Prinsip Kerja Sama Tindak Tutur Direktif dalam Tuturan Tokoh Film Kau dan Dia Season 2 Sutradara Ivan Bandhito
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan prinsip kerja sama tindak tutur direktif dalam tuturan tokoh film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito yang menceritakan tentang persahabatan dan cinta. Dalam penelitian ini, dapat dilakukan analisis terhadap tuturan-tuturan antar tokoh dalam film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori Ibrahim dan Grace dalam Rahardi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) identifikasi, (2) coding atau pengkodean, (3) klasifikasi data, (4) analisis data, dan (5) interpretasi atau pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para tokoh film Kau dan Dia Season 2 sutradara Ivan Bandhito telah memenuhi aspek-aspek tuturan yang terdapat dalam kajian pragmatik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para tokoh film Kau dan Dia Season 2 sutradra Ivan Bandhito banyak menggunakan tindak tutur direktif dan menaati aturan-aturan maksim prinsip kerja sama.
Downloads
References
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana.
Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauziah, E. (2022). Prinsip Kerja Sama Tindak Tutur Direktif fan Ekspresif Pada Dialog Antar Tokoh Dalam Film Ajari Aku Islam Sutradara Deni Pusung. Pekanbaru: FKIP UIR.
Ibrahim, A. S. (1993). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Ismiati. (2020). Tindak Tutur Direktif Dalam Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens Dan Implikasi Terhadap Pendidikan. STKIP Rokania.
Izae, J. (2020). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ekspresif Dalam Film Dokumenter The ,ahuzes Karya Watchdoc Image. Jambi: Universitas Jambi.
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mardalis. (2014). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara.
Nadar, F. X. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Rusmila, D. (2019). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Taman Kanak-Kanak Bunda Ninik S. Ananda di Desa Leces Kabupaten Probolinggo. Jember : Universitas Jember.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. . (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak : Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung : Angkasa Bandung.
Wati, I. N. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru Perempuan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. Lampung : Universitas Lampung.
Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Copyright (c) 2023 Irma Heriana, Asnawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.