Perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Kalukuang Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa. Jenis ipenelitian iini iadalah ipenelitian IQuasi-Experimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kalukuang Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 58 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pada desain penelitian ini terdapat dua kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Kedua kelompok ini merupakan kelompok yang diberikan perlakuan. Pada kelompok eksperimen 1 akan diterapkan strategi Direct Writing Activity dan kelompok eksperimen 2 diterapkan Strategi Think Talk Write menggunakan media Flashcard pada kedua kelompok eksperimen tersebut. Kedua kelompok ini sama-sama akan diberikan pretest dan posttest. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) pada kelas eksperimen 1 yang berjumlah 27 siswa yaitu 69,04 dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 31 siswa yaitu 67,06. Sedangkan rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa setelah diberikan perlakuan (posttest) pada kelas eksperimen 1 yang berjumlah 27 siswa yaitu 86,4 dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 31 siswa yaitu 79,8. Artinya strategi Direct Writing Activity lebih baik dibandingkan startegi Think Talk Write sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa strategi Direct Writing Activity dengan strategi Think Talk Write memperoleh nilai sig 0,200 > 0,05 dan nilai sig 0,112 >0,05 hasil dari uji anova. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Downloads
References
Arif. A T. (2018). Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi Universitas Muhammadiyah. Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Interpratama Mandiiri.
Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Doyin dan Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya
Ilmiah. Semarang: UNNES Press
Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kusumaningsih, Dewi., dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta.
Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Pdgk4101/Modul1, 1–34.
Mulyati, Yeti. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munirah. (2015). Keefektivan Strategi Brainstorming Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Konfiks, Universitas Muhammadiyah Makassar
Munirah, R. A., & W. R. Kusumaningrum. (2018). Cooperative Learning Model of P2RE type on Paragraph Writing Skills, Wol2SED 2018.
Nura, Amris. 2003. Problematik Pengajaran Keterampilan Menulis Lanjut:
Upaya Menumbuhkembangkan Minat Menulis di Usia Dini. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Seni. Vol.4, No.1. Padang: UNP Press
Nurjaya, Gede . 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Depok : PT
Raja Grafindo Persada.
Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press Pengembangannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Rumney,P., Buttress, J., Kuksa, I. (2016). Seeing, doing, writing: The write here project. SAGE Open, January-March, hlm. 1-11.
Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Efektif Dan Menulis Kreatif Pada Siswa Sma Di Jakarta. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 149. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5568
Satriyanti;, & Said, ide; munirah. (2020). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Pengaruh Directed Reading Thinking Activity Terhadap Pendahuluan Keterampilan empat aspek , ada Keterampilan bermanfaat interaksi dalam komunikasi berbahasa melakukan dalam yaitu keterampilan menyimak , berbicara , membaca. 6(April), 27–40.
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Suparno. 2009. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sukino.2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Soeparno, Yunus.2008. Media Pengajaran Bahasa.Jakarta:Bumi Aksara
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa.
Tarigan. (2015). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES Press
Copyright (c) 2023 Sulfa Hardianti, Tarman A. Arif, Haslinda Haslinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.