Perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Kalukuang Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa

  • Sulfa Hardianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tarman A. Arif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Kegiatan Menulis Langsung, Think Talk Write, Flashcards, Kemampuan Menulis

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa. Jenis ipenelitian iini iadalah ipenelitian IQuasi-Experimental dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kalukuang Tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 58 orang.   Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pada desain penelitian ini terdapat dua kelompok eksperimen yaitu kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Kedua kelompok ini merupakan kelompok yang diberikan perlakuan. Pada kelompok eksperimen 1 akan diterapkan strategi Direct Writing Activity dan kelompok eksperimen 2 diterapkan Strategi Think Talk Write menggunakan media Flashcard pada kedua kelompok eksperimen tersebut. Kedua kelompok ini sama-sama akan diberikan pretest dan posttest. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) pada kelas eksperimen 1 yang berjumlah 27 siswa yaitu 69,04 dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 31 siswa yaitu 67,06. Sedangkan rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa setelah diberikan perlakuan (posttest) pada kelas eksperimen 1 yang berjumlah 27 siswa yaitu 86,4  dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 31 siswa yaitu 79,8. Artinya strategi Direct Writing Activity lebih baik dibandingkan startegi Think Talk Write sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa strategi Direct Writing Activity dengan strategi Think Talk Write memperoleh nilai sig 0,200 > 0,05 dan nilai sig 0,112 >0,05  hasil dari uji anova. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif. A T. (2018). Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi Universitas Muhammadiyah. Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Interpratama Mandiiri.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Doyin dan Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya

Ilmiah. Semarang: UNNES Press

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kusumaningsih, Dewi., dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Pdgk4101/Modul1, 1–34.

Mulyati, Yeti. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munirah. (2015). Keefektivan Strategi Brainstorming Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Konfiks, Universitas Muhammadiyah Makassar

Munirah, R. A., & W. R. Kusumaningrum. (2018). Cooperative Learning Model of P2RE type on Paragraph Writing Skills, Wol2SED 2018.

Nura, Amris. 2003. Problematik Pengajaran Keterampilan Menulis Lanjut:

Upaya Menumbuhkembangkan Minat Menulis di Usia Dini. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Seni. Vol.4, No.1. Padang: UNP Press

Nurjaya, Gede . 2018. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Depok : PT

Raja Grafindo Persada.

Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press Pengembangannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Rumney,P., Buttress, J., Kuksa, I. (2016). Seeing, doing, writing: The write here project. SAGE Open, January-March, hlm. 1-11.

Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Efektif Dan Menulis Kreatif Pada Siswa Sma Di Jakarta. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 149. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5568

Satriyanti;, & Said, ide; munirah. (2020). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Pengaruh Directed Reading Thinking Activity Terhadap Pendahuluan Keterampilan empat aspek , ada Keterampilan bermanfaat interaksi dalam komunikasi berbahasa melakukan dalam yaitu keterampilan menyimak , berbicara , membaca. 6(April), 27–40.

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Suparno. 2009. Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sukino.2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Soeparno, Yunus.2008. Media Pengajaran Bahasa.Jakarta:Bumi Aksara

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa Bandung: Angkasa.

Tarigan. (2015). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES Press

Published
29-11-2023
How to Cite
Hardianti, S., Tarman A. Arif, & Haslinda, H. (2023). Perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Kalukuang Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1654-1663. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2317
Section
Articles