Sosiolek pada Dialog Film Imperfect (Karir, Cinta, dan Timbangan)

  • Lusyana Bunga Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Erni Universitas Islam Riau Pekanbaru
Keywords: Tuturan, sosiolek, film

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh bervariasi tuturan dialog yang dikemukakan seluruh tokoh pada film Imperfect (Karir, Cinta, dan Timbangan). Masalah dalam penelitian ini yakni sosiolek yang terdapat dalam dialog film Imperfect (Karir, Cinta dan Timbangan). Tujuan penelitian mendeskripsikan, menganalisis, menginterpretasi serta, menyimpulkan sosiolek yang ada dalam dialog film Imperfect (Karir, Cinta dan Timbangan). Dalam penelitian ini data diperoleh dari semua tuturan yang teridentifikasi sebagai sosiolek pada dialog film Imperfet (Karir, Cinta, dan Timbangan). Langkah pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, simpulan dan verifikasi (Bungin, 2019:145). Simpulan dalam penelitian ini yaitu,terdapat beberapa sosiolek dalam dialog antar tokoh pada film Imperfect (Karir, Cinta, dan Timbangan) yaitu variasi yang berkenaan dengan status, golongan, usia, pekerjaan, dan kelas sosial para penuturnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.R, S. dan V. S. D. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. PT. Rosdakarya Offset.

Chaer, Abdul, dan L. A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. PT Rineka Cipta.

Chaer, A. dan L. A. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan awal. PT Rineka Cipta.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Erni, Herwandi, indah sari. (2019). Praanggapan Dalam Tuturan Dialg Bahasa Persidangan Di Pengadilan Negeri Kelas 1A Pekanbaru. GERAM (GERAKAN AKIF MENULIS, 7(2), 2.

Mansoer Pateda. (1990). Sosiolinguistik. Gadjah Mada University Press.

Melinda Antoni Putri. (2021). Variasi Bahasa dalam Tuturan Penjual dan Pembeli Di Pasar Dupa Jalan Damai Kota Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Soepomo Poedjosoedharma. (1983). Pengantar Sosiolinguistik. Universitas Gajah Mada.

Sumarsno. (2012). Sosiolingistik. Pustaka Pelajar.

Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.

Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. UNS Press.

Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.

Yosi Darmayanti, E. (2021). Alih Kode Dalam Tuturan Penjual dan Pembeli Di Pasar Pusat Jalan Hos Cokroaminoto Kelurahan Sukaramai Kota Pekanbaru. Journal Of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(2), 50.

Published
11-02-2023
How to Cite
Lusyana Bunga, & Erni. (2023). Sosiolek pada Dialog Film Imperfect (Karir, Cinta, dan Timbangan). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 183-189. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2158
Section
Articles