dialog Antar Tokoh Dalam Film Ajari Aku Islam Sutradara Deni Pusung. Pekanbaru: FKIP UIR.
Ibrahim, A. S. (1993). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Ismiati. (2020). Tindak Tutur Direktif Dalam Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens Dan Implikasi Terhadap Pendidikan. STKIP Rokania.
Izae, J. (2020). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ekspresif Dalam Film Dokumenter The ,ahuzes Karya Watchdoc Image. Jambi: Universitas Jambi.
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mardalis. (2014). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara.
Nadar, F. X. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Rusmila, D. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak Bunda Ninik S. Ananda di Desa Leces Kabupaten Probolinggo. Jember : Universitas Jember.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. . (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak : Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung : Angkasa Bandung.
Wati, I. N. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru Perempuan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. Lampung : Universitas Lampung.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Published
22-07-2023
How to Cite
Irma Heriana, & Asnawi, A. (2023). Prinsip Kerja Sama Tindak Tutur Direktif dalam Tuturan Tokoh Film Kau dan Dia Season 2 Sutradara Ivan Bandhito. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 808-816. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2689
Section
Articles